Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaToyota Avanza Jadi Warisan Kebesaran di Indonesia

    Toyota Avanza Jadi Warisan Kebesaran di Indonesia

    Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru telah lahir kembali. Ya, wujudnya yang berubah total, membuat mobil ini menyedot perhatian di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, 11-21 November 2021.

    Perubahan Toyota Avanza dan Veloz terbaru ini tak sekadar strategi untuk mendongkrak penjualan, namun menjadi bagian yang dipersiapkan secara matang Toyota Indonesia.

    Bahkan menurut President Director PT Toyota Astra Motor Susumu Matsuda, Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru merupakan produk sangat spesial bukan hanya untuk Toyota Indonesia, tapi juga global.

    “Baik Avanza dan Veloz merepresentasikan komitmen dan upaya kuat dari Toyota untuk menyediakan Ever Better Cars yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan mobilitas di Indonesia, tapi juga terjual di banyak negara secara global,” ungkap Matsuda beberapa waktu lalu.

    Dia juga menyatakan, All New Avanza dan All New Veloz merupakan mobil yang dikembangkan di era baru mobilitas, tidak hanya menyediakan kenyamanan tapi juga memberikan rasa menyenangkan saat berkendara.

    “Kami berharap All New Avanza dan All New Veloz dapat mendukung mobilitas masyarakat, khususnya di Indonesia dan melanjutkan warisannya sebagai bagian dari kebesaran Toyota di Tanah Air,” ucapnya.

    50 Tahun Toyota di Indonesia

    Toyota
    Toyota Veloz dan Camry Hybrid hadir di booth Toyota di ajang GIIAS 2021. (Herdi Muhardi)

    Hal penting soal keberadaan All New Toyota Avanza dan Toyota Veloz juga diungkapkan Vice President PT TAM Henry Tanoto.

    “Avanza merupakan bagian penting dari perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia,” ujar Henry.

    Menurut dia, Avanza dan Veloz tidak hanya sekedar kendaraan yang dikenal sebagai kendaraan sejuta umat, dan banyak digunakan keluarga Indonesia untuk bermobilitas.

    Tapi, mobil tersebut merupakan simbol upaya Toyota untuk memberikan solusi mobilitas yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

    All New Toyota Avanza

    Mengusung tagline baru yaitu Build for Greater Inspiration, si mobil Sejuta Umat mengalami ubahan yang sangat drastis dibandingkan dua generasi sebelumnya.

    Ya, All New Toyota Avanza semakin melar dimensinya, karena panjang mobil mencapai 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm. Sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm, dan radius putar 4,9 meter.

    Dengan dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

    Toyota mengklaim, All New Avanza mengalami perubahan 180 derajat dalam pengembangan desain eksterior, interior, serta teknologi dan fitur yang dibenamkan.

    Eksterior

    Desain All New Toyota Avanza pada bagian wajah depan terlihat pada bagian bumper berkelir hitam pekat dengan garis horizontal, ditambah headlamp menggunakan lampu LED.

    All New Avanza pada bagian samping terlihat garis yang memanjang dari lampu depan sampai belakang, sehingga terlihat siluet bodi membelah dua bagian.

    Belum lagi bagian samping terasa berbeda karena kaki-kaki hadir New Dashing Two Tone 16 Inch Alloy Wheel (tipe 1,5 G) dengan tema tiga dimensi kontemporer.

    Pada bagian belakang All New Avanza, kini memiliki New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp.

    Interior

    Imbas dari dimensi yang berubah, membuat jarak antara penumpang baris pertama dan kedua mencapai 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm.

    Gerak maju mundur 240 mm pada kursi baris kedua, dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm, membantu memastikan 7 penumpang dapat tetap bergerak lebih leluasa.

    Jok All New Avanza juga disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode, sehingga dianggap mirip di rumah sendiri.

    Oia, untuk memberikan rasa nyaman, All New Avanza hadir New Striking Full Dashboard Design (tipe 1,5 G) yang disertai panel instrumen untuk memberikan informasi melalui New TFT MID 4,2 Inch.

    Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button, kemudian New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit (1,5 G), yang terkoneksi dengan radio, USB, dan Bluetooth.

    All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (tipe 1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan di sisi setir.

    Fitur terbaru Toyota Avanza 

    Toyota Veloz
    Penampilan Toyota Veloz saat dipamerkan di GIIAS 2021. (Herdi Muhardi)

    Toyota Toyota Avanza generasi terbaru didukung fitur T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada model premium yaitu New Camry.

    Dengan T Intouch, maka teknologi telematika yang terpasang dapat menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

    Adaya T Intouch bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil. 

    Adapun manfaat dari T Intouch pada All New Avanza yaitu menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi yang terintegrasi.

    Mobil ini terdapat Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir, lalu fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pengemudi.

    T Intouch juga hadir dengan fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

    Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

    Terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan mengalami kecelakaan, yang menghubungkan konsumen dengan call center Toyota diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) agar mendapatkan bantuan.

    Toyota telah menerapkan fitur keselamatan pada All New Avanza, berupa Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA), dimana semua model ada fitur ini. Tak terkecuali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

    Untuk varian All New Avanza (tipe 1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan enam Airbags yang terletak di depan pengemudi dan Penumpang, samping serta tirai.

    Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot.

    Oia, untuk All New Avanza tipe 1,5 G CVT TSS, lebih lengkap fitur keselamatannya karena sudah dilengkapi teknologi yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

    TSS pada All New Avanza terdiri dari empat fitur keselamatan, yaitu Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, serta Front Departure Alert.

    Performa mesin

    All New Toyota Avanza hadir dengan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru.

    Ya, mesin pertama adalah 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder, Dual VVT-i menghasilkan tenaga 96 Tk dan torsi 12,4 Kgm. Serta mesin kedua adalah 2NR-VE, berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, Dual VVT-I menghasilkan tenaga 104 Tk dan torsi 14 Kgm.

    All New Avanza kini dipasangkan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT), yang dilengkapi dengan split gear baru. Dengan begitu, memberikan rasio gigi lebih lebar, dan berimbas pada akselerasi bertenaga dan lebih halus saat melakukan perpindahan.

    Sebagai model yang serba baru, Toyota Avanza generasi ketiga ini dilengkapi  Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF). Platform FF dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension pada suspensi depan dan belakang.

    Alhasil, All New Avanza mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang.

    Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

    Tipe dan harga

    All New Toyota Avanza hadir dengan empat tipe yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).

    Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, All New Avanza hadir dengan warna Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic, dan White.

    Berikut ini daftar harga All New Toyota Avanza; 1.3 E M/T Rp 206.200.000– 1.5 G M/T Rp 228.500.000, 1.5 G CVT Rp 241.400.000, dan 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000. 

    Harga ini merupakan on the road Jakarta dan bisa dilihat di situs resmi Toyota Astra Motor.

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos . Jika memang ingin menjual mobil klik di OLX Autos.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here