Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsTips Memperpanjang Usia Ban Motor Agar Selalu Aman Ketika Berkendara

    Tips Memperpanjang Usia Ban Motor Agar Selalu Aman Ketika Berkendara

    News.OLX.co.id – Ban motor memiliki peran penting bagi kendaraan OLXer. Memiliki ban dengan kondisi yang prima tentu sangat dibutuhkan apalagi bagi OLXer yang sehari-hari menggunakan motor sebagai kendaraan utama. Dengan kondisi ban yang prima, tentu OLXer akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti slip ketika berkendara, atau pecah ban secara tiba-tiba.

    Memiliki kondisi ban yang prima, tentu harus selalu merawat ban dengan baik dan benar. Perawatan tersebut lah yang kerap terlupakan oleh pengguna bila tidak dalam keadaan bocor atau kempis. Padahal, dengan merawat ban yang digunakan, tentu akan memperpanjang usia ban juga.

    Inilah beberapa tips yang dapat OLXer lakukan agar usia ban bisa lebih panjang dari semestinya.

    Rutin Cek Tekanan Udara

    Poin ini adalah poin yang sangat mendasar. OLXer dapat dengan mudah melihat dan menekan ban motor untuk mengetahui apakah ban tersebut kempes atau kurang tekanan udara. Idealnya, tekanan udara harus sesuai dengan spesifikasi agar usia ban lebih panjang dan juga lebih hemat bahan bakar.

    Jika tekanan udara pada ban berkurang, maka risiko terjadinya pecah ban akan lebih besar. Ini karena dinding samping ban akan dipaksa selalu bersentuhan dengan jalan dan pada akhirnya akan aus dan tipis sehingga tidak akan kuat menahan bobot motor dan penggunanya.

    Sesuaikan Tekanan Udara Standar

    Setiap ban memiliki ukuran tekanan udara standarnya masing-masing. Dengan selalu mengikuti standar tekanan udara ban, maka ulir ban tidak akan cepat aus dan ban bisa selalu aman untuk digunakan dalam keadaan apapun.

    Jangan juga mengisi udara ban melebihi tekanan maksimum udara ban. Ini bisa membuat ban kendaraan tiba-tiba pecah ketika digunakan, apalagi jika jalanan yang dilalui kurang bagus dan berlubang. OLXer dapat melihat tekanan udara maksimum yang diijinkan pabrikan ban pada dinding ban.

    Perhatikan Muatan Kendaraan

    Sering membawa muatan berlebih di motor juga dapat berpengaruh pada usia ban kendaraan. Dengan membawa muatan berlebih, akan mengganggu fungsi ban dan pengereman yang membahayakan keselamatan berkendara.

    Gaya Mengemudi

    Usia ban juga ditentukan oleh cara berkendara, salah satunya adalah dengan sering melakukan pengereman dan menikung pada kecepatan tinggi. Dengan sering melakukan ini akan membuat ban cepat aus dan juga tentu saja berbahaya bagi pengendara.

    Bersihkan Kerikil

    Pada saat melalui jalan bebatuan, segera bersihkan kerikil yang menempel pada sela-sela ban untuk menghindari kebocoran serta keausan pada ban.

    Sebelum berkendara, selalu pastikan ban motor OLXer berada dalam kondisi yang prima ya. Karena, ban motor juga sangat berperan penting dalam keselamatan berkendara lho. Jangan sampai, keluarga yang menunggu di rumah bersedih karena terjadi hal-hal yang tidak diinginkan gara-gara hal yang sepele.

    Selain dengan selalu merawat ban kendaraan dalam kondisi prima agar bisa selalu pulang ke rumah dengan selamat. 

    Selain kendaraan harus prima, kondisi keuangan juga harus prima. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Nah, untuk ini OLXer  harus meluangkan waktu untuk mengunjungi KPR BRI Virtual Expo di  kunjungi https://kprbrivirtual.com/ . Banyak sekali rangkaian kegiatan yang ditawarkan sejak 26 Januari 2021 hingga 26 Maret 2021 seperti property virtual expo, music performance dan talkshow. Pada kegiatan talkshow menghadirkan narasumber seperti Mikha Angelo, Christian Sugiono, Prita Ghozie, Jonathan End, dan narasumber lain yang akan menginspirasi OLXer soal perencanaan keuangan dan bisnis.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here