Selasa, Mei 24, 2022
More
    MobilToyota Avanza, Mobil Sejuta Umat yang Selalu Eksis di Indonesia

    Toyota Avanza, Mobil Sejuta Umat yang Selalu Eksis di Indonesia

    Nama Toyota Avanza, memang sangat familiar di kancah otomotif nasional. Ini karena mobil Avanza sering kali kita temui di berbagai penjuru kota di Indonesia.

    Ya, tingginya volume pengguna Toyota Avanza ini membuat mobil tersebut dijuluki ‘Sejuta Umat’.

    Bahkan ada sebuah cerita konyol, bahwa laju Toyota Avanza lebih cepat daripada mobil Ferrari. 

    Ya, hal ini dianalogikan, meski Ferrari sudah menyalip sebuah Avanza, pasti di depannya akan muncul lagi mobil Avanza yang lainnya.

    Harga Toyota Avanza 2022

    Toyota Veloz dan Toyota Avanza
    Toyota Avanza-Veloz dipamerkan di GIIAS 2021. (Herdi Muhardi)

    Minat masyarakat Indonesia terhadap Toyota Avanza  memang sangat tinggi. Hal ini karena memang Toyota Avanza dianggap sangat cocok untuk karakteristik budaya Indonesia.

    Ya, masyarakat Indonesia memang menyukai mobil dengan kabin lega agar mampu menampung semua anggota keluarga, termasuk membawa barang-barang.

    Toyota Avanza juga dianggap cocok digunakan untuk mobil keluarga atau pergi menuju kantor. Paling terpenting, mobil Sejuta Umat ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

    Bicara soal harga, per Februari 2022, harga Toyota Avanza terbaru untuk tipe 1.3 E M/T Rp 228,3 juta, kemudian tipe 1.3 E CVT Rp 242,8 juta, tipe 1.5 G M/T Rp 253,1 juta, lalu tipe 1,5 G CVT Rp 267,7 juta, dan tipe 1.5 G CVT TSS Rp 293,4 juta.

    Perlu dicatat, harga Toyota Avanza terbaru juga bisa berubah-ubah karena tergantung dari kebijakan dari pemerintah Indonesia.

    Harga Toyota Avanza bekas

    Toyota Avanza
    Toyota Avanza. (Toyota)

    Semua mobil baru pasti akan menjadi bekasnya. Bahkan setiap mobil yang dibeli di dealer mobil baru, suatu saat nangkring dijual ke pasar mobil bekas. Termasuk Toyota Avanza.

    Ya, sama seperti mobil baru, Toyota Avanza bekas juga banyak dicari masyarakat Indonesia.

    Seperti platform jual beli mobil bekas OLX, harga Toyota Avanza seken untuk generasi pertama dengan tahun produksi 2004-2011 mulai dari Rp 60 juta sampai Rp 100 juta.

    Sedangkan generasi kedua yang dibuat antara tahun 2011-2109 dijual dengan banderol Rp 85 juta sampai Rp 220 juta.

    Sekadar informasi, apabila OLXer memang berniat membeli mobil bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil Toyota Avanza bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil Toyota Avanza bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Toyota Avanza Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Toyota Avanza bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Toyota Avanza bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Toyota Avanza bekas memang sangat bervariasi. Bahkan ada Toyota Avanza lansiran 2014 dengan nilai grade A dibanderol sekitar Rp 122 juta. Bahkan jika beruntung masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Tips Membeli Toyota Avanza

    Ilustrasi pengecekan kondisi mobi.
    Ilustrasi pengecekan kondisi mobi.

    Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil Toyota Avanza bekas. Berikut hal yang harus diperhatikan;

    – Periksa service record dan kondisi mesin. Pastikan pemilik mobil Toyota Avanza sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.

    – Periksa body dan cat. Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.

    – Periksa interior. Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.

    – Periksa kelengkapan surat. BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

    Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

    Keunggulan Toyota Avanza

    Secara keseluruhan ada beberapa keunggulan dari Toyota Avanza antara lain:

    Desain

    Secara desain Toyota Avanza mengusung segmen mobil keluarga serbaguna atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mampu menampung tujuh orang penumpang. Hadir sejak 2003 hingga saat ini, Toyota Avanza telah mengalami beragam penyempurnaan sehingga tetap masih belum membosankan dan tetap diterima oleh masyarakat Indonesia.

    Meski memiliki berbagai tipe, namun interior Toyota Avanza masih tergolong menarik. Bahkan jika ingin lebih lengkap ada di tipe Veloz. Selain itu, fitur yang disajikan sudah sesuai dengan yang diinginkan konsumen. 

    Performa

    Toyota Avanza memiliki dua pilihan mesin yaitu tipe 1.5 liter berteknologi 3SZ-VE dan 1.3 liter K3-VE. Meskipun memiliki dimensi  dan teknologi berbeda, kedua mesin ini sudah dikombinasikan dengan DOHC VVT-I 16 katup dengan 4 silinder.

    Kedua mesin ini juga dipadukan dengan sistem penggerak roda belakang, alhasil Toyota Avanza tidak hanya tergolong irit dalam hal bahan bakar, namun juga sangat kuat jika dalam kondisi jalanan menanjak meskipun membawa tujuh penumpang orang dewasa.  

    Baca juga  Mau Beli Mobil Toyota Untuk Mudik? Ini Daftar Promonya

    Jaringan Luas

    Toyota Avanza memang mobil sejuta umat. Nah, menyandang predikat tersebut, Toyota di Indonesia harus melayani jutaan pemilik mobil ini dengan sangat baik. Maka dari itu tak heran kalau Toyota memiliki jaringan dealer penjualan dan purna jual yang cukup banyak dan tersebar di segala penjuru Nusantara. 

    Oleh karena itu, OLXer tak perlu khawatir soal service dan sparepart Toyota Avanza, karena PT Toyota Astra sudah memiliki ratusan dealer dengan status sales, service dan sparepart. 

    Harga Jual Stabil 

    Salah satu yang membuat Toyota Avanza jadi mobil yang banyak dicari konsumen yaitu karena harga jual mobil ini bisa disebut sangat stabil. Bahkan harga jual Toyota Avanza di pasar mobil bekas masih menjadi salah satu yang terbaik. 

    Sejarah Toyota Avanza

    Jika OLXers mau tahu sejarah Toyota Avanza, berikut ini kami akan beritahu secara singkat asal mula kehadiran mobil tersebut.

    Toyota Avanza hadir di Indonesia sejak tahun 2003. Oia, nama Toyota Avanza sendiri diambil dari bahasa Italia yaitu Avanzato, yang artinya peningkatan.

    Tak sedikit yang percaya dengan arti sebuah nama. Akan tetapi doa dari nama tersebut jadi kenyataan, dimana Avanza dianggap cocok untuk pasar otomotif di Indonesia.

    Bahkan penjualan mobil Toyota Avanza  tergolong cukup tinggi bahkan selalu menjadi menjadi mobil terlaris di Indonesia.

    Toyota Avanza (2003-2011)

    Toyota Avanza Bekas Masih Jadi Buruan Jutaan Orang Indonesia
    Toyota Avanza bekas masih jadi buruan orang Indonesia. (OLX Autos)

    Generasi pertama Toyota Avanza diluncurkan saat berlangsungnya kegiatan Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual sebesar 100 ribu unit pada tahun tersebut. 

    Toyota Avanza memang keluar dari rahim yang sama dengan Daihatsu Xenia, yaitu diproduksi PT Astra Daihatsu Motor di Indonesia.

    Yang menjadi pembeda Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yaitu hanya sekitar desain dan fiturnya.

    Hanya saja, untuk Toyota Avanza pertama kali mengusung dua pilihan mesin dengan kode K3-DE yaitu 1.3 E dan 1.3 G. Bahkan kala itu mobil ini hanya dilengkapi transmisi manual. 

    Perlu diketahui, saat pertama kali Toyota Avanza meluncur. Mobil ini memang memikat, akan tetapi mobil ini masih standar bahkan tak dilengkapi fitur-fitur melimpah.

    Ya, kala itu, AC Toyota Avanza belum menggunakan double blower, Head Unit masih single DIN, belum bisa pakai USB atau disc, melainkan pemutar lagu harus menggunakan kaset.

    Selang setahun atau pada tahun 2004 Toyota Avanza melakukan penyegaran. Ya, Toyota Avanza menghadirkan tipe 1.3 S yang dilengkapi pilihan transmisi otomatis empat percepatan dan mesin dilengkapi Variable Valve Timing Intelligence (VVT-i).

    Selain itu, hadir pula odometer dan tripmeter digital, serta sistem pengereman sudah Anti-lock Braking System (ABS).

    Tipe 1.3 S juga sudah dilengkapi beberapa fitur lainnya, seperti head unit 2-DIN dan tilt steering.

    Selang dua tahun kemudian atau tahun 2006, Toyota Avanza kembali melakukan penyegaran, khususnya pada soal desain, eksterior, dan aksesori.

    Selain itu, Toyota Avanza baru dikala itu, sudah dilengkapi  mesin 1.5 VVT-I type S, yang sudah dilengkapi pengereman ABS, velg Alloy berukuran 15 inchi.

    Nah, pada tahun 2009, Toyota Avanza Kembali melakukan penyegaran pada bagian foglamp, desain bumper, hingga penambahan aksen krom di beberapa sisi.

    Memasuki tahun 2009, untuk tipe 1.3 G dilengkapi transmisi otomatis dan setahun kemudian transmisi ini digunakan pada tipe 1.3 E.  

    Toyota Avanza (2011-2021)

    Toyota Avanza
    Toyota Avanza generasi kedua. (OLX)

    Masuk tahun 2011, Toyota Avanza mengalami ubah. Selain bentuknya lebih segar, Toyota menawarkan varian Veloz, menjadi model dengan paket fitur paling tinggi.

    Selain itu, Toyota Avanza generasi kedua ini tampak terlihat bahwa pada bagian lampu-lampu menjadi lebih lancip. Ini terlihat dari bentuk desain lampunya.

    Tidak berapa lama atau sekitar tahun 2013, Toyota Avanza jadi lebih lengkap soal keamanan, keselamatan dan kenyamanan

    Ya, Toyota Avanza dilengkapi dual SRS Airbag dan meningkatkan level Noise, Vibration dan Harshness (NVH), dan tak lupa jok mobil dibuat lebih tebal dan empuk.

    Pada tahun 2015, Avanza disebut terkesan sport, bahkan mobil ini akrab disapa Grand New Avanza. Perubahan paling signifikan terlihat dari kenyamanan suspensi, peredam kabin jadi lebih optimal.

    Saat itu, Toyota Grand New Avanza mengalami ubahan, khususnya pada bagian eksterior seperti grille dan bumper.

    Selain itu, Toyota Grand New Avanza juga mengusung mesin baru yaitu 1NR-FE Dual VVT-i untuk varian 1.3 E, dan 1.3 G. Sementara mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE yang dibenamkan pada varian 1.5 G dan Veloz.

    Nah pada tahun 2019, Toyota Avanza kembali dengan perubahan eksterior maupun interior.

    Paling terlihat ubahan dari mobil ini adalah penggunaan lampu utama yang terbelah dua, sehingga disebut-sebut meniru saudaranya, Toyota Voxy atau Vellfire.

    Masuk interior, pengaturan pendingin udara (AC) sudah menggunakan remote control, serta console box yang telah dilengkapi illumination lamp, power slot (baris satu dan dua) dan port USB di semua baris.

    Fitur lain yang mengalami ubahan dari versi ini seperti head unit layar sentuh, steering switch, sistem audio 6 speaker.

    Yang menarik, Toyota Avanza ini sudah mendapatkan sejumlah tambahan fitur baru, seperti penggunaan teknologi smart entry, desain outer mirror hadir dengan fitur retractable auto folding.

    Toyota Avanza generasi ketiga

    Toyota Avanza dan Veloz
    All New Toyota Avanza dan Veloz terbaru. (Herdi Muhardi)

    Beberapa hari sebelum pameran GIIAS 2021 dimulai pada bulan November tahun lalu, Toyota Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan All New Toyota Avanza. Dimana si Mobil Sejuta umat ini mengalami ubahan yang sangat drastis dibandingkan dua generasi sebelumnya.

    Bahkan Toyota mengklaim, All New Avanza mengalami perubahan 180 derajat dalam pengembangan desain eksterior, interior, yang tidak hanya dirancang untuk mobilitas yang nyaman dan aman.

    Sebaliknya, mobil ini menginspirasi dan menjadi warisan bagi generasi berikutnya dalam sebuah keluarga. Mau tau lebih detail soal Toyota Avanza generasi ketiga lihat ulasannya di sini

    Jika OLXers ingin mencari Toyota Avanza bekas berkualitas, bisa cek di OLX Auto.

    Mau tahu salah satu mobil Toyota Avanza bekas berkualitas lihat videonya di bawah ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here