Jumat, Agustus 19, 2022
More
    BeritaBenarkah Toyota Vios Made in Karawang Distop Produksi?

    Benarkah Toyota Vios Made in Karawang Distop Produksi?

    Sedan entry level Toyota Vios yang digarap di Tanah Air tepatnya oleh pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat,  di Indonesia nampaknya akan dihentikan produksinya.

    Kabar tersebut rupanya mencuat dari tayangan sebuah rekaman video, yang lokasinya di sebuah pabrik, dimana ada satu unit mobil masih dalam bentuk utuh melainkan masih dalam tahap perakitan

    Dalam video tersebut sejumlah pegawai berbaris, dimana barisan paling belakang memegang sebuah kerta, dan ketika diangkat dan disatukan, maka bertuliskan ‘SAYONARA VIOS’.

    Bahkan empat orang pria berbaris sejajar di depan dengan membentangkan seperti spanduk kecil bertuliskan ‘Thank You VIOS’.

    “Terimakasih Vios telah menjadi sejarah sukses di plant dua,” ucap seorang pria seperti video yang diunggah akun Instagram @Mobilgue.

    Menanggapi beredarnya kabar tersebut, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN, Bob Azam ikut angkat bicara.

    “Bersama dengan TAM (Toyota Astra Motor), kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya,” ujar Bob dalam pesan berantai.

    Toyota Vios Made in Indonesia

    Toyota Vios

    Jika melihat data gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sedan Toyota Vios memang diproduksi di Indonesia, dimana sepanjang Januari-Juni 2022, mobil ini sudah dibuat sampai 17.296 unit.

    Di bulan Juni sendiri produksinya paling tinggi mencapai 4.237 unit. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan Mei 2022, yang hanya tercatat 1.485 unit.

    Sedan Toyota Vios yang sudah diproduksi di Indonesia sejak 2013, tidak hanya dipasarkan secara lokal, tapi juga diekspor Brunei Darussalam.

    Dengan kabarnya Toyota Vios di stop produksi ini memunculkan isu lain, dimana sebuah mobil Toyota terbaru akan segera meluncur. Rencananya, peluncuran mobil tersebut dilakukan di Thailand, 9 Agustus 2022 mendatang.

    Spesifikasi

    Disisi lain, Toyota saat ini masih menjual sedan Vios yang terdiri dari tiga varian, yaitu Vios E M/T Rp 293,7 juta, Vios G M/T Rp 311,5 juta dan Vios G CVT Rp 325,7 juta.

    Untuk Toyota Vios tipe E, mobil ini sudah dilengkapi Bold Front Bumper, Cutting Edge Dashboard, dan 7 SRS Airbag.

    Sedangkan untuk tipe G M/T dan G CVT, lebih lengkap selain Bold Front Bumper, Cutting Edge Dashboard, dan 7 SRS Airbag, ada juga Impressive Headlamp, Bold Two-Tone Color Wheel, dan Advanced Audio Device.

    Jika Toyota Vios tipe E menggunakan velg berukuran 15 inci yang dibalut ban 185/65, maka untuk tipe G M/T dan G CVT berukuran 16 inci yang dipasangkan ban 195/50.

    Sedangkan untuk jantung pacu sama, yaitu mesin In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I, berkapasitas 1.496 cc, yang menghasilkan daya 107 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 14,3 kgm pada 4.200 rpm.

    Mau beli mobil Toyota bekas berkualitas, #PilihYangPasti di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here