6 Tips Merawat Mobil Berwarna Hitam

0
13

Mobil dengan kelir hitam masih jadi favorit di Indonesia. Bahkan mobil-mobil pejabat, menteri hingga presiden juga menggunakan warna hitam.

Bahkan tak sedikit yang mengaku jika memiliki mobil berkelir hitam, maka hal ini bisa seperti mobil-mobil para petinggi negara yang terlihat lebih mewah dan elegan.

Namun perlu diketahui, warna mobil hitam bisa saja memudar dan juga dekil. Karena itu, berikut ini beberapa cara terbaik untuk merawat mobil dengan warna hitam, yakni:

1. Rajin Membersihkan

Semua mobil pasti kotor. Namun jika memiliki mobil warna hitam maka harus rajin membersihkannya seperti mencuci setiap usai dipakai.

Disarankan mencuci mobil dilakukan pada pagi atau sore hari. Kenapa tidak siang hari? Karena ada kemungkinan waktu tersebut membuat air lebih mudah menguap ketika menyentuh body, sehingga lebih cepat menghadirkan jamur.

2. Gunakan Sabun yang Tepat

Mencuci mobil ada aturannya, salah satunya menggunakan sabun yang tepat. Karena itu hindari mencuci mobil memakai sabun pencuci piring atau detergen.

Pada dasarnya setiap sabun yang dibuat ada fungsinya masing-masing. Dan bahan kimia pada sabun cuci piring berbeda dengan pembersih body mobil.

3. Gunakan Alat Ppencuci yang Benar

Selain sabun, maka ketika mencuci mobil ada baiknya menggunakan alat atau lap halus seperti plas chamois atau bahan mikrofiber. Jangan menggunakan pakaian atau lap lain, karena bahan tersebut lebih kasar dan berpotensi membuat adanya goresan.

Oia, dianjurkan lap untuk mencuci dan mengeringkan harus berbeda. Demikian juga lap untuk body dan pelek juga berbeda.

4. Hindari Mengelap Dengan Tekanan

lap atau kemoceng jadi alat untuk menyeka bodi mobil. Akan tetapi ada baiknya saat menyeka body tidak dengan cara menekannya, karena hal itu akan membuat baret.

Ada baiknya mengelap bodi mobil dengan gerakan searah agar tidak menghadirkan baret terlebih seperti sarang laba-laba.

5. Berikan Ekstra Perawatan

Ada baiknya mobil yang sudah dicuci bersih dilakukan proses detailing dan paint protection, agar warna mobil tetap kinclong dan terhindar dari goresan.

6. Tutup Mobil Dengan Bahan Halus

Sudah dicuci, sudah diberikan perawatan ekstra, maka langkah selanjutnya adalah hindari parkir di tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

Ada baiknya mobil ditutup selimut atau sarung mobil dengan bahan halus, agar meminimalisir terjadinya goresan. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here