Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Mobil BaruToyota GR Yaris, Siap Jadi Calon Mobil Langka di Indonesia

    Toyota GR Yaris, Siap Jadi Calon Mobil Langka di Indonesia

    Toyota GR Yaris, mobil yang satu ini memang sangat special dan bukan seperti Yaris pada umumnya. Ya, GR Yaris merupakan mobil dua pintu yang dikembangkan langsung oleh divisi balap Toyota Jepang, yaitu Gazoo Racing.

    Sekilas wujud mobil ini tampak biasa saja. Namun jika diperhatikan secara detail, ternyata GR Yaris ini berbeda. Selain merupakan model generasi baru, GR Yaris ini telah dibenamkan spesifikasi sama seperti mobil reli. Maka dari itu Toyota GR Yaris diklaim masuk kategori sport car.

    Toyota GR Yaris Siap Jadi Mobil Langka

    Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris. 

    Jika bicara soal Toyota GR Yaris, mobil ini bakalan jadi mobil langka di pasaran. Bagaimana tidak, GR Yaris ini hanya dibuat sebanyak 25.000 unit di dunia. Adapun alasan GR Yaris muncul dan dijual karena mobil ini dibuat guna memenuhi syarat homologasi untuk mengikuti kejuaran balapan World Rally Championship (WRC).

    Maka dari itu, menurut Direktur Pemasaran, PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy, Toyota GR Yaris untuk pasar Indonesia sendiri jatahnya sangat terbatas, yaitu cuma 126 unit. Konon, dari jumlah tersebut satu unit diantaranya tidak dijual, melainkan milik PT TAM.

    “Bertahap (pengiriman), mulai November dan Desember, mungkin sebagian lagi akan ada di awal tahun,” ungkap saat ditanya kapan akan mulai dikirim ke konsumen.

    OLXer juga harus tahu, untuk mendapatkan Toyota GR Yaris, konsumen harus menunggunya sejak Maret 2021. Adapun cara mendapatkannya tidak mudah. Karena walaupun konsumen memiliki banyak duit, namun belum tentu mendapatkan mobil tersebut.

    Ya, sejak diumumkan pemesanan telah dibuka untuk pembelian GR Yaris, setidaknya lebih dari 500 konsumen telah mendaftar. Bahkan saat melakukan booking, calon konsumen harus menyerahkan sejumlah uang hingga Rp 100 juta.Meski begitu, mereka yang tak mendapatkannya, uang akan dikembalikan.

    “Karena kalau DP kecil, ditakutkan mereka menjadi tidak serius,” ucapnya.

    Tidak hanya sebatas itu, untuk mendapatkan mobil ini perlu keberuntungan, karena harus melalui sistem pengundian secara acak. Kabarnya, para pejabat Toyota di Indonesia yang tergiur akan kehebatan mobil inipun tidak ada yang berhasil mendapatkan mobil tersebut setelah diundi..

    Bukan tak mungkin karena jumlahnya terbatas, maka dikemudian hari mobil ini akan diburu oleh para kolektor mobil di Tanah Air dengan harga yang membengkak.

    Adapun alasan mobil ini banyak digandrungi pecinta otomotif, bisa dikarenakan nilai historis kemunculan Toyota GR Yaris, seperti di bawah ini.

    Lahir dari mobil balap

    Toyota GR Yaris Concept.
    Toyota GR Yaris Rally Concept. (Toyota)

    GR Yaris merupakan produk global yang diproduksi secara terbatas untuk memenuhi syarat homologasi ajang motorsport dunia World Rally Championship (WRC). Salah satunya adalah GR Yaris.

    Disebutkan, jika Toyota GY Yaris dikembangkan menggunakan metode reverse engineering, dimana ketrampilan dan performa dari arena balap diaplikasikan ke produk massal.

    Tidak hanya itu, saat masuk tahap produksi, GR Yaris ternyata dibuat  menggunakan line khusus pabrik Toyota di Motomachi yang dikenal memiliki sejarah panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota.

    Proses perakitan GR Yaris dilakukan oleh anggota tim takumi yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi. Pendekatan baru ini memastikan GR Yaris memiliki built quality yang mengagumkan dan mampu menawarkan pengalaman berkendara menyenangkan.

    Toyota GR Yaris juga memiliki bentuk aerodinamis, bobot ringan dan center of gravity yang rendah. Salah satu yang menonjol adalah pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer pada atap GR Yaris yang mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan dan menurunkan center of gravity.

    Performa Mesin GR Yaris

    Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris dijajal dirfting oleh beberapa pembalap Toyota Indonesia. 

    Untuk jantung pacu Toyota GR Yaris juga tidak sama dengan Yaris biasa. Hal ini bisa dilihat kode mesin G16E-GTS, berkapasitas 1.600 cc, 3 silinder turbocharger yang mampu menghasilkan daya hingga 268 Tk pada 370 Nm.

    Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda atau full time 4WD berkode “GR-FOUR” dan tenaga yang disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan.

    Harga Toyota GR Yaris

    Perlu diketahui, untuk satu mobil Toyota GR Yaris ini setidaknya konsumen harus menyerahkan mahar hingga Rp 850 jutaan.

    “Harga Rp 850 itu yang base. Ada juga full option aksesoris, kira-kira tambah Rp 100 jutaan. Tapi itu terserah ada yang mau beli atau nggak,” ungkap Anton.

    Namun yang perlu digaris bawahi, jika belum puas tampilan GR Yaris, maka konsumen bisa melakukan penambahan aksesoris resmi, dimana jika dijual secara lengkap biaya yang dikeluarkan bisa sekitar Rp 100 juta.

    Aksesoris resmi yang ditawarkan untuk Toyota GR Yaris ini berupa delapan komponen yang bisa dipasang pada bagian eksterior dan interior.

    Untuk eksterior GR Yaris, aksesoris tambahannya bisa berupa front spoiler, side skirt, body stripe, discharge stiker di bumper depan, bumper spoiler, spoiler belakang, dan sport muffler, dan door handle protector.

    Sedangkan di interior penambahan di motif carbon untuk sejumlah panel depan dan samping. Perlu dicatat, meski hanya dua pintu, namun konsumen juga tetap disediakan pilihan tempat duduk di baris kedua.

    Toyota GR Yaris dilengkapi dengan layanan after sales premium. Dimana pelanggan tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan berkala saat akan memilikinya karena otomatis akan mendapatkan benefit program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis ke-6 (maksimal 4 tahun/ 50,000 KM mana yang tercapai lebih dahulu).

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here