Senin, Agustus 8, 2022
More
    MobilToyota Kijang Innova Diesel Mobil Tangguh Nggak Bikin Nyesel

    Toyota Kijang Innova Diesel Mobil Tangguh Nggak Bikin Nyesel

    Salah satu mobil keluarga yang dikenal tangguh di Indonesia adalah Toyota Kijang Innova diesel. 

    Selain nama besar Toyota dan model Kijang Innova, mobil dengan kapasitas tujuh orang penumpang ini turut disematkan mesin diesel yang dikenal bandel.

    Bahkan banyak yang menyebut, mobil bermesin diesel lebih bertenaga, namun bahan bakar justru lebih irit.

    Nah, OLXers mau tau lebih jauh soal Toyota Kijang Innova diesel, lihat ulasannya di bawah ini.

    Sejarah Toyota Kijang Innova Diesel

    Sekilas soal Toyota Kijang Innova, mobil ini diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2004 sebagai penerus Toyota Kijang Kapsul.

    Saat pertama diluncurkan, Toyota Kijang Innova langsung menawarkan pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel. 

    Nah untuk Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama, mobil ini dilengkapi mesin 2KD-FTV D-4D Direct Injection 4 Stroke, Diesel Turbocharger Common Rail berkapasitas 2.5 liter.

    Dengan mesin tersebut, tenaga yang dimuntahkan mencapai 101 DK dan torsi 200 Nm.

    Sedangkan untuk generasi kedua Toyota Kijang Innova diesel sudah mengusung mesin 2GD-FTV dengan kapasitas jadi 2.4 liter 4-cylinder 16 Valve DOHC.

    Meski kapasitas mesin jadi downgrade, bukan berarti tenaga dan torsi jadi ikut merosot.

    Sebab sebaliknya daya mobil ini naik menjadi 147 Tk pada putaran 3.400 rpm dan torsi 349-367 Nm pada putaran 1.200-2.600 rpm.

    Kekuatan dari mesin diesel Toyota Kijang Innova disebut berkat penggunaan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dan intercooler.

    Sebaliknya untuk mesin bensin kapasitas dan dayanya lebih kecil, yaitu mesin 2.0 liter, TR-FE 4 cylinder In-LIne, 16 Valve DOHC With Dual VVT-I, yang menghasilkan daya 137 Tk dan torsi 183 Nm.

    Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Diesel

    Dengan tenaga dan torsi yang ditawarkan Toyota Kijang Innova diesel, berdasarkan sejumlah sumber konsumsi bahan bakarnya bisa di atas 11 km per liter untuk jarak di dalam kota.

    Sedangkan untuk perjalanan jarak jauh melalui jalan bebas hambatan, maka bisa 15-18 km per liter. 

    Kendati demikian, untuk masalah seberapa irit konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Diesel pada dasarnya tidak bisa disalahkan dari mobilnya. 

    Sebaliknya, si pengemudi juga harus ahli dan tahu cara-cara mengemudi yang baik dan benar agar dapat lebih ramah lingkungan.

    Biaya Service Toyota Kijang Innova Diesel

    Apabila OLXers membeli mobil Toyota Kijang Innova diesel, jangan lupa untuk melakukan perawatan seperti service berkala.

    Berdasarkan keterangan di dealer Tunas Toyota, untuk biaya servis 10.000-100.000 Km perawatannnya masi secara berkala sesuai buku panduan. 

    Umumnya, servis dianjurkan saat berada di kelipatan interval 10.000 kilometer. 

    Yang pasti, untuk harga dapat berubah sewaktu-waktu. Kali ini simulasi akan diterapkan pada Toyota Kijang Innova diesel lansiran 2021

    Biaya servis 10.000 Km, 50.000 Km, dan 70.000 Km 

    Pada jarak tempuh 10.000 km, 50.000 km, dan 70.000 km akan dilakukan pemeriksaan mesin disertai dengan penggantian oli, gasket oli, filter oli, serta balance timah. 

    Biaya yang dikenakan berupa penggantian komponen sebesar Rp 1.498.500 yang terdiri atas Rp 715.000 untuk biaya jasa dan Rp 783.000 untuk biaya komponen.

    Biaya Servis 20.000 Km dan 100.000 Km 

    Tepat di 20.000 km dan 100.000 km, komponen yang diganti sama dengan jarak tempuh kilometer di poin sebelumnya yaitu oli, gasket oli, filter oli, dan balance timah. 

    Total biaya yang perlu dikeluarkan sebesar Rp 1.613.700 yang terdiri atas Rp 830.000 untuk biaya jasa dan Rp 783.000 untuk biaya komponen.

    Biaya servis 30.000 Km 

    Sampai pada 30.000 km, dilakukan perawatan Innova Diesel meliputi ganti oli, gasket oli, filter oli, filter udara, dan juga balance timah. 

    Untuk soal yang harus dipersiapkan sebesar Rp 1.719.500.

    Biaya servis 40.000 Km

    Servis berkala di 40.000 km akan dilakukan penggantian komponen seperti oli, gasket oli, minyak rem, balance timah, oli transmisi, gasket plug gear, dan differential oil dengan total biaya Rp 2.119.800.

    Biaya servis 60.000 Km

    Di interval 60.000 km sama seperti saat melakukan perawatan di 30.000 km, dengan tambahan biaya jasa penggantian komponen.

    Adapun total biayanya menjadi Rp 1.974.000 yang terdiri atas Rp 830.000 untuk biaya jasa dan Rp1.144.000 untuk biaya komponen.

    Biaya servis 80.000 Km

    Pada jarak tempuh 80.000 km, perawatannya kurang lebih sama seperti di interval jarak 40.000 km. 

    Namun, ada tambahan biaya jasa penggantian komponen mobil dan totalnya menjadi Rp 2.226.000 yang terdiri atas Rp 916.000 untuk biaya jasa dan Rp 1.310.000 untuk biaya komponen.

    Biaya servis 90.000 Km

    Sampai di 90.000 km, dilakukan servis yang sama dengan interval ke 30.000 km dan dengan penambahan biaya jasa penggantian.

    Untuk total biaya yang harus dikeluarkan Rp 1.859.000 yang terdiri atas Rp 715.000 untuk biaya jasa dan Rp 1.144.000 untuk biaya komponen.

    Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

    Jika hendak membeli mobil bermesin diesel, sebenarnya sama saja dengan mesin bensin. Hanya saja yang paling perlu diperhatikan yaitu:

    Pertama, kerja mesin diesel terbilang ekstrem karena rasio kompresi lebih tinggi. Belum lagi penggunaan turbo membuat suhu dan tekanan jadi tinggi di dalam ruang mesin.

    Maka dari itu, pastikan kondisi oli yang sesuai dan direkomendasikan pabrikan. Jangan asal-asalan.

    Kedua, BBM diesel yang digunakan harus sesuai yang dianjurkan pabrikan, dimana kualitasnya harus sesuai jangan karena murah apalagi memiliki kandungan sulfur yang rendah dan kadar cetane tinggi membuat mesin dapat bekerja optimal.

    Sebaliknya, jika kandungan sulfur tinggi akan membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu, performa mesin turun, dan mengurangi usia mesin. 

    Apalagi jika mesin diesel menggunakan sistem common rail yang menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dengan injektor bertekanan ekstra tinggi yang dikontrol secara elektronik.

    Selain itu sesuai perkembangan zaman, mesin diesel modern sangat disarankan menggunakan kualitas solar yang berkualitas. 

    Ketiga, rajin membersihkan filter udara karena dapat menyaring udara yang dimasukkan ke dalam ruang bakar. 

    Udara yang bersih bisa membuat performa mesin terjaga dan penggunaan bahan bakar lebih efisien. Selain itu, tentunya mereduksi timbulnya kerak di komponen bergerak.

    Keempat, water sedimenter, dimana komponen ini berfungsi menangkap kandungan air pada saluran BBM agar tidak ikut mengalir ke sistem bahan bakar, sehingga tidak mengganggu kinerja mesin dan menjaga dari risiko berkarat. 

    Sebaiknya segera kuras water sedimenter ketika lampu indikator di panel instrumen menyala karena air sudah penuh.

    Kelima, OLXers yang juga memiliki mobil mesin diesel sebaiknya rajin memanaskan mesin sekitar dua menit untuk memastikan pelumas sudah bergerak merata guna melumasi seluruh komponen mesin.

    Keenam, Selanjutnya rajin untuk mengganti dan jangan sampai lupa melakukan service berkala secara rutin. Disarankan lakukan di bengkel resmi sesuai dengan ketentuan pada buku manual kendaraan. 

    Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Toyota Kijang Innova mesin diesel bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Toyota Kijang Innova mesin diesel bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Toyota Kijang Innova mesin diesel bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Tips Membeli Mobil Diesel Bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers berniat membeli mobil diesel bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Harga Toyota Kijang Innova Diesel Bekas

    Toyota Kijang Innova diesel sebenarnya hadir dalam empat varian, yaitu G M/T dan G A/T, kemudian V A/T dan V M/T. 

    Nah, untuk harga terbaru per April 2022, Toyota Kijang Innova diesel dibanderol  mulai dari Rp 378,4 juta sampai Rp 453,7 juta. Harga ini On the Road DKI Jakarta.

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Tentu saja beragam karena tergantung kondisi mobil, odometer, hingga tahun produksinya.

    Bahkan di OLX Autos ada Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama mulai dari Rp 142 juta sampai Rp 245 jutaan.

    Sedangkan generasi kedua Toyota Kijang Innova diesel antara 2016-sekarang harganya mulai dari Rp 310 juta sampai Rp 435 juta.

    Mau lihat daftar Toyota Kijang Innova diesel bekas di OLX Autos.

    Mau tahu wujud  bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here