Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    LainnyaTips untuk Terhindar dari Penipuan Kartu Kredit

    Tips untuk Terhindar dari Penipuan Kartu Kredit

    Kartu kredit merupakan salah satu alat transaksi nontunai yang dapat memudahkan OLXer dalam bertransaksi. Sayangnya, kartu kredit masih memiliki banyak celah penipuan, seperti phising, melalui aplikasi atau software, melalui telepon/SMS, pembobolan data, dll.

    Modus yang biasanya digunakan adalah, Anda akan mendapatkan SMS resmi dari Bank penerbit kartu kredit Anda yang berisi kode OTP dan sejumlah nominal transaksi.

    Dalam waktu yang berdekatan, Anda akan dihubungi oleh orang yang mengaku sebagai pihak Bank penerbit kartu kredit dan meminta konfirmasi Anda untuk melakukan pemblokiran kartu kredit dengan menyebutkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Ketika Anda memberikan kode OTP itulah pembobolan data kartu kredit terjadi.

    Untuk menjaga keamanan kartu kredit Anda, pastikan OLXer untuk:

    1. Tidak meminjamkan kartu kredit apalagi memberitahu informasi mengenai detail kartu kredit kamu ke orang lain.

    2. Tidak mengirimkan infromasi terkait penggunaan kartu kredit melalui email.

    3. Tidak menginfokan kode OTP kamu kepada siapapun.

    4. Tidak bertransaksi menggunakan kartu kredit melalui komputer publik seperti komputer kantor, dan selalu log out akun toko online setelah berbelanja.

    Jika Anda mengalami penipuan melalui kartu kredit, segera hubungi call center bank terkait, ceritakan kronologinya dan pastikan apakah ada transaksi sesuai dengan SMS yang diterima.

    Kuncinya, selalu berhati-hati ketika melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dan selalu pastikan terlebih dahulu informasi yang Anda dapat, ya OLXer!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait