Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsTips Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil, Bisa Pakai Minuman Soda Sampai Pasta...

    Tips Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil, Bisa Pakai Minuman Soda Sampai Pasta Gigi

    Banyak komponen penting pada sebuah mobil yang perlu dilakukan perawatan, termasuk kaca. Sejatinya, kaca mobil juga bisa mengalami masalah seiring penggunaan dan usia mobil. 

    Biasanya, kaca mobil kerap hanya dianggap sebagai media pembatas dengan material bening antara pengemudi dan penumpang yang berada dalam kabin dengan kondisi di luar. Kendati demikian, kaca mobil meski terlihat sepele, tetapi memiliki banyak fungsi.

    Fungsi kaca mobil

    mengemudi hujan
    Ilustrasi mengemudi saat hujan membuat jarak pandangan terganggu. (shutterstock)

    Seperti diketahui, fungsi kaca mobil bukan hanya pajangan atau hiasan, tetapi lebih kepada melindungi visibilitas atau jarak pandang pengemudi dan penumpang ke arah depan. 

    Keberadan kaca mobil juga dapat menghindari masuknya angin atau air hujan ke dalam kabin. Selain itu, kaca mobil juga menghindari kabin kotor karena debu dan kerikil dari arah luar.

    Lebih dari itu, kaca mobil bisa menjadi fitur keamanan. Dengan keberadaan kaca mobil, maka bisa sebagai pelindung pengemudi dan penumpang. Contohnya apabila terjadi kecelakaan dengan benturan keras pada bagian depan, maka kaca depan dapat mengurangi resiko parah dan melindungi pengemudi serta penumpang agar tidak terlempar ke luar.

    Saat terjadi kecelakaan, kaca mobil depan juga menjadi akses masuk pengganti pintu. Bahkan jika kaca mobil pecah, maka bentuknya tidak akan tajam seperti piring atau kaca jendela rumah, melainkan menjadi pecahan kecil seperti berlian.

    Adanya kaca mobil juga memberikan kekuatan pada rangka mobil, sehingga dapat mencegah atap dan kabin ambruk. Selain itu, jika kaca ditutup maka bisa membuat kabin lebih kedap suara.

    Sejarah kaca mobil

    Benz-Patent Motorwagen. (Istimewa)

    Tidak disebutkan secara detail kapan tepatnya kaca mobil dipakai. Namun seperti dilansir windshield experts, awal munculnya mobil di jalanan tak lama ketika mobil-mobil mulai beroperasi sekitar tahun 1900-an. Ya, pada awal kemunculan mobil memang tidak semua menggunakan jendela kaca.

    Sebaliknya, di awal kemunculan sebuah mobil, jika ada yang dilengkapi kaca depan, maka hal tersebut dianggap sebagai sebuah kemewahan. Sebab hanya orang-orang kaya yang membeli memiliki mobil dengan tambahan kaca. 

    Ya, meski kaca mobil kala itu dibuat cukup tipis, namun di era tersebut kendaraan yang menggunakan kaca mobil bisa sebagai penentu status sosial, karena hanya orang paling tajir lah yang mampu memilikinya.

    Hingga akhirnya pada tahun 1915, Oldsmobile menjadikan kaca depan sebagai fitur mobil standar, sehingga mengakhiri norma kemewahan yang tidak masuk akal.

    Kemunculan kaca anti pecah

    kaca bolong karena peluru
    Ilustrasi kaca bolong karena terkena peluru. (Shutterstock)

    Kaca depan mobil juga memiliki fitur anti pecah atau anti peluru. Nah, asal usul kaca anti peluru, usut punya usut karena ulah seorang ahli kimia asal Perancis bernama Edouard Benedictus.

    Sama seperti saat penggunaan kaca pada mobil mulai marak, sekitar tahun 1903 Edouard menemukan kaca anti pecah karena faktor ketidaksengajaan. Ya, Edouard disebutkan menjatuhkan salah satu gelas kimia, namun gelas tersebut tidak pecah lantaran berisi larutan selulosa nitrat.

    Dengan penemuan kaca anti pecah tersebut, lama kelamaan sejumlah penemuan soal kaca anti pecah semakin berkembang. Hingga akhirnya muncul teknologi kaca anti anti peluru modern yang dipatenkan Williams P Stephenson.

    Itulah singkat cerita soal kaca mulai dari kaca mudah pecah hingga tahan dari tembakan peluru sampai bom.

    Penyebab kaca mobil berjamur

    Kendati teknologi soal kaca sudah canggih dan mengalami perkembangan yang sangat maju. Namun yang pasti OLXer harus melakukan perawatan kaca mobil agar terhindar dari munculnya jamur.

    Jamur disini bukan jamur yang bisa dimakan yah. Akan tetapi jamur ini dapat menjadi biang masalah khususnya bagi pengemudi karena visibilitas terganggu, terlebih saat turun hujan dan malam hari.

    Nah, bagaimana jamur bisa muncul? Berikut penyebabnya:

    1. Mencuci mobil

    Jamur paling mudah muncul pada kaca mobil biasanya terjadi karena proses pengeringan yang tidak sempurna. Biasanya kaca mobil tidak benar-benar dikeringkan dengan lap sampai kering.

    Sebaliknya, kaca mobil yang telah dicuci dibiarkan mengering dengan hanya bantuan angin dan panas matahari. Padahal hal tersebut jadi faktor munculnya jamur.

    2. Kualitas air

    Penyebab munculnya jamur juga bisa disebab kualitas air yang tidak baik. Terkadang, meski air terlihat jernih, namun tak menutup kemungkinan air tersebut mengandung zat-zat tertentu seperti kandungan kapur atau besi kuning.

    3. Air hujan

    OLXer juga jangan mencuci dengan mengandalkan air hujan. Sebab, air hujan mengandung zat asam dan garam yang bisa menyebabkan munculnya jamur pada kaca mobil.

    Maka dari itu, jika mengemudi saat hujan, OLXer harus langsung menyekanya hingga kering.

    4. Cuaca

    Cuaca juga bisa menjadi penyebab munculnya jamur. Bagaimana bisa? Dalam hal ini biasanya terjadi karena cuaca yang tak menentu. Contohnya, ketika pagi hari turun hujan, namun pada siang hari sudah panas menyengat.

    Selain itu, jika kita pergi dari tempat A ke B, dengan kondisi hujan deras. Akan tetapi sesampainya di tempat B justru terang benderang bahkan cenderung panas.

    Nah, di moment inilah terkadang pemilik mobil malas atau lupa mengelap nya pasca hujan, sehingga akan muncul bercak putih.

    Tips menghilangkan jamur di kaca mobil

    Ilustrasi membersihkan kaca jendela
    Ilustrasi membersihkan kaca jendela. (Shutterstock)

    Disebutkan jika penyebab munculnya jamur pada kaca mobil karena mencuci mobil, kualitas air, air hujan dan juga cuaca. Maka jika kaca mobil sudah terlanjur dipenuhi jamur, sebenarnya OLXer bisa menghilangkannya.

    Ya, ada juga beberapa cara muda yang bisa OLXer lakukan sendiri untuk menghilangkan jamur di kaca mobil dengan perlengkapan yang mudah ditemukan. Mau tahu lebih lengkapnya lihat uraiannya di bawah ini:

    1. Alkohol

    Alkohol ternyata tidak hanya digunakan membersihkan luka, tetapi bisa juga menghilangkan jamur. Caranya, saat hendak membersihkan kaca mobil dengan bahan apapun, sebaiknya bersihkan kaca mobil terlebih dahulu untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Setelah itu keringkan menggunakan lap.

    Nah, setelah itu ambil lap baru yang juga berbahan lembut dan halus seperti microfiber kemudian teteskan cairan alkohol, lalu gosok ke kaca mobil secara perlahan. Lakukan cara ini berulang.

    2. Minuman soda

    Selain diminum, air soda juga bisa digunakan sebagai penghilang jamur pada kaca mobil. Carannya, hampir sama seperti sebelum menggunakan cairan alkohol, yaitu dipakai setelah kaca dibersihkan. Kemudian setelah itu tuangkan sedikit air soda pada lap microfiber kering, lalu gosok ke kaca mobil. Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang.

    Jika sudah melakukan hal tersebut, sebaiknya bersihkan kembali kaca dengan air bersih dan lap lembut, kemudian keringkan dengan lap. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari munculnya semut.

    3. Pasta gigi

    Pasta gigi rupanya jadi bahan material yang paling ampuh. Pasalnya, selain merawat gigi, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan gores pada bodi mobil.

    Nah selain itu, pasta gigi juga ternyata berkhasiat untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Untuk memanfaatkan pasta gigi, sebelumnya bersihkan kaca terlebih dahulu agar debu dan kotoran hilang. Setelah itu oleskan pasta gigi pada kaca, kemudian gosok menggunakan kain lembut pada kaca yang terdapat jamur.

    Lakukan cara ini beberapa kali sampai jamur menghilang. Setelah itu bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

    4. Cuka Apel

    Cuka apel yang biasanya digunakan untuk bahan makan dan masakan, ternyata dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil.

    Cara penggunaanya, yaitu campurkan tiga sendok cuka apel dengan satu liter air, kemudian masukan lap lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya, gosok menggunakan lap lembut pada bagian yang terkena jamur.

    Lakukan beberapa kali, setelah itu bersihkan dan keringkan. Bisa juga mengeringkannya menggunakan kertas koran.

    5. Air tembakau

    Tembakau yang biasanya digunakan untuk bahan baku rokok, ternyata jika direndam air selama beberapa menit, maka berkhasiat untuk membersihkan kaca mobil.

    Cara membersihkannya cukup muda, setelah tembakau direndam cipratkan ke kaca mobil, kemudian basuh menggunakan lap halus yang masih kering. Lakukan beberapa kali sampai jamur menghilang.

    6. Pemutih pakaian

    Bahan yang mudah ditemukan untuk membersihkan kaca mobil yaitu dengan menggunakan cairan pemutih pakaian.

    Cara untuk membersihkannya, celupkan lap lembut kering ke cairan pembersihkan pakaian. Setelah itu gosokkan pada kaca mobil. Lakukan cara ini beberapa kali.

    Obat untuk menghilangkan jamur di kaca mobil

    Jika OLXer memang ingin membersihkan jamur kaca mobil secara mandiri namun kurang meyakini keampuhan ‘obat-obatan’ yang sering ada di rumah seperti disebutkan di atas, maka bisa juga membeli cairan-cairan penghilang jamur di kaca mobil.

    Ya, cairan menghilangkan jamur di kaca mobil memang mudah didapat baik di bengkel sekaligus toko aksesori dan part mobil di sekitar rumah, hingga di toko online.

    Untuk harga obat menghilangkan jamur di kaca mobil sendiri sangat bervariasi, dari tak sampai Rp 10 ribu sampai ratusan ribu, tergantung  merek dan volume isi cairan.

    Namun yang pasti, jika ingin memiliki penghilang jamur di kaca mobil, maka perhatikan kandungan senyawanya seperti tulisan “ammonia free” atau “safe for tinted windows”, karena beberapa model kaca mobil ada yang tak cocok.

    Seperti diketahui, beberapa cairan penghilang jamur memiliki senyawa kimia amonia yang justru ampuh menghilangkan jamur.

    Selain itu, soal kandungan yang ada, saat membeli cairan penghilang jamur di kaca mobil, OLXer bisa juga memperhatikan apakah merek yang hendak dibeli kredibel atau tidak.

    Ketika membeli cairan penghilang jamur di kaca mobil jangan hanya tergiur karena harga murah. Tetapi, OLXer harus melakukan cek dan ricek asal usul produk tersebut.

    Perlu dicatat juga, sebaiknya ketika membeli penghilang jamur di kaca mobil, maka baca aturan pakai sesuai petunjuk pabrikan.

    Biaya membersihkan jamur kaca mobil

    Jika OLXer malas atau memiliki biaya lebih untuk membersihkan jamur di kaca mobil, maka bisa juga pergi ke salon mobil yang biasanya telah dilengkapi perlengkapan memadai dan teknisi ahli.

    Lantas berapa ongkos untuk membersihkan jamur di kaca mobil?

    Untuk jasa membersihkan jamur di kaca mobil biasanya bervariasi, karena tergantung jenis mobil dan seberapa banyak kaca yang ingin dibersihkan.

    Pasalnya, ada saja pemilik mobil hanya ingin membersihkan pada bagian depannya saja. Bahkan, ada juga mobil dengan ukuran kecil seperti city car dan mobil besar serta lebar bentuknya seperti SUV atau High MPV, yang tentunya harga jasa membersihkannya berbeda-beda.

    Namun biasanya harga untuk membersihkan jamur kaca jendela mobil bisa kurang lebih sekitar Rp 300 ribu. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here