Kamis, Desember 8, 2022
More
    Tips & TrikPasang Karpet Mobil Tambahan, Bikin Tambah Nyaman atau Mengundang Bahaya?

    Pasang Karpet Mobil Tambahan, Bikin Tambah Nyaman atau Mengundang Bahaya?

    Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengganti atau menambah karpet mobil, diskusikan dulu dengan pihak bengkel resmi. Untuk mobil Toyota bisa dilakukan di Auto2000.

    JAKARTA – Rata-rata pemilik mobil berusaha untuk meningkatkan faktor kenyamanan di mobilnya. Berbagai cara bisa dilakukan untuk hal ini, salah satunya dengan mengganti atau memasang produk aftermarket.

    Salah satu bagian standar mobil yang kerap diganti oleh pemiliknya adalah bagian karpet dasar.

    Banyaknya produk karpet aftermarket dengan harga yang lebih murah di pasaran selalu menarik minat pemilik mobil untuk membeli karpet pengganti. 

    Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak menyadari risiko dari mengganti karpet mobil. Kalau salah pilih produk maka kemungkinan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

    Pasti banyak yang bertanya-tanya, bagaimana bisa mengganti karpet mobil bisa menimbulkan risiko kecelakaan?

    Kemungkinan ini memang sangat besar potensinya, khususnya kalau salah memilih karpet mobil untuk lantai bagian depan di sisi pengemudi.

    Tidak sedikit kejadian karpet lantai mobil tersebut terangkat menyebabkan pedal gas tersangkut dan mobil melaju tanpa bisa dikontrol.

    “Meskipun untuk kenyamanan dan keindahan kabin, jangan sembarangan membeli karpet mobil. Pastikan membeli karpet mobil yang sesuai desain  mobil dan kriteria keamanan berkendara. Konsultasikan dengan service advisor Auto2000 mengenai produk dan cara pemasangannya yang benar,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (26/9/2022).

    Jika kalian masih ingin tetap memasang karpet aftermarket di mobil untuk tujuan menambah kenyamanan, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

    Perhatikan Jenis dan Ketebalan Bahan Karpet Mobil

    Selalu ada bahaya yang mengintai jika mengganti atau menambah karpet mobil tanpa mempertimbangkan aspek keamanan berkendara. 

    Seperti yang dijelaskan di atas, karpet mobil tambahan justru membuat pedal-pedal di mobil tidak dapat bergerak bebas sesuai peruntukannya. 

    Hal ini bisa karena karpet yang dipasang terlalu tebal, atau jenis yang dipasang adalah jenis universal untuk semua mobil, sehingga kadang tidak sesuai dengan lantai mobil serta desain pedal-pedal mobil.

    Sehingga saat pedal gas atau rem diinjak, malah nyangkut di karpet. Ini sangat berbahaya karena mobil bisa saja berhenti mendadak kalau pedal rem tersangkut. 

    Lebih bahaya lagi kalau yang nyangkut ternyata pedal gas, sehingga putaran mesin tertahan di rpm tinggi, akibatnya mobil melaju tak terkendali dan memicu kecelakaan.

    Beli Yang Sesuai Standar Safety

    Sangat disarankan untuk membeli karpet mobil yang bisa di custom, sehingga bentuknya bisa menyesuaikan desain dan ukuran kabin agar peletakannya lebih presisi. 

    Meski harganya agak lebih mahal, tapi hasilnya jauh lebih memuaskan dan juga lebih nyaman. 

    Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengganti atau menambah karpet mobil, diskusikan dulu dengan pihak bengkel resmi. Untuk mobil Toyota bisa dilakukan di Auto2000.

    Sangat tidak disarankan untuk membeli karpet mobil yang universal atau bisa dipakai di semua model mobil. 

    Beri perhatian lebih untuk pemasangan karpet di bagian kabin depan, khususnya di sisi pengemudi yang terdapat pedal-pedal. 

    Pastikan ketebalan dan desain karpetnya tidak mengganggu pergerakan pedal-pedal. 

    Karpet yang tebal memang membuat pijakan kaki lebih nyaman dan juga lebih terkesan mewah. Tapi risiko pedal tersangkut juga lebih besar.

    Pastikan juga pemasangan karpet mobil yang sudah dilengkapi pengunci atau perekat, sehingga posisinya tidak akan bergerak. 

    Periksa juga apakah tersedia landasan karet pada bagian kaki, khususnya pengemudi supaya tidak mudah selip sehingga mengganggu pergerakan kaki dan tidak cepat rusak karena tergesek sepatu. 

    Selain itu pilih bahan karpet mobil yang tidak licin sehingga alas kaki tidak mudah terpeleset karena akan membahayakan gerakan pengemudi dan penumpang mobil. 

    Dan yang terakhir karpet mobil Toyota harus mudah dibersihkan dari berbagai kotoran untuk menjaga kebersihan kabin.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here