Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    BeritaToyota Cari Orang IT Terbaik, Begini Cara Daftarnya

    Toyota Cari Orang IT Terbaik, Begini Cara Daftarnya

    Indonesia siap menghadapi era revolusi 4.0, dimana nantinya sebuah manufaktur menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber, serta memanfaatkan sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, hingga komputasi kognitif.

    Revolusi industri 4.0 ini nyatanya juga diimplementasikan Toyota Indonesia. Namun, untuk menghadapi era ini, Toyota punya cara berbeda dalam menerapkannya, yaitu melibatkan masyarakat dengan menggelar kompetisi khususnya bagi mereka yang berminat dan berbakat di bidang Information Technology (IT).

    Menurut Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, kompetensi di bidang IT merupakan program Toyota Fun/Code dan diharapkan menjadi salah satu kunci utama untuk salah satunya merebut peluang bisnis di era industri 4.0.

    “Toyota Fun/Code menantang peserta untuk menguji kemampuan mereka dengan membangun atau menciptakan aplikasi yang bisa memberi nilai tambah kepada pelaku industri otomotif dan pelanggan. Pesan utama kegiatan ini adalah menantang peserta untuk mengeksplorasi potensi diri mereka, untuk meraih peluang di era industri 4.0,” jelas Anton saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta.

    Adapun gelaran yang mengusung tema “Fun, Futuristic, Informative”  menantang peserta untuk mengeksplor kreativitas dalam membangun aplikasi yang mampu memberikan nilai tambah lebih kepada masyarakat dan pelaku industri otomotif, termasuk Toyota.

    Untuk ikut dalam Toyota Fun/Code, peserta individual maupun tim akan diuji kemampuannya sebagai IT Developers dalam menghasilkan aplikasi sesuai tema yang ditetapkan Toyota yaitu Eco Driving, Education, Ownership Experience, Value Chain & Trade-in serta Disability.

    Untuk menjadi bagian IT Developers, peserta akan diuji keahliannya di bidang programmer, graphic designers, interface designers, dan project manager.

    Adapun beberapa tema yang disebutkan di atas memiliki tujuan masing-masing, seperti:

    Eco Driving, diharapkan peserta dapat mengembangkan aplikasi atau inovasi teknologi berbasis web yang bisa meningkatkan kemampuan pengemudi agar efektif, efisien, dan ekonomis. Aplikasi ini akan berdampak positif terhadap penurunan emisi CO2 atau environmental sustainability.

    Education, diharapkan akan muncul aplikasi seperti safety driving apps atau safety driving gamification untuk membuat mengemudi menjadi lebih aman dan menyenangkan.

    Ownership Experience diharapkan dapat mendorong peserta dalam membangun aplikasi yang akan meningkatkan pengalaman penggunaan kendaraan sehari-hari menjadi lebih mudah, lebih aman, nyaman, dan memudahkan orang untuk memiliki kendaraan dan layanan Toyota baik sebelum membeli maupun sesudah pembelian (after sales service).

    Value Chain & Trade-in mengarahkan peserta membuat aplikasi yang mendukung penyatuan atau sistem integrasi pelayanan mulai dari saat konsumen memilih kendaraan, saat memiliki kendaraan, sampai saat menjual atau menukar kendaraannya, termasuk dalam soal pembiayaan dan asuransi.

    Disability diproyeksikan akan muncul aplikasi atau web yang bisa memudahkan mobilitas penyandang difabel seperti saat parkir atau mengakses tempat-tempat tertentu, misalnya seperti toilet.

    Tema ini menjadi salah satu bagian terpenting karena merupakan wujud semangat Toyota untuk selalu menyediakan kendaraan terbaik bagi semua, termasuk kalangan difabel.

    Di tempat yang sama Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, melalui berbagai sub tema dalam kegiatan Toyota Fun/Code ini, diharapkan akan lahir aplikasi unggulan yang menjadi inovasi bisnis otomotif.

    “Melalui ajang kompetisi ini akan lahir para start up untuk menginspirasi generasi muda lainnya dalam menghadapi tantangan era industri 4.0,” tuturnya. 

    Rencananya, kompetisi ini akan diawali dengan workshop di tiga kota, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Puncak acara adalah Hackaton Day yang akan berlangsung selama 24 jam penuh di November mendatang.  Bagi peserta yang tertarik bisa mendaftar di sini.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait