Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruToyota Raize jadi SUV Paling 'Niat' Toyota, Ini Spesifikasi dan Harga Lengkapnya

    Toyota Raize jadi SUV Paling ‘Niat’ Toyota, Ini Spesifikasi dan Harga Lengkapnya

    News.OLX.co.id – Toyota Indonesia secara resmi meluncurkan model terbarunya di segmen Sport Utility Vehicle (SUV), Toyota Raize. Kehadiran model tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM)  melengkapi pilihan di segmen SUV dimana saat ini Toyota sudah punya enam model SUV yang ditawarkan.

    Toyota Raize sekaligus menandai 50 tahun kehadiran merek mobil asal Jepang ini di Indonesia dalam menghadirkan Mobility Happiness for All.

    President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, menyebutkan bahwa kemunculan Toyota Raize akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi Toyota dari automobile company menjadi mobility company.

    “Berbagai usaha untuk menyesuaikan layanan dengan tren dan kebutuhan yang berbeda di setiap lapisan masyarakat, perlu didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang. Kedepannya, sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan total mobility solution, Toyota akan terus memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya produk yang semakin lengkap, namun juga layanan yang variatif,” kata Matsuda.

    Hal yang paling istimewa dari peluncuran Toyota Raize ini adalah karena Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang yang memperkenalkan compact SUV dengan predikat best-selling model di negeri Sakura ini. Raize pertama kali diluncurkan di Jepang pada akhir tahun 2019 lalu.

    Adapun alasan hadirnya Raize di Indonesia karena Toyota melihat bagaimana tren permintaan mobil SUV semakin meningkat dalam kurun tiga tahun terakhir ini. 

    Menurut Henry Tanoto, mobil SUV semakin diminati masyarakat karena dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, serta dianggap stylish, advance, fun to drive.  

    Kontribusi SUV untuk total market nasional maupun di Toyota terus mengalami peningkatan. Tiga tahun lalu, tepatnya di tahun 2017, kontribusi segmen SUV terhadap total penjualan Toyota berada di angka 11,9%, dan di 2020 naik lebih dari dua kali lipat menjadi 25,9%.

    “Kami sangat bersyukur produk–produk SUV Toyota dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan berkontribusi cukup besar terhadap total penjualan Toyota maupun pasar otomotif nasional,” ujar Henry.

    Spesifikasi Toyota Raize

    Spesifikasi dan Harga Toyota Raize

    Melihat dari bentuk serta beragam fitur dan teknologi yang ada di Toyota Raize, boleh dibilang inilah model SUV paling 'niat' yang ditawarkan Toyota kepada konsumen. Tidak ada lagi kesan 'pelit' dalam menjejalkan berbagai fitur serta teknologi terkini ke dalam produk yang akan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor ini bersama produk kembarannya yakni Daihatsu Rocky.

    Itu artinya, Toyota Raize akan menjadi model SUV Toyota yang memang layak untuk dimiliki karena menawarkan hampir semua keunggulan fitur-fitur di mobil mewah dengan harga yang masuk akal. Apalagi Raize termasuk model Toyota yang juga berhak menikmati fasilitas diskon PPnBM, sehingga harganya lebih murah, setidaknya sampai akhir tahun ini.

    Dengan kata lain, Toyota Raize menawarkan value for money yang benar-benar nyata kepada konsumen di Indonesia. 

    Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T yang baru akan dirilis pada semester dua tahun ini juga. 

    Untuk yang menyukai aura SUV yang lebih sporty, pilihannya ada pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Sedangkan untuk varian reguler ada di tipe 1.0T dan sudah tersedia per hari ini, 30 April 2021. 

    “Dealer sudah mulai menerima unit dalam waktu beberapa hari ini. Jadi konsumen yang sudah melakukan pemesanan, unitnya sudah bisa dikirim dalam waktu dekat. SPK secara official juga baru akan masuk ke dalam sistem kami per hari ini,” beber Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM menjawab pertanyaan saat press conference yang berlangsung secara virtual.

    Menyinggung keunggulan Toyota Raize secara keseluruhan, Anton menjelaskan bahwa compact SUV Toyota ini hadir dengan konsep kombinasi “Bold and Active” pada eksterior, “Comfort and Utility” pada bagian interiornya. 

    Dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, Toyota Raize terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

    Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dengan padanan velg 17 inch pada tipe 1.0T.

    Spesifikasi dan Harga Toyota Raize

    Interiornya juga lapang dan dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern yang menawarkan 4 opsi tampilan yang bisa dipilih, yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

    Masih pada bagian interior, hadir advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design yang terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder. 

    Fitur ini bisa berfungsi sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

    Soal keselamatannya juga sudah terbilang sangat lengkap karena memiliki 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA yang ditawarkan di varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. 

    TSS atau Toyota Safety Sense adalah fitur keselamatan yang biasanya diadopsi model di segmen high—premium.

    Sedangkan untuk varian selain 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

    Dimensi 

    Panjang / Overall Length (mm)

    4.03

    Lebar / Overall Width (mm)

    1.71

    Tinggi / Overall Height (mm)

    1.635

    Jarak Sumbu / Wheelbase (mm)

    2.525

    Jarak Pijak Depan / Front Wheel Tread (mm)

    1.475

    Jarak Pijak Belakang / Rear Wheel Tread (mm)

    1.47

    Jarak Terendah / High Ground Clearance (mm)

    200

    Mesin

    Tipe Mesin / Engine Type

    1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i

    Diameter x Langkah / Bore x Stroke

    71.0 x 83.9

    Isi Silinder / Displacement

    998

    Compression Ratio

    9,5 : 1

    Daya Maks. / Max. Power (ps/rpm)

    98 / 6000

    Torsi Maks. / Max. Torque (kgm/rpm)

    14.3 / 2400 – 4000

    Kapasitas Tangki / Fuel Tank Capacity

    36

    Jenis Bahan Bakar / Fuel Type

    Gasoline

    Sistem Bahan Bakar / Fuel System

    Sistem Injeksi Elektronik / Electronic Fuel Injection (EFI)

    Tipe Mesin / Engine Type

    1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i

    Diameter x Langkah / Bore x Stroke

    71.0 x 83.10

    Isi Silinder / Displacement

    999

    Compression Ratio

    9,5 : 2

    Daya Maks. / Max. Power (ps/rpm)

    99 / 6000

    Chassis

    Transmisi / Transmission

    CVT

    Suspensi Depan / Front Suspension

    MacPherson Strut

    Suspensi Belakang / Rear Suspension

    Torsion – Beam

    Sistem Rem Depan / Front Brake System

    15' Ventilated Disc Brake

    Sistem Rem Belakang / Rear Brake System

    Leading – Trailing Drum Brake

    Steering Gear

    Rack & Pinion, Electric Power Steering

    Ukuran Ban / Tire Size

    205/60R17 (Black)

    Fitur Keamanan dan Keselamatan

    Anti-lock Braking System

    With

    Vehicle Stability Control

    WIth

    Hill Start Assist

    With

    Seatbelt Warning

    D + P + RR3

    Alarm + Immobilizer

    With

    Rear Parking Sensor

    With (2 Points)

    Rear Parking Camera

    With

    Airbag

    D + P + S + C

    Pre Collision System

    With

    Adaptive Cruise Control

    With

    Front Departure Alert

    With

    Lane Departure Assist

    With

    Peda Missoperation Control

    With

    Rear Crossing Traffic Alert

    With

    Blind Sport Monitoring

    With

    *Spesifikasi di atas adalah untuk Toyota Raize varian tertinggi, 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS

    Harga Toyota Raize

    Menjadi sebuah keberuntungan bagi konsumen di Tanah Air karena compact SUV baru dengan fitur segudang dari Toyota ini meski baru diluncurkan, tapi sudah bisa mendapatkan insentif PPnBM yang sudah berjalan sejak awal Maret lalu.

    Dengan demikian harga jual Toyota Raize mendapat potongan sehingga harga jualnya saat ini menjadi lebih murah jika dibandingkan harga normalnya.

    Berikut adalah banderol Toyota Raize yang dibagi dua kategori, harga normal dan harga setelah mendapat insentif PPnBM:

    TIPE TOYOTA RAIZE

    HARGA NORMAL

    HARGA INSENTIF PPnBM

    1.0 Turbo G

    Rp 236,8 Juta

    Rp 219,9 Juta

    1.0 Turbo G CVT

    Rp 251,1 Juta

    Rp 233,1 Juta

    1.0 Turbo GR Sport CVT

    Rp 263,2 Juta

    Rp 244,7 Juta

    1.0 Turbo GR Sport TSS CVT

    Rp 283,8 Juta

    Rp 263,7 Juta

     
    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here