Toyota Pastikan ‘Debut Dunia’ Avanza Generasi Baru Minggu Depan

0
630

News.OLX.co.id – Pasar kendaraan roda empat di penghujung tahun ini bakal dipenuhi dengan model-model baru yang dihadirkan oleh beberapa pabrikan mobil di Tanah Air.

Setelah Honda yang lebih dulu sudah merilis Civic generasi ke-11, kemudian disusul Mitsubishi Motors yang berencana meluncurkan model barunya yang diperkirakan adalah Xpander dan Xpander Cross facelift 2022, ternyata Toyota juga tidak mau ketinggalan.

Undangan via email memastikan bahwa Toyota akan meluncurkan model MPV terlaris di Indonesia, Avanza, satu hari sebelum pelaksanaan pameran otomotif GIIAS 2021.

All New Avanza dan All New Veloz dijadwalkan melakukan word premiere pada hari Rabu, 10 November 2021 secara digital lewat platform Youtube Toyota Indonesia, pukul 14.00 WIB.

Berbeda dengan kembarannya, Daihatsu Xenia, mengalah untuk mundur sehari setelah Avanza.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memilih untuk membuka selubung All New Daihatsu Xenia di GIIAS 2021.

Tampilan “Mobil Sejuta Umat” Berubah Total

Sebagai mobil penumpang paling laris di Indonesia, kehadiran Avanza baru memang paling ditunggu-tunggu. Apalagi rumor yang beredar belakangan, perubahan tersebut benar-benar total.

Kendaraan penumpang yang menyandang status “Mobil Sejuta Umat” ini sudah tidak lagi menggunakan sistem penggerak roda belakang, berganti penggerak roda depan (FWD). 

Kembaran dari Daihatsu Xenia ini juga menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang diklaim Toyota sebagai platform untuk memproduksi kendaraan yang lebih efisien. 

Avanza tetap menawarkan dua tipe mesin, 1NR-VE 1.3-liter yang menawarkan tenaga 97 PS di 6.000 rpm dengan torsi 120 Nm di 4.200 rpm, serta mesin 2NR-VE 1.5-liter yang tenaganya mencapai 104 PS di 6.000 rpm dengan torsi 136 Nm di 4.200 rpm.

Kerennya lagi karena imej Avanza yang dianggap miskin fitur keselamatan dan keamanan, sekarang sudah dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS), terdiri dari fitur Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor, serta Pedal Missoperation Control.   

Sementara bentukannya juga berubah jadi lebih keren. Mulai dari model headlamp yang dibuat lebih ‘sipit’. 

Khusus untuk Veloz, ubahan di generasi terbaru terlihat lebih ekstrim. Desain grill trapezoid dibuat mirip-mirip dengan Corolla Cross, tapi lebih banyak lekukan di area foglamp dan bumper. 

Sejauh ini informasi yang bisa diberikan hanya sejauh itu. Untuk lebih lengkapnya, tunggu saja debut dunia All New Toyota Avanza Rabu minggu depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here