Kamis, Mei 26, 2022
More
    MobilMobil BekasToyota Kijang Innova, Mobil Keluarga Standar Kaum Mapan

    Toyota Kijang Innova, Mobil Keluarga Standar Kaum Mapan

    Nama Toyota Kijang Innova memang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan, mobil yang diproduksi secara lokal ini turut dipasarkan ke sejumlah negara di dunia.

    Di Indonesia, Toyota Kijang Innova masuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas yang cukup lapang karena mampu menampung 7-8 delapan orang penumpang.

    Nah, kabin lega ini tak lepas dari ukuran yang memiliki Panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm.

    Toyota Kijang Innova MPV Standar Kaum Mapan

    Toyota Kijang Innova
    Ilustrasi seorang sales menawarkan Toyota Kijang kepada konsumen. (Dok: Auto2000)

    Bicara soal Toyota Kijang Innova, mobil ini disebut-sebut sudah naik derajat. Pasalnya, saat pertama kali hadir di tahun 70’an, mobil ini bukanlah sebuah MPV, melainkan mobil niaga atau berjenis pikap.

    Namun kini tak sedikit yang menyatakan, Toyota Kijang Innova merupakan sosok mobil MPV yang jadi standar untuk dimiliki oleh kaum mapan.

    Sebutan sebagai mobil MPV untuk orang mapan ini, tak lepas dari fitur-fitur dan teknologi yang sudah lebih canggih serta modern. Beda dengan sebelumnya.

    Ya, kemunculan Toyota Kijang, lahir pertama kali dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV) pada 1977. Saat itu, mobil ini meluncur dengan bentuk kotak.

    Bahkan dengan bentuknya yang kaku, mobil ini bukan untuk angkut penumpang seperti sekarang, melainkan kendaraan niaga sejenis pickup untuk angkut barang.

    Oia, Toyota Kijang juga punya beberapa julukan, mulai dari Kijang Buaya (tahun 70-80’an), Kijang Doyok (80-90’an), hingga Kijang Kapsul (tahun 90-2000’an awal).

    Lalu kenapa bisa ada nama Toyota Kijang Innova?

    Nah, nama Toyota Kijang dengan tambahan kata ‘Innova’ sebenarnya baru muncul pada tahun 2004. Dimana nama Innova diambil dari bahasa Inggris yaitu Innovation.

    Adapun nama Kijang dihilangkan, dan hanya disebut Toyota Innova, disebtukan alasannya, karena mobil tersebut sudah mulai go international alias di ekspor ke sejumlah negara.

    Seiring perkembangan waktu, Toyota Innova pun jadi naik derajat. Apalagi, setelah muncul Toyota Avanza, dan program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

    Dengan kata lain, posisi Toyota Kijang Innova berada di atas Toyota Avanza dan mobil LCGC seperti Agya maupun Calya. Tak heran, jika mereka kaum berduit ingin punya mobil MPV, minimal mereka memilih Toyota Kijang Innova.

    Selain paket lengkap, Kijang Innova juga dianggap sudah memiliki durability cukup kuat.

    Harga Toyota Kijang Innova Terbaru

    Toyota Kijang Innova
    Ffitur Toyota Kijang Innova TRD Sportivo yang cukup berguna di kala pandemi Covid19 yaitu Integrated Air Purifier (Car Ionizer).

    Jika OLXers penasaran atau memang sedang mencari Toyota Kijang Innova terbaru, berikut ini daftar harganya per Februari 2022.

    Toyota Kijang InnovaHarga
    2.0 G M/T BensinRp 355 juta
    2.0 G M/T Lux BensinRp 359,8 juta
    2.0 G A/T BensinRp 375,7 juta
    2.0 G A/T Lux BensinRp 382,1 juta
    2.0 V M/T BensinRp 407,8 juta
    2.0 V M/T Lux BensinRp 413,95 juta
    2.0 V A/T BensinRp 428,1 juta
    2.0 V A/T Lux BensinRp 434,25 juta
    2.0 Venturer A/T BensinRp 479,3 juta
    2.4 G M/T DieselRp 375,4 juta
    2.4 G A/T DieselRp 396,6 juta
    2.4 V M/T DieselRp 430,4 juta
    2.4 V A/T DieselRp 450,1 juta
    2.4 Venturer A/T DieselRp 504,9 juta

    Harga Bekas

    Jika OLXers masih merasa mobil Toyota Kijang Innova masih terasa menguras kantong. Maka tidak ada salahnya jika memilih alternatifnya dengan status bekas.

    Pasalnya, harga Toyota Kijang Innova bekas harganya cukup menarik. Seperti di platform jual beli mobil bekas OLX, harga Toyota Kijang Innova cukup beragam.

    Untuk Toyota Kijang Innova generasi pertama antara 2004 sampai 2008, harganya sangat beragam mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 180 jutaan.

    Sedangkan untuk Toyota Kijang Innova facelift lansiran 2009-2015, harganya dilepas mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 265 jutaan.

    Sementara itu, Toyota Kijang Innova Reborn tahun produksi 2015 sampai sekarang dijual mulai dari Rp 190 juta sampai Rp 490 jutaan.

    Ketahui Saat Membeli Toyota Kijang Innova Bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers memang berniat membeli mobil Toyota Kijang Innova bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Baca juga  Honda Jazz Sudah di Stop Produksi di Indonesia, Harga Bekasnya Rp 100 Jutaan?

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil Toyota Kijang Innova bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil Toyota Kijang Innova bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Bekas Berkualitas

    Toyota Kijang Innova V bensin 2018. (Gede Widiastra)

    Jika OLXers ingin membeli mobil Toyota Kijang Innova bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Toyota Kijang Innova bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Toyota Kijang Innova bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Mau lihat wujud Toyota Kijang Innova bisa klik di OLX Autos.

    Atau, mau lihat sekilas ulasan Toyota Kijang Innova Grade A, lihat videonya di bawah ini.

    Sejarah Toyota Kijang

    Toyota Kijang Buaya dan  Kijang Innova
    Toyota Kijang Buaya dan Kijang Innova.

    OLXer sendiri tau nggak sih kenapa disebut Toyota Kijang? Mungkin yang ada dibenak selama, nama Kijang diambil dari nama hewan liar berkaki empat yang mampu berlari kencang dan lincah. 

    Tentu saja tidak salah jika berpikir hal tersebut. Karena Toyota Kijang juga dikenal bandel.

    Akan tetapi, nama Kijang merupakan singkatan dari ‘Kerjasama Indonesia dan Jepang’. Bahkan pemberian nama Kijang sendiri dicetuskan oleh Jusuf Kalla.

    Ya, JK (sapaan Jusuf Kalla) di era 70-an bukan menjabat sebagai wakil presiden, melainkan masih sebagai Direktur Utama Grup Usaha PT Hadji Kalla.

    Toyota Kijang diluncurkan pada Pekan Raya Jakarta 1977 dengan disaksikan oleh Presiden RI, Soeharto, dan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. 

    Saat pertama kali meluncur, Toyota Kijang diragukan diterma pasar karena bentuknya pickup. Pasalnya, pada era 70-80’an, mobil keluarga seperti minibus dan sedan sudah cukup populer. 

    Lain halnya dengan Toyota Kijang, kemunculannya hanya digunakan masyarakat mengangkut barang dan membawa sayur mayur, buah-buahan serta barang-barang lainnya di bak belakang.

    Toyota Kijang Bertransformasi

    Beberapa tahun setelah meluncur, pamor Toyota Kijang semakin menanjak. Hal ini dibuktikan pada 1982, muncul Toyota Kijang yang dilengkapi kabin tertutup.

    Nah, dengan adanya kabin tertup, mobil ini dianggap lebih presisi, termasuk dilengkapi pintu, atap, hingga jendela. 

    Lucunya lagi, Toyota Kijang generasi kedua ini akrab disebut sebagai ‘Kijang Doyok’, yang diambil dari nama sebuah serial kartun bertokoh Doyok pada harian Pos Kota.

    Lalu kenapa disebut Kijang Doyok? Konon hal ini dikarenakan raut wajah karakter Doyok yang mancung pada bagian bibir dan gigi mirip dengan tampang Toyota Kijang. 

    Toyota Kijang pun hadir dengan generasi ketiga pada 1986-1996. Perubahan yang paling mencolok terlihat dari desainnya yang melengkung, sehingga lebih modern di masa itu. 

    Pada 1997 muncul lagi Toyota Kijang Kapsul. Bentuk Toyota berubah total, tidak lagi persegi, melainkan jadi lebih melengkung desain dan sudutnya.

    Dimasa itu, tentu saja mobil ini cukup modern dari model sebelumnya. Tak sedikit pula model yang satu ini dikenal dengan sebutan ‘Kijang Baru’.

    Masuk di 2004, Toyota akhirnya merilis generasi kelima dan disebut Toyota Kijang Innova untuk pasar domestik dan Toyota Innova untuk pasar ekspor.

    Bentuk mobil ini jadi jauh lebih modern dan futuristik lagi OLXer.

    Nah, setelah lama tak muncul model baru, pada 2015 hadirlah generasi keenam Toyota Kijang Innova dengan ubahan yang lebih menarik lagi.

    Kemudian pada tahun 2021, Toyota Kijang Innova hadir dengan edisi terbatas, karena memperingati 50 Toyota di Indonesia. Jumlah mobil inipun terbatas, yaitu cuma 50 unit.

    Hingga saat ini, Toyota Kijang Innova yang digarap di Indonesia diekspor ke sejumlah negara, baik di Asia Tenggara, Asia, Timur Tengah, Afrika, sampai Amerika Latin.

    Mau cari Toyota Kijang Innova bekas, kunjungi di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here