Kamis, September 29, 2022
More
    Mobil11 Cara Merawat Mobil Agar Harga Jualnya Tetap Tinggi!

    11 Cara Merawat Mobil Agar Harga Jualnya Tetap Tinggi!

    Memiliki sebuah mobil membuat kita wajib untuk merawat mobil secara berkala. Tidak hanya agar performa mesin enak digunakan secara harian, namun ketika dijual kembali harga mobil masih tetap tinggi.

    Menjual mobil dengan harga yang tinggi tentunya akan lebih sulit untuk menemukan pembelinya. Hal ini karena kebanyakan orang yang mencari mobil bekas menginginkan harga yang terjangkau dibanding membeli mobil baru atau kredit mobil.

    Tapi, menerapkan harga mobil bekas yang sedikit lebih tinggi bukan tidak mungkin. Berikut beberapa tips merawat mobil agar harga jualnya tetap tinggi!

    1. Simpan Surat Kepemilikan Mobil

    Ketika membeli sebuah mobil, sudah pasti dilengkapi berbagai dokumen penting, mulai Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sampai faktur pembelian.

    Semua dokumen dan surat-surat ini perlu dijaga dan dirawat dengan baik, agar menjadi bukti keabsahan dan legal terkait kepemilikan kendaraan. Jika hilang, pada dasarnya bisa membuat baru, namun untuk mengurusnya cukup repot dan memakan waktu dan juga biaya.

    Dokumen atau surat kepemilikan mobil merupakan faktor paling penting yang mempengaruhi harga jual. Bila perlu, simpan juga segala dokumen lainnya seperti nota pembelian, buku garansi dan dokumen-dokumen lainnya yang menyertai pembelian mobil.

    2. Membayar Pajak

    Membayar pajak merupakan kewajiban pemilik kendaraan. Nah, Selain menjadi warga negara yang baik, membayar pajak mobil dengan rutin bisa menambah harga jual mobil lebih tinggi. Kenapa? Karena dengan mengurus pajak, maka calon pembeli tak punya alasan menawar lebih rendah lantaran berdalih tidak membayar pajak.

    Calon pembeli pada umumnya tidak ingin harus repot-repot mengurus pembayaran pajak dan juga denda yang akan mengeluarkan biaya tambahan. Sebagai tambahan, sebaiknya Anda juga menawarkan bantuan apabila pembeli mobil ingin melakukan proses balik nama kendaraan dan lain-lainnya yang membutuhkan identitas Anda.

    Baca juga: Tips Perawatan Mobil Agar Harga Jualnya Tidak Jatuh

    3. Lakukan Service Rutin di Bengkel Resmi

    Jika memang Anda berniat menjual mobil kembali, maka sudah sewajarnya melakukan service rutin sesuai rekomendasi dealer atau yang terdapat pada buku manual. 

    Dengan service secara rutin di bengkel resmi, pembeli akan merasa mobil yang dijual dirawat dengan baik. Karena bengkel resmi memiliki standar kualitas yang terbaik mulai dari suku cadang yang digunakan, hingga teknisi yang ahli dalam bidangnya.

    Hal ini juga akan menambah nilai plus dari mobil. lantaran, saat ini banyak dari calon pembeli menanyakan history service. Ketika semuanya terekam dengan jelas, sudah tentu bakal menjaga harga jualnya tetap terbaik.

    Tips merawat mobil dengan melakukan servis di bengkel resmi

    4. Tawarkan Berbagai Bonus Pembelian Mobil

    Ketika orang membeli mobil bekas, ekspektasinya sudah pasti tentang kondisi mobil, dan harga. Namun, Anda juga bisa menaikkan banderol harga dengan menambahkan “bonus” pada pembelian mobil.

    Contohnya adalah paket asuransi mobil yang masih berlaku, pembayaran pajak yang berlaku untuk jangka waktu panjang, dan bila ada, anda juga bisa menawarkan perkakas tambahan atau fitur di luar standar mobil.

    Hal-hal tersebut bisa jadi semacam “pemanis” bagi mobil yang Anda jual dan akan memungkinkan banderol harga mobil bisa dinaikkan.

    Baca juga: 11 Tips Agar Jual Mobil Cepat Laku!

    5. Gunakan Spare Parts Resmi

    Pastikan Anda menggunakan suku cadang asli atau genuine parts. Dengan menggunakan suku cadang asli, maka akan kualitas terjamin, termasuk suku cadang sudah dilengkapi garansi. 

    Penggantian suku cadang asli di bengkel resmi biasanya memiliki kualitas terbaik, dan sesuai standar serta bersertifikasi dengan baik. Hal ini juga termasuk pelumas, cairan pendingin, dan produk-produk resmi lainnya yang dibutuhkan mobil.

    6. Gunakan Bahan Bakar yang Direkomendasikan

    Setiap pabrikan mobil pasti memiliki standarisasi soal penggunaan bahan bakar yang diwajibkan. Nah, biasanya bahan bakar yang direkomendasikan dapat membuat performa mesin terjaga baik serta usia pakai mobil jadi tahan lama. 

    Bahan bakar dengan standar oktan yang tepat, akan menjaga kondisi mesin mobil dan akan menaikkan nilai jual dibanding mobil bekas lainnya. 

    Untuk memastikan bahan bakar apa yang direkomendasikan pada mobil kita, Anda bisa lihat di buku manual, atau bertanya langsung ke pihak dealer.

    7. Tidak Melakukan Modifikasi Berlebihan

    Modifikasi memang bisa mempercantik atau menambah ketampanan tampilan mobil kita. Hanya saja, modifikasi yang kita anggap sudah sempurna belum tentu anggapan tersebut sama dengan orang lain, termasuk calon pembeli mobil bekas lainnya.

    Memasang aksesoris atau modifikasi tambahan bisa beresiko merusak bodi maupun interior mobil, terutama yang harus di sekrup dan merubah tampilan mobil dengan ekstrim. Selain itu, bila ada modifikasi pada bagian elektrikal rentan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen standar dari mobil itu sendiri.

    Sebaliknya, calon pembeli mobil bekas biasanya akan lebih tertarik dengan mobil yang masih dalam kondisi standar. Oleh karena itu, jika mobil Anda pernah dilakukan modifikasi, maka kembalikan wujud mobil seperti semula ketika pertama membeli.

    Baca juga: 12 Tips Terbaik Untuk Jual Mobil Bekas Secara Online

    8. Hindari Pemakaian Ekstrem

    Selain rajin ke dealer untuk pengecekan, sudah sewajarnya pemilik mobil menghindari pemakaian di lokasi atau kondisi jalan yang ekstrim. Contoh, mobil Low MPV yang seharusnya digunakan di jalan aspal, jangan digunakan di kondisi lumpur bebatuan. 

    Selain itu, Anda harus lebih bijak untuk tak membawa barang tidak sesuai dengan peruntukan mobilnya. Sebab, jika hal itu terjadi bukan tak mungkin mobil akan mengalami masalah. Hal ini dapat membuat ongkos perbaikan jadi lebih tinggi, daripada ketika dijual.

    Tips merawat mobil dengan menghindarkan mobil terkena banjir

    9. Jangan Sampai Jadi Korban Banjir

    Jika anda pernah melihat iklan mobil, tentu ada semacam keterangan khusus “Tidak pernah kena banjir”. Hal ini ternyata menjadi perhatian khusus bagi calon pembeli. Bahwa mobil yang pernah menerjang atau terendam banjir, akan memiliki masalah pada jangka panjang.

    Hindari mengemudi di jalanan yang terendam air atau banjir. Selain itu, jika lokasi kediaman Anda langganan terendam banjir, maka sudah sepatutnya jika musim hujan hindari lokasi-lokasi yang daratannya lebih rendah, termasuk jangan mencoba-coba menerobos banjir.

    Jika mobil menjadi korban banjir, maka sudah pasti harga jual akan turun drastis, karena tak hanya mesin yang mengalami masalah, tetapi kabin mobil juga sudah pasti akan bau, timbul jamur serta karat.

    10. Rajin Poles 

    Salah satu treatment ketika memiliki mobil yaitu rajin memoles mobil agar tampilannya lebih kinclong. Bahkan, tampilan mobil yang mulus pada bagian luar bisa menjadi cara ampuh sang calon konsumen meliriknya dibandingkan dengan yang tidak dirawat.

    Eksterior mobil yang mulus dan terawat, seperti bebas baret sangat berpengaruh terhadap harga jual kembali kendaraan. Apabila dirasa perlu, sesekali dalam enam bulan perlu perawatan ke salon mobil.

    Bila anda memiliki dana lebih, membuat lapisan khusus seperti nano ceramic di bodi mobil juga disarankan. Selain karena akan menjaga penampilan tetap mengkilap, perawatan ini bisa menjadi daya tarik untuk menaikkan harga jual mobil.

    11. Gunakan Mobil Pada Jarak Dekat

    Satu lagi faktor utama yang jadi pertimbangan dalam menjual mobil, yakni jarak KM yang tertera pada odometer. Gunakanlah mobil secara sewajarnya dan tidak memaksa untuk melakukan perjalanan jauh terlalu sering. 

    KM yang terlalu tinggi biasanya akan menurunkan minat pembeli dan menghargai lebih rendah dari nilai mobil. Selain itu, juga jangan memanipulasi jumlah perhitungan odometer, karena jarak KM yang terlalu rendah juga bisa menimbulkan kecurigaan. 

    Selain itu mobil yang jarak perjalanannya terlalu sedikit terkesan sering menganggur dan mesinnya sering dingin. Hal ini akan berpengaruh juga pada performa mesin. Jika Anda sering melakukan perjalanan jauh, imbangi dengan menggunakan transportasi umum untuk menjaga nilai jual mobil anda.

    Baca juga: 15 Pertanyaan Penting Sebelum Beli Mobil Bekas

    Demikian beberapa tips merawat mobil agar harga jual mobil bekas anda tetap tinggi. Alternatif lain agar semakin mudah menjual mobil, langsung saja kunjungi OLX Autos dan jutaan calon pembeli bisa melihat iklan yang Anda pasang. Semoga tips-tips dibawah ini dapat membantu Anda!

    Artikel ini diperbarui oleh Bisma L. Pada 5 Agustus 2022

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here