Jumat, September 30, 2022
More
    Tak BerkategoriToyota Sienta Terbaru resmi Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Mesin Hybrid

    Toyota Sienta Terbaru resmi Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Mesin Hybrid

    Toyota Sienta generasi tiga dengan sejumlah ubahannya resmi meluncur. Mobil keluarga ini juga sudah menggunakan basis Toyota New Global Architecture (TNGA) golongan B dan pilihan mesin hybrid yang lebih efisien

    Desain Sienta terbaru mengalami perubahan besar dibandingkan versi sebelumnya. Disebutkan tim R&D Toyota ingin memenuhi dan mempertimbangkan semua harapan serta masukan yang diinginkan konsumen Sienta terdahulu.

    “Kesimpulan yang mereka capai adalah mempertahankan panjang kendaraan yang tidak berubah, fitur keselamatan dan keamanan terbaru, penghematan bahan bakar, dan harga terjangkau, serta lebih menyempurnakan ruang kabin ramah pengguna yang dipertahankan dari generasi pertama,” tulis situs Toyota Global.

    Nah, mau tahu seberapa perubahan dari Toyota Sienta generasi terbaru, berikut ulasannya.

    Eksterior

    Toyota Sienta
    Toyota Sienta. (Toyota Global)

    Secara tampilan luar, Toyota Sienta terbaru mempertahankan kaca jendela besar, sehingga memberikan visibilitas baik bagi pengemudi untuk melihat bagian luar.

    Tampak depan juga berubah, jika generasi sebelumnya desain cangkang lampu lancip ke arah dalam, namun untuk model baru ini lebih membulat, lengkap dengan lampu LED dan DRL.

    Desain grill juga ikut berubah, dimana bentuk wajah depan ini seperti mulut yang terbuka lebar, mirip mobil hatchback Toyota Aqua.

    Pada bagian samping, terlihat garis yang tegas, dengan kaca jendela besar, serta pintu geser yang memudahkan penumpang untuk masuk ke dalam. Terlihat juga kaki-kaki menggunakan velg berukuran 15 inc.

    Interior

    Toyota Sienta 2022 interior
    Interior Toyota Sienta terbaru. (Toyota Global)

    Masuk kabin, interior Toyota Sienta terbaru tak bisa disebut sederhana. Tampilannya lebih mewah, ditambah sistem hiburannya menggunakan layar sentuh berukuran 10,2 inch.

    Oia pada bagian dashboard, head unit tersambung dengan AC digital, kemudian tepat di bawahnya terdapat tuas transmisi dengan beberapa tombol.

    Layar instrument sudah digital, sehingga terkesan canggih saat melihat  sejumlah informasi pada bagian tersebut.

    Belum lagi Sienta terbaru disebut banyak kompartemen penyimpanan, cupholder, hingga port USB untuk pengisian daya smartphone atau tablet.

    Disebutkan juga jika kursi baris kedua sengaja didesain ulang agar memberikan ruang kaki dan kepala yang lebih lega. AC double blower di setting ulang agar memberikan sirkulasi yang lebih cepat ke seluruh kabin.

    Fitur canggih

    Toyota Sienta 2022
    Toyota Sienta 2022. (Toyota Global)

    Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur keselamatan yang memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Termasuk Toyota Safety Sense, yang sudah memiliki paket fitur keselamatan yang lengkap dan jadi standar mobil Toyota.

    Selain itu ada juga fitur lainnya seperti  Pre-Collision Safety System, kemudian Proactive Driving Assist yang sangat membantu ketika mobil terlalu dekat dengan pengguna jalan lainnya.

    Ada juga Toyota Teammate yang merupakan teknologi pendukung saat berkendara, termasuk semua sistem operasi di dalamnya, baik kemudi, akselerasi, pengereman, pergantian transmisi, hingga menampilkan bird-eye view untuk menunjukan posisi roda kemudi yang ideal sehingga memudahkan saat parkir.

    Tak hanya itu, Toyota Sienta terbaru juga sudah dilakukan software update yang dapat dilakukan melalui komunikasi nirkabel atau koneksi kabel di dealer.

    Oia, mobil ini juga dilengkapi T-Connect, dimana teknologi ini bagian dari sebuah aplikasi yang terhubung antara mobil dengan operator, sehingga dapat mencari tujuan dan pengaturan rute menggunakan data baru, yang diperoleh dari pusat, peta, hingga informasi kemacetan lalu lintas.

    Performa mesin Toyota Sienta terbaru

    Toyota Sienta 2022 mesin hybrid
    Toyota Sienta 2022 mesin hybrid. (Toyota Global)

    Toyota Sienta terbaru tersedia dua pilihan mesin, yaitu bensin dan hybrid. Untuk jantung pacu mesin bensin M15A-FKS yang disematkan  Dynamic Force Engine berkapasitas 1,5 liter.

    Konfigurasi mesin tersebut menghasilkan daya 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.800-5.200 rpm. Tenaga mesin tersebut dikawinkan melalui transmisi CVT untuk menggerakan roda depan.

    Kedua, Sienta terbaru dilengkapi mesin hybrid, dimana mesin bensin 1.5L M15A-FXE dikombinasikan dengan sistem hybrid seri paralel, sehingga menghasilkan daya 116 PS.

    Di atas kertas, konsumsi bahan bakar untuk mesin bensin mencapai 18,3 km per liter, sedangkan untuk mesin hybrid lebih irit lagi, yaitu 28,8 km per liter.

    Harga Toyota Sienta terbaru

    Peluncuran Toyota Sienta ini secara perdana dilakukan oleh Toyota Motor Corporation pada Selasa malam (23/8/2022). Sedangkan untuk pasar Indonesia belum diketahui kapan akan resmi meluncur.

    Menyoal harga, Toyota Sienta mesin bensin dijual mulai dari 1.95 juta Yen sampai 2,56 juta Yen. Sedangkan untuk mesin hybrid penggerak roda depan dibanderol mulai 2,38 juta Yen sampai 2,91 juta Yen. Sementara mesin hybrid e-Four dilepas mulai dari 2,578 juta Yen sampai 3,108 juta Yen.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here