Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsMotor Pakai Rem ABS Seperti Yamaha Nmax Baru, Harap Perhatikan Komponen Ini...

    Motor Pakai Rem ABS Seperti Yamaha Nmax Baru, Harap Perhatikan Komponen Ini Dengan Baik

    News.OLX.co.id – Yamaha Nmax menjadi salah satu motor skuter matik (skutik) yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan terkini dalam mendukung mobilitas harian para pemiliknya, ataupun saat dipakai berkendara dengan jarak tempuh yang jauh.

    Khususnya untuk All New Nmax 155 varian tertinggi, yakni Connected ABS, selain bisa dihubungkan dengan perangkat smartphone, juga sudah menggunakan Dual Channel ABS.

    Dengan fitur tersebut, Nmax generasi paling baru ini menjadi pionir skutik kelas 150-160cc yang mengadopsi sistem pengereman ABS di roda depan dan belakang, sehingga mampu memberikan kontrol maksimal saat berkendara.

    Yamaha Nmax

    “Sistem pengereman berteknologi ABS menjadi salah satu fitur penting dalam mendukung keselamatan berkendara. ABS mencegah kedua roda terkunci dan kehilangan traksi saat terpaksa melakukan rem mendadak atau hard braking, motor jadi lebih mudah dikendalikan,” jelas Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

    Agar fungsi rem ABS di motor bisa bekerja secara optimal, pemilik motor sangat disarankan untuk selalu mengecek kondisi seluruh komponen pendukung rem ABS.

    Komponen terkait sistem pengereman ABS yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

    Minyak Rem

    Minyak rem adalah salah satu komponen dalam sistem pengereman teknologi ABS yang perlu diperhatikan. Pastikan volume minyak rem di tangki reservoir tetap sesuai standar, artinya jangan sampai lebih apalagi kurang dari batas yang tertera.

    Untuk motor Yamaha sendiri, proses penggantian minyak rem dilakukan setiap 20 ribu km atau setahun hingga dua tahun sekali, tergantung pemakaian motor.

    Kanvas Rem

    Komponen kedua yang juga harus mendapat perhatian pemilik motor adalah kondisi kanvas rem. Kanvas rem merupakan komponen yang berfungsi menjepit piringan cakram (dengan bantuan kaliper) ketika handle rem motor ditekan. 

    Jika dilihat dari fungsinya yang vital, tentu saja wajib hukumnya untuk rutin mengecek dan membersihkan kanvas rem. Kalau sudah tipis, jangan dipaksakan terus dipakai, sebaiknya segera ganti. 

    Hal ini juga untuk menghindari gesekan kanvas dengan piringan cakram yang bisa membuat permukaan piringan cakram tersebut jadi tidak rata atau semakin menipis.

    Selang Rem

    Selang rem menjadi bagian dari sistem pengereman sepeda motor yang tidak kalah penting. Melalui selang inilah, minyak rem akan mendorong kaliper secara hidrolik untuk menekan piringan cakram.

    Pada umumnya masalah yang sering didapati pada selang adalah kebocoran, dinding selang retak, atau posisi selang tertekuk, sehingga fungsi selang tidak optimal. Sering-sering melakukan pengecekan kondisi selang rem.

    Kaliper dan Cakram Rem

    Kaliper dan cakram rem adalah dua komponen di sistem pengereman yang sebenarnya jarang sekali rusak, selama pemakaiaan motor secara wajar. Meski demikian, dua komponen tersebut tetap harus diperhatikan kondisinya.

    Masalah yang paling sering timbul pada keduanya adalah kotor, ditempeli debu ataupun tanah saat perjalanan. Solusinya adalah harus sering-sering dibersihkan. Saat melakukan servis penggantian kanvas, usahakan kaliper dan cakram minta dibersihkan oleh mekanik. 

    Perhatikan juga proses pemasangannya kembali, pastikan terpasang dengan benar, rigid dan tidak kendor. 

    Indikator ABS

    Sebagai motor yang cukup nyaman dan juga aman, kadang pemilik motor Yamaha Nmax jarang memperhatikan tanda-tanda malfungsi motor yang tampil di speedometer.

    Untuk All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS sudah ada lampu indikatornya. Selama lampu tersebut tidak menyala saat motor dihidupkan, berarti kondisi pengereman ABS tersebut aman.

    Tapi jika lampu indikator tersebut menyala, maka segera bawa ke bengkel resmi Yamaha untuk pengecekan. Karena bisa dipastikan ada malfungsi di sistem pengereman ABS motor yang tentunya bisa membahayakan pemilik motor Nmax ketika berkendara.

    Nah, itulah komponen-komponen sistem pengereman ABS di Yamaha Nmax yang perlu diperhatikan. Jika ada masalah di salah satu komponen tersebut, yang terdeteksi ketika lampu indikator ABS di motor menyala, maka sebaiknya diperiksa.

    Untuk mempermudah pencarian lokasi dealer Yamaha terdekat, pemilik Nmax atau motor Yamaha lainnya bisa menggunakan aplikasi My Yamaha Motor.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here