Selasa, Maret 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMelirik Toyota Agya Berbagai Tipe, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

    Melirik Toyota Agya Berbagai Tipe, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

    Toyota Agya merupakan mobil city car LCGC (Low Cost Green Car) yang saat ini sangat populer di masyarakat. Spesifikasi Toyota Agya cukup mumpuni bagi mereka para pembeli mobil pertama. 

    JAKARTA – Sebagai mobil kompak yang berukuran kecil dan irit bahan bakar, kendaraan ini menjadi salah satu pilihan utama anak muda untuk jadi kendaraan sehari-hari.

    Tak cuma itu, spare part mobil ini mudah untuk didapatkan di berbagai bengkel resmi serta biaya pajak yang terbilang murah. Wajar saja tidak cuma anak muda, kebanyakan masyarakat juga tergiur membeli Toyota Agya sebagai kendaraannya sehari-hari.

    Sebagai LCGC, ia menjadi kendaraan yang ramah lingkungan dan tidak membahayakan jika digunakan. Toyota Agya memiliki mesin sama yang digunakan oleh Citroen C1, Peugeot 107 dan Toyota Aygo yang telah cukup teruji kualitasnya.

    Dipasarkan oleh Toyota Astra Motor sejak 9 September 2013., Agya merupakan hasil kerjasama antara Toyota dan Daihatsu yang produksinya dilakukan di pabrik Daihatsu Karawang.

    Penamaan Agya sendiri mengambil kata dari bahasa Sanskerta yang berarti “cepat”.

    Paling penting, Toyota Agya memiliki harga yang terjangkau dan harga purna jual stabil di pasaran. Selain itu, Toyota Agya memiliki banyak pilihan tipe mulai dari Tipe E, G hingga TRD S yang menjadi tipe tertinggi. Ada pula pilihan transmisi otomatis dan manual tergantung selera Anda.

    Toyota Agya Tipe E M/T

    Sebagai mobil city car, Toyota Agya memiliki desain yang sporty. Memiliki paduan bentuk antara hatchback dan city car, mobil ini memiliki dimensi panjang 3600 mm, lebar 1600 mm, dan tingginya 1520 mm.

    Mobil mungil ini cukup banyak digemari oleh karena menjadi kendaraan yang praktis dan tidak perlu memakan banyak tempat untuk membuatkan garasi. Meski mungil Toyota Agya dapat menampung 5 penumpang di dalamnya dengan desain interior yang nyaman. 

    Pada bagian dapur pacunya, mobil ini dibekali dengan mesin 1-KR berkapasitas 988 cc yang terdiri dari 3 silinder segaris berteknologi DOHC 12 katup, sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 65 PS pada 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 86 Kgm pada putaran 3.600 RPM.

    Tangki bahan bakarnya sendiri dapat menampung 33 liter yang sudah cukup untuk mobilisasi di perkotaan maupun untuk perjalanan ke luar kota. Apalagi sudah menggunakan teknologi Fuel Injection dan telah lulus tes LCGC serta memiliki bobot yang relatif ringan maka konsumsi bahan bakarnya sanggup mencapai angka 29 km/liter.

    Baca juga: Harga Toyota Agya Bekas Semakin Murah, Mulai Rp 70 Jutaan!

    Suspensi pada bagian depannya menggunakan Mac Pherson Struts with Coil SpringMac Pherson Struts with Coil Spring dan Semi independent Torsion Axle Beam with Coil Spring di bagian belakangnya yang sanggup meredam guncangan dengan baik dan memberikan performa handling yang nyaman. 

    Pengereman mobil Toyota Agya ini menggunakan tipe disc brake non ventilated pada bagian depan dan drum brake pada bagian belakang. Sementara, sebagai tipe paling rendah, Toyota Agya Tipe E menggunakan transmisi manual 4 percepatan. 

    Pada interiornya pun menggunakan LCD Speedometer yang memberikan informasi dengan mudah. Pada sisi hiburan sudah disematkan fitur audio 1 Din Integrated Audio with CD/MP3/USB/AUX yang dapat memanjakan telinga.

    Kenyamanan dalam kabinnya ditambah dengan AC dan menggunakan kursi berbahan fabric dengan headrest, handle pintu dalam sewarna dengan bodi yang memiliki arm rest, power door lock serta power windows dengan seat belt yang tersedia pada setiap tempat duduknya.

    Toyota Agya juga dilengkapi velg dengan ukuran 13 inci. Bisa dikatakan jika  Toyota Agya tipe ini adalah mobil dengan fitur standar dan minimalis. 

    Toyota Agya Tipe E A/T

    Toyota Agya Tipe E A/T hampir sama dan tidak banyak perbedaan dengan tipe sebelumnya. Pada tipe ini terdapat semua hal mendasar yang dimiliki Agya Tipe E M/T. Hal itu mulai dari desain interior, eksterior, dimensi hingga mesin yang digunakan. Selain itu fitur yang disematkan pun tidak jauh berbeda.

    Paling membedakan pada tipe ini pada transmisinya yang sudah otomatis. Pada varian ini ditambahkan fitur Front Air Spats yang merupakan aksesori untuk menyalurkan angin pada bagian bawah mobil yang mengurangi hambatan udara berlebihan.

    Baca juga: Untuk Kebutuhan Mobilitas Dalam Kota, Spesifikasi Toyota Agya Sudah Lebih dari Cukup

    Toyota Agya Tipe G M/T

    Mobil Toyota Agya Tipe G
    Toyota Agya G M/T (olx.co.id)

    Toyota Agya tipe G M/T merupakan tipe tertinggi dari mobil LCGC satu ini. Terdapat beberapa perbedaan dari tipe sebelumnya yang membuat tipe ini memiliki lebih banyak fitur dari tipe sebelumnya dan nyaman untuk Anda gunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

    Memiliki semua hal mendasar yang ada pada tipe E, Toyota Agya Tipe G M/T ini menggunakan transmisi manual 4 percepatan. Sedangkan pada bagian interiornya ini lebih komplit seperti kombinasi analog tipe Trial Dial dengan LCD Speedometer, Trip Meter, Multi Information Display (MID), Indikator ECO dan jam digital, alarm multifungsi, serta ornamen silver pada setir.

    Pada sisi hiburan berupa audio terintegrasi dengan 2 DIN Audio System, Intermittent Control untuk wiper depan, ornamen krom pada AC register depan, assist grip untuk semua pintu kecuali pengemudi, tuas transmisi dilapisi krom dan ornamen silver dan handle rem parkir dengan ornamen krom.

    Baca juga: Harga Toyota Innova Venturer Bekas, Kelas Tertinggi dari Kijang

    Pada bagian eksteriornya, mobil ini menggunakan velg alloy dengan roda berukuran 175/65 berdiameter 14 inci dan memiliki spoiler belakang yang menambahkan kesan sporty. Bagian depannya juga sudah disematkan lampu kabut dengan aksen krom dan beberapa tempat lainnya pun juga diberi kesan krom seperti handle pintu, bumper depan, dan side protektif.

    Toyota Agya Tipe G A/T

    Mobil Toyota Agya Tipe G A/T
    Toyota Agya G A/T (olx.co.id)

    Sebagai varian tertinggi, Toyota Agya tipe G A/T memang memiliki banyak fitur untuk menunjang pengalaman berkendara. Anda akan diberikan kenyamanan saat berkendara di dalam maupun luar kota.

    Agya tipe G A/T memiliki semua fitur yang dimiliki oleh tipe E dan tipe G M/T. Pada mobil ini desain interior, eksteriornya pun tidak jauh berbeda dengan tipe sebelumnya. Perbedaan paling menonjol dari tipe ini ialah transmisinya yang sudah otomatis.

    Baca juga: Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Toyota Avanza di Semua Tipe

    Toyota Agya Tipe TRD S M/T

    Mobil Toyota Agya Tipe TRD
    Toyota Agya TRD S (olx.co.id)

    Pada Toyota Tipe TRD S M/T merupakan varian paling tertinggi dengan berbagai fitur yang paling komplet dari tipe sebelumnya baik itu E maupun G. Pada Toyota Agya Tipe TRD S M/T memiliki kesan makin garang dengan gaya racing yang memiliki simbol TRD (Toyota Racing Development) sehingga penampilannya semakin terlihat sporty.

    Masih menggunakan mesin yang serupa dari tipe sebelumnya, tipe TRD ini hanya tersedia transmisi manual 4 percepatan saja. Selain itu body kit pada tipe ini terasa berbeda dari lainnya karena menggunakan fitur tambahan Front TRD S Aerokit, Rear TRD S Aerokit, side skirt TRD S Aerokit, side stiker TRD S dan emblem kebanggaan TRD S.

    Baca juga: Fortuner TRD Sportivo, Kasta Tertinggi Mobil SUV Toyota Paling Laris

    Nah, dari penjelasan perbedaan tipe Toyota Agya di atas, sudahkah Anda menentukan pilihan mana mobil untuk menemani perjalanan sehari-hari?

    Membeli mobil paling nyaman adalah di tempat yang terpercaya dan memberikan garansi. Apalagi dalam memilih mobil bekas, tentunya OLX Autos menjadi pilihan tepat sebagai mitra untuk mendapatkan kendaraan.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait