Minggu, Juni 26, 2022
More
    BeritaToyota Indonesia Akan Produksi Mobil Hybrid Mulai 2022, Bakal Dieskpor Juga

    Toyota Indonesia Akan Produksi Mobil Hybrid Mulai 2022, Bakal Dieskpor Juga

    Raksasa otomotif Toyota Motor Corporation (TMC) secara resmi mengumumkan rencana besar dalam menggarap Electric Vehicle (EV) atau mobil listrik. 

    Perusahaan asal Jepang ini melakukan ekspansi dalam proyek EV dengan melakukan investasi hingga 2 triliun Yen atau setara Rp 251 triliun hingga tahun 2030 mendatang. 

    Lantas apakah proyek Toyota dengan menciptakan mobil yang lebih ramah lingkungan tersebut juga akan masuk ke Indonesia?

    Menanggapi hal tersebut, Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy ikut mengatakan, line up EV Toyota mengcover global dan Indonesia.

    “Kita menyadari total market mobil listrik ini menggunakan multipath-way. Jadi di luar model mesin biasa, tentu saja kita arahkan ke mobil yang lebih efisien, seperti hybrid, Plug-in Hybrid (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV),” ungkap Anton. 

    Anton menyampaikan, untuk menggarap mobil listrik Toyota Indonesia akan melakukannya dengan lokal produksi pada tahun 2021.

    “Jadi ditunggu tanggal mainnya, trennya kita ikuti global dan sesuai arahan pemerintah. Kita juga mau dapat feedback dari masyarakat atau market produk apa yang cocok untuk market Indonesia,” ucapnya.

    Mobil Hybrid dan Ekspor

    Terkait akan diproduksinya mobil elektrifikasi Toyota secara lokal, menurut Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono kendaraan elektrifikasi pertama yang akan dibuat berupa model Hybrid Electric Vehicle (HEV), dan itu tidak hanya untuk pasar lokal tetapi juga di ekspor.

    “Ekspor model HEV [hybrid electric vehicle] produksi lokal di tahun 2022,” kata Warih.

    Sementara itu, Director Administration, Corporate & External Affairs, Technical Government Affairs PT TMMIN, Bob Azam rencana Toyota dalam menggarap kendaraan elektrifikasi sejalan dengan yang disampaikan pemerintah, yaitu sama-sama ingin menurunkan emisi.

    Lantas bagaimana model apa yang disiapkan Toyota Indonesia?

    “Semua opsi kita siapkan, karena konsumen Toyota itu tersebar dari negara maju sampai berkembang. Sehingga nanti konsumen memilih mana yang memang sesuai preferencenya mereka,” ujar Bob. 

    Menurut Bob, saat ini pemerintah telah membuat kebijakan dimana yang dinilai berkaitan dengan energi yang dimiliki di Indonesia, sehingga dapat  meminimalisir emisi. 

    “Dengan dukungan pemerintah dan stakeholder yang ada, Indonesia bisa jadi pemain utama dalam global supply chain saat nanti transformasi ke elektrifikasi,” jelasnya.

    “Tahun depan kita creating demand dan kita sudah mulai siapkan SDM kita. Toyota sudah bekerjasama dengan beberapa tujuh universitas untuk melakukan riset evaluasi terhadap teknologi kendaraan baterai kemudian teknologi elektrifikasi. Yang lain, harapannya SDM bisa siap,” tutupnya.

    Toyota Kijang Hybrid?

    Banyak yang menyebut, mobil hybrid buatan TMMIN adalah Toyota Kijang. Ini tak lain karena mobil MPV tersebut memang tidak hanya dijual di pasar domestik tapi juga ekspor ke sejumlah negara. 

    Baca juga  Sigra Masih Kuasai Penjualan Total Daihatsu Meski Facelift-nya Belum Meluncur

    Adapun beberapa mobil hybrid Toyota yang dipasarkan di Indonesia saat ini adalah C-HR hybrid, Camry hybrid, Corolla Altis hybrid

    Nah, menurut OXers kira-kira mobil apa yah?OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here