Senin, Agustus 8, 2022
More
    TipsTips Naik Skuter Matik Saat Tanjakan dan Turunan

    Tips Naik Skuter Matik Saat Tanjakan dan Turunan

    Mengendarai skuter matik dianggap paling mudah. Sang rider cukup menarik gas agar meluncur ke depan, atau menarik tuas rem untuk mengurangi kecepatan dan berhenti.

    Kendati demikian, ada satu masalah yang kerap membayangi pengguna skuter matik, yaitu ketika melaju di jalanan tanjakan dan turunan.

    Pasalnya, berkendara di jalanan dengan tanjakan terjal ataupun turunan curam kerap mendapat perhatian istimewa.

    Bahkan ada beberapa kasus pengguna skuter matik nyungsep saat melalui jalur menurun.

    Makanya dari itu, melewati kedua jalur jalan ini, tidak hanya dituntut meningkatkan kewaspadaan namun juga keterampilan dan kesabaran. 

    Pada dasarnya, berkendara menggunakan sepeda motor matik berbeda dengan sepeda motor yang menggunakan kopling.

    Sepeda motor tipe sport atau bebek (cub) ketika melewati jalur turunan dapat memanfaatkan engine brake dengan memposisikan gigi 1 untuk membantu mengurangi kecepatan.  

    Namun seperti apa jika menggunakan sepeda motor matik dengan perpindahan transmisi secara otomatis? 

    Menurut Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara yang tepat agar mampu menghadapi berbagai kontur dan kondisi jalan.

    “Hal ini sangat membantu kita untuk dapat tetap fokus dalam berkendara agar selamat sampai tujuan dan berkendara pun menjadi menyenangkan,” ungkap Lucky. 

    1.Lakukan pengecekan dan pemeriksaan pada kendaraan yang akan digunakan 

    Untuk menjaga performa kendaraan dan mengurangi potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan, lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan yang digunakan mulai dari bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya. 

    2. Kenali kondisi rute yang akan dilalui 

    Pastikan kita mengetahui rute atau kondisi jalan agar kita dapat antisipasi terlebih dahulu berbagai macam jalur yang akan dilewati. Pengendara sepeda motor dapat mengatur jadwal dan rute perjalanan untuk menghemat jarak, waktu, tenaga serta menghindari kemacetan. 

    3. Memasuki jalur yang menanjak  

    Pada saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil jarak yang cukup agar akselerasi sepeda motor dapat melewati tanjakan.

    Turunkan kecepatan secara bertahap ketika mendekati puncak/jalan datar.

    Sebelum memasuki jalan menanjak, manfaatkan akselerasi atau momentum dengan menambah gas jauh sebelum jalan menanjak dengan memperhatikan kondisi jalan.

    Kemudian kurangi kecepatan ketika mendekati ujung tanjakan dengan tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya guna mencegah terlepasnya roda depan ketika mencapai ujung tanjakan. 

    4. Memasuki jalan yang menurun  

    Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan jauh sebelum memasuki jalan menurun yaitu dengan menurunkan gas dan pertahankan kecepatan sepeda motor dengan menggunakan rem depan/belakang.

    Bila dirasakan pengereman kurang optimal, berhentilah atau menepi sejenak ketika melewati jalan turunan dengan rute yang panjang untuk mendinginkan rem depan/belakang. 

    5. Postur berkendara yang tepat  

    Postur saat berkendara di jalur tanjakan posisikan badan condong ke depan agar roda depan mendapatkan grip (cengkraman) yang kuat terhadap permukaan jalan, demikian pula pada saat berkendara jalur turunan, posisikan postur badan condong ke belakang.  

    6. Berhenti di tanjakan   

    Ketika harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang sebaiknya lebih besar yang berguna untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang.

    Hindari posisi di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus namun bila terpaksa harus berada di belakang kendaraan besar ambilah posisi di sebelah kiri atau mengambil posisi paling aman di belakangnya. 

    Dalam kondisi apapun setiap pengguna jalan sebaiknya mengetahui teknik berkendara termasuk di tanjakan dan turunan, hal ini diperlukan guna menjaga keselamatan pengendara dan sekitar.

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, #PilihYangPasti di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here