Sabtu, Mei 21, 2022
More
    Tips7 Cara Mudah dan Murah Merawat AC Mobil

    7 Cara Mudah dan Murah Merawat AC Mobil

    Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara jadi salah satu fitur biasa yang sudah pasti ada disetiap mobil masa kini. Dengan keberadaan AC, maka pengemudi dan penumpang akan tetap terasa nyaman di dalamnya. 

    Nah, supaya AC tetap bekerja secara optimal memang ada baiknya dilakukan perawatan secara berkala dengan melakukan servis di bengkel AC.

    Namun begitu, OLXer juga bisa lho melakukan perawatan harian yang tergolong mudah dan murah, tanpa pergi ke bengkel. Mau tau apa saja perawatannya, berikut ulasannya;

    1. Jaga kebersihan 

    Ada baiknya OLXer membersihkan segala kotoran di dalam mobil. Termasuk jangan menyimpan makanan atau minuman yang mengeluarkan bau. 

    Adapun membersihkan kabin mobil ini termasuk pada karpet atau lantai mobil, termasuk membersihkan jok dan dinding mobil. Cara ini patut dilakukan agar ketika AC bekerja, maka filter AC mudah menyaring debu dan kotoran. 

    2. Jangan merokok di dalam mobil

    Merokok tidak hanya dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia saja lho. Sebab, rokok atau asap rokok bisa menempel di dinding kabin. Selain itu asap rokok jika terhisap blower akan menempel di evaporator, sehingga menjadi kotor. 

    Jika evaporator kotor, maka lambat laun akan mengganggu fungsi evaporator.

    3. Jangan buka jendela secara asal

    Ketika mobil melaju, dan AC menyala jangan membuka jendela, karena sangat mubazir. Pasalnya suhu dari luar yang akan masuk ke dalam kabin sehingga tak akan merasakan sejuk. Selain itu, ketika jendela dibuka, maka kotoran atau debu akan masuk melalui jendela.

    Membuka jendela pada dasarnya sah-sah saja. Asalkan, dilakukan ketika akan menyalakan mesin mobil, setelah beberapa saat barulah menghidupkan AC mobil.

    4. Matikan AC beberapa saat ketika perjalan jauh

    Cara ini cukup dianjurkan karena untuk mengistirahatkan AC supaya tidak membuat pembekuan pada saluran AC. Sama seperti manusia, butuh istirahat setelah melakukan perjalanan jauh.

    5. Waktu yang tepat mematikan AC

    Mematikan AC mobil bersamaan dengan menonaktifkan mesin mobil jangan dijadikan hal biasa. Untuk menyalakan AC, ada baiknya dilakukan setelah mesin menyala. Sebab, biasanya pengemudi akan menyalakan mesin mobil ketika posisi tombol AC dalam keadaan ON. Dengan  menyalakan mobil dan AC maka akan terjadi hentakan lebih besar pada kopling.

    6. Parkir di tempat yang sejuk

    Lokasi parkir yang teduh dipercaya akan mengurangi kabin dari paparan panas matahari, sehingga ketika mesin yang panas maka mesin mobil tidak akan terlalu berat bekerja mendinginkan ruangan.

    7. Gunakan eperlunya 

    Langkah ini perlu ditiru, sebab apabila kondisi cuaca tidak terlalu panas, sebaiknya tidak perlu menggunakannya. Selain menghemat energi, hal ini dapat menjaga performa AC untuk tetap dalam kondisi prima. (Her)

    Baca juga  6 Fakta Mengerikan Bahayanya Asap Kendaraan Bermotor

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here