Sabtu, November 27, 2021
OLX Auto
More
    TipsHindarkan Jok Motor dari Tiga Hal Ini!

    Hindarkan Jok Motor dari Tiga Hal Ini!

    Jakarta – Bagi pemilik sepeda motor, bagian jok kadang disepelekan. Padahal justru bagian inilah salah satu aspek penting yang menunjang kenyamanan OLXer saat berkendara.

    Jok motor penting dijaga kenyamanannya, sehingga saat berkendara atau touring jarak jauh tidak mudah merasa pegal dan capek.

    Menjaga kondisi jok biar tetap nyaman gampang-gampang susah ternyata. Banyak sekali hal yang tidak OLXer sadari yang bisa membuat jok motor rusak.

    Berikut 3 hal yang bisa merusak jok motor dan harus OLXer waspadai:

    1. Air 

    Menjaga tampilan motor agar tetap bersih tentu dengan cara mencuci. OLXer bisa memilih untuk mencuci sendiri ataupun membawanya ke steam motor terdekat.

    Tapi tunggu dulu! Jangan main asal cuci dan asal siram saja OLXer. 

    Patut diketahui bahwa air merupakan salah satu yang harus dihindarkan dari permukaan kulit pembungkus jok motor.

    “Air termasuk salah satu musuh utama jok motor. Air bisa merembes masuk ke dalam busa jok lewat jahitan kulit jok. Ini bisa merusak busa yang ada di jok. Ujung-ujungnya tidak nyaman saat dipakai berkendara,” jelas Saiful Arief, spesialist jok motor custom Ipoel's Jam yang terletak di kawasan Jl. Depnaker No.2, Kampung Makassar, Jakarta Timur kepada OLX Indonesia, Selasa (6/8/2019).

    Saran Ipul, sapaan akrab Saiful Arief, jika hendak mencuci motor, sebaiknya jok tersebut ditutup dulu dengan mantel khusus pembungkus jok. 

    “Jadi pas dicuci sebaiknya tutup jok dengan mantel, jangan disiram langsung sama air. Bersihinnya cukup dengan mengelap permukaan jok saja pakai kanebo”.

    2. Matahari

    Musuh kedua jok motor adalah matahari. Jok motor yang sering terpapar panas dari sinar matahari langsung bisa menyebabkan kulit jok cepat rusak.

    “Sama dengan air, matahari juga punya pengaruh buruk terhadap kenyamanan jok. Bila sering kena panas matahari langsung bikin kulit jok jadi kaku. Sebaiknya hal ini dihindari,” lanjutnya.

    Matahari juga bisa membuat tekstur lembut busa di jok motor jadi keras dan retak-retak. Kondisi ini juga pastinya menyebabkan rasa tidak nyaman saat berkendara.

    3. Kucing

    Jok motor rusak akibat cakar kucing (Sumber Foto: Zie)

    Yang paling terakhir dan juga yang paling sering terjadi adalah rusaknya jok motor karena cakar kucing. Sebaiknya hindari parkir di tempat yang banyak kucing.

    Binatang yang satu ini paling suka nangkring di atas jok motor, kemudian iseng mengasah kukunya dengan cara mencakar benda-benda di dekatnya.

    Kalau sudah terjadi seperti ini, jangan harap jok OLXer bisa kelihatan keren. Apalagi kalau OLXer baru saja memutuskan untuk meng-custom jok motor. Baru parkir semalam, kemudian terbangun sudah mendapati kondisi kulit jok yang amburadul dicakar kucing, “sakitnya tuh disini” kalau kata CIta Citata.

    “Nah, untuk menghindari semua hal tersebut, sebaiknya selalu bawa mantel khusus untuk menutup jok motor. Ini bisa dibeli di toko aksesoris dan harganya juga murah. Pastinya sangat worth it buat pemilik motor,” pungkas Ipul. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here