Selasa, April 23, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriToyota Luncurkan Fortuner Baru di Indonesia, Ini Perubahan dan Harganya

    Toyota Luncurkan Fortuner Baru di Indonesia, Ini Perubahan dan Harganya

    PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia secara resmi meluncurkan New Toyota Fortuner. Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) mengalami penyegaran ringan pada bagian eksterior, interior, dan penambahan fitur yang lebih lengkap.

    Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto,  dengan berbagai improvement, DNA New Fortuner tampil lebih kuat dan semakin nyaman dan desain eksterior memberikan kesan yang lebih tangguh dan prestisius.

    “New Fortuner memperoleh sentuhan dari segi desain untuk memperlihatkan sisi ketangguhan dan kemewahan SUV gagah,” ungkap Henry saat peluncurannya melalui video conference, Kamis (15/10/2020).

    Nah, OLXer mai tahu apa saja yang terlihat baru dari New Toyota Fortuner? Berikut ulasannya:

    Eksterior

    New Toyota Fortuner.
    New Toyota Fortuner. (Toyota)

    ­Ubahan ringan pada eksterior sangat terasa pada grill dan garnish pada lampu LED yang dibuat lebih besar dengan desain baru. Adapun penyegaran pada bagian wajah seperti New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp.

    New Toyota Fortuner versi TRD Sportivo juga turut mengalami ubahan. Hanya saja yang menjadi pembeda yaitu berupa garnish chrome berkelir dark.

    Pada bagian samping, perubahan terlihat pada aplikasi velg alloy 18 inchi baru, sehingga terkesan tangguh dan mewah di tipe TRD Sportivo. Outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

    Untuk bagian belakang, perubahan terlihat dengan adanya New LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Bumper belakang tipe TRD Sportivo memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan warna chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo.

    Interior

    New Toyota Fortuner
    New Toyota Fortuner  (Toyota)

    New Toyota Fortuner tak hanya tangguh, namun penyegaran yang dilakukan membuat mobil berkapasitas tujuh orang penumpang tersebut terkesan mewah pada bagian kabin. Hal ini terlihat pada bahan kulit berkelir hitam untuk jok, kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey.

    Sentuhan premium dan presisi terdeteksi pada New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.  

    Fitur

    Tidak hanya mewah, New Fortuner dilengkapi pula dengan fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel. Fitur ini diklaim mampu memanjakan penumpang dan menjadi yang pertama di segmen High SUV.

    Selain itu, beberapa fitur lainnya pada New Toyota Fortuner yaitu Head unit with 9 Inch Screen Display memiliki fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fitur NFC dan Smartphone Connection. 

    Front Seat Power Adjuster untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis, Rear Seat Entertainment with Illumination, dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari. Semua pembaruan tersebut tersedia di model SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo, sementara spion anti silau untuk semua model.

    Yang tak kalah menarik dari New Toyota Fortuner yaitu hadirnya fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis yang sebelumnya ada di tipe TRD Sportivo, sekarang sudah dimanfaatkan juga oleh tipe VRZ dan SRZ.

    Fitur lainnya yang ada pada mobil ini antara lain Surround Monitor tidak hanya dapat membantu ketika parkir saja, tapi juga menghadirkan beberapa fitur yaitu Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner.

    Seluruh fitur tersebut akan memberikan peringatan dini pada pengemudi ketika mobil tidak dalam posisi aman saat menggunakan Surround Monitor.

    New Fortuner juga menyematkan safety feature baik untuk model 4×2 maupun 4×4 yang sangat mumpuni di medan off-road. Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pengendalian di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat. 

    Selain itu ada juga fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model. Tipe VRZ 4×4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4×4 dan G 4×4.

    Mesin

    Untuk jantung pacunya, New Toyota Fortuner masih sama, seperti mesin bensin 2TR-FE 4 Silinder segaris, berkapasitas 2,694cc yang menghasilkan daya 160 Tk pada 3.400 Nm dan torsi 24,7 kgm pada 4.000 rpm. Serta mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 147 Tk dan torsi 40.8 kgm serta sudah memperoleh sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air  di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat.

    Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

    Harga

    Menyoal harga, berikut daftar New Toyota Fortuner dengan status on the road Jakarta:

    • 4×2 2.4 G M/T DSL: Rp 504.900.000
    • 4×2 2.4 G A/T DSL: Rp 522.600.000
    • 4×2 2.4 VRZ A/T DSL: Rp 553.400.000
    • 4×2 2.4 VRZ A/T DSL TRD: Rp 568.000.000
    • 4×2 2.7 SRZ A/T BSN: Rp 577.400.000
    • 4×2 2.7 SRZ A/T BSN TRD: Rp 592.000.000
    • 4×4 2.4 G A/T DSL: Rp 630.600.000
    • 4×4 2.4 SRZ A/T DSL: Rp 704.500.000.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait