Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    MobilToyota Voxy Berubah Total, Apa Saja Kelebihannya?

    Toyota Voxy Berubah Total, Apa Saja Kelebihannya?

    PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia secara resmi meluncurkan All New Voxy untuk pasar otomotif nasional.

    Ya, dengan tagline baru, Pleasant Voyage, mobil yang kerap disebut Baby Alphard diklaim telah mengalami banyak perubahan mulai dari desain, fitur, teknologi sampai performa. 

    Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, sejak kehadiran Toyota Voxy pada tahun 2017, mobil ini sudah diterima masyarakat, bahkan penjulan retailnya hingga saat ini mencapai 13 ribu unit

    “Sebagai bentuk apresiasi, kami hadirkan All New Voxy dengan platform, mesin, desain, dan teknologi baru. Kami harap All New Voxy dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen High MPV dan meneruskan perannya sebagai market leader,” ungkap  Henry saat peluncurannya melalui virtual, Kamis (17/2/2022).

    Lantas apa saja yang membuat All New Toyota Voxy ini jadi lebih spesial dibandingkan dengan model terdahulu?

    Perubahan All New Toyota Voxy

    All New Toyota Voxy. (Toyota)

    Eksterior

    All New Voxy memiliki dimensi dengan panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm yang membuat kabinnya menjadi luas dan lapang. 

    Sebagai Boxy MPV, mobil ini juga sudah menggunakan platform TNGA dan didukung wheelbase sepanjang 2.850 mm.

    Nah, secara tampilan luar, All New Toyota Voxy disebut-sebut lebih futuristik dan agresif, namun tetap mempertahankan kesan premium. 

    Adapun perubahan yang paling terasa yaitu seperti New Resilient Front Bumper & Intriguing Grille Design, dimana desain bumper dan grille dibingkai dengan balutan warna chrome dan New Bold Headlamp Design.

    Pada bagian samping, Voxy teranyar ini menggunakan New Stunning berukuran 17 inch Disc Wheel, dan menyerupai desain turbin pesawat dan dibalut kombinasi chrome dengan warna abu-abu. 

    Sementara pada tampak belakang mobil Voxy, ini dilengkapi New Stylish Rear Combination Lamp yang membentang dari kiri ke kanan.

    Interior

    Interior All New Toyota Voxy. (Toyota)

    Dengan dimensi yang disebutkan di atas, maka All New Voxy ini  memiliki kabin jadi lebih legas

    Selain itu, kabin mobil ini juga dapat dibuat rendah dan rata sehingga memudahkan akses keluar-masuk, pergerakan di dalam kabin, dan meningkatkan kenyamanan.

    Oia, jok All New Voxy dapat diatur untuk memberikan jarak antar penumpang, khususnya di baris ke-2 sehingga menjadi lebih lega. 

    Bahkan, ketika kursi baris ke-3 di lipat, kursi baris ke-2 dapat dimundurkan jauh ke belakang untuk ruang duduk yang lebih luas,. Selain itu, bisa juga direbahkan untuk menyatu dengan kursi baris ke-3 sehingga menciptakan layout seperti sofa di rumah.

    Sementara dari segi hiburan, tersedia fitur Refined berukuran 9 inch Head Unit yang terkoneksi dengan Marvelous 11.6 inch Roof Rear Seat Entertainment (RSE).

    Fitur

    All New Voxy dilengkapi dengan beragam fitur baru yang advance. Dalam hal kemudahan berkendara, terdapat fitur New Comprehensive 7 inch TFT LCD MID with Head-Up Display.

    Dengan fitur ini, maka beberapa indikator penting seperti kecepatan tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalan di depan. 

    Lalu fitur Seamless Steering Switch with New TSS button mempermudah pengemudi dapat mengoperasikan beberapa fitur pada All New Voxy tanpa harus melepas setir.

    All New Toyota Voxy juga menghadirkan dua inovasi baru yaitu Dual Sliding Door with New Kick Sensor dan New Dashing Power Back Door with Side Button. 

    Selain itu, ada juga fitur Kick Sensor memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat membuka sliding door saat membawa barang bawaan.

    Ada juga Side Button yang memungkinkan pengguna untuk membuka pintu bagasi dari samping saat berada di area sempit. 

    Mobil ini juga punya fitur Power Back Door yang dapat menyesuaikan bukaannya di area sempit.

    Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan fitur New Wireless Charger dan 6 Practical USB Port, sehingga pengemudi maupun penumpang tidak perlu khawatir untuk mengisi daya baterai smartphone.

    Tak kalah penting, Toyota Voxy kini memiliki fitur New Pleasant Air Purifier, yang fungsinya untuk menyegarkan udara di dalam kabin, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman. 

    Fitur keamanan dan keselamatan 

    All New Toyota Voxy juga punya fitur keamanan dan keselamatan. 

    Nah, fitur-fitur yang dimaksud yaitu New Electric Parking Brake (EPB) and Auto Brake Hold Button (ABH), New Convenient Panoramic View Monitor, dan Complete SRS Airbag. 

    Toyota Voxy juga sudah dilengkapi spion dengan Blind Spot Monitor, serta Heater Function yang dapat menghilangkan embun pada kaca.

    Nah, mobil ini juga sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, dimana fitur unggulannya berupa Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

    Ada beberapa hal baru pada TSS 3.0. Pertama, di TSS 3.0 jarak deteksi ke depan menjadi lebih luas baik ke atas maupun ke bawah, dan ke kanan maupun ke kiri. 

    Selain itu, deteksi ke depan ini juga kini bisa mendeteksi objek bergerak lebih luas, bahkan dengan jarak yang lebih dekat. 

    Kedua improvement ini masuk ke dalam aspek teknis pada radar. Sementara pada LTA, terdapat peningkatan pada teknologi deteksi yang kini sudah menggunakan 3D Recognition, sehingga lebih banyak objek yang dapat terdeteksi seperti mobil yang sedang parkir, pembatas jalan, hingga garis dan marka jalan.

    Sementara pada fitur PCS, juga terdapat peningkatan dimana TSS 3.0 bisa mengurangi kecepatan lebih baik, termasuk pada saat mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda baik saat siang maupun malam hari. 

    Selain itu, PCS di TSS 3.0 dapat mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda yang melintasi jalurnya dari arah yang berlawanan. 

    Bahkan sistem ini juga dapat mendeteksi kendaraan lain dan pengendara sepeda motor yang melintas di persimpangan, yang merupakan yang pertama bagi Toyota.

    Untuk fitur DRCC, terdapat pengaturan jarak baru yaitu 4 stages, yang membuat All New Voxy dapat menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan yang ada di depan. 

    Selain itu terdapat pengaturan kecepatan yang dapat mendeteksi kendaraan kedua yang berada lebih jauh di depan, sehingga dapat menyesuaikan kecepatan lebih dini dan akurat.

    Selain TSS 3.0, All New Voxy juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. 

    T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

    Performa Mesin All New Toyota Voxy

    Mobil ini juga dibekali platform baru yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA), yang didesain untuk dapat meningkatkan kenyamanan dan performa dasar dari sebuah kendaraan.

    Dengan menggunakan platform TNGA, mobil ini jadi lebih aerodinamis, nyaman, visibilitas lebih luas dan efisiensi bahan bakar dan kedap suara di dalam kabin yang lebih baik.

    Selain itu, untuk masalah performa Toyota Voxy ini sudah dibenamkan mesin berkode M20A-FKS, berkapasitas 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC, dan memanfaatkan teknologi Dynamic Force Engine, yang juga digunakan oleh mesin All New Camry berkode F25A-FKS.

    Dengan mesin tersebut, mobil ini menghasilkan daya 170 PS pada 6.600 rpm atau naik 11,8 rpm dari sebelumnya 152 rpm, dan torsi maksimumnya sebesar 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6 rpm dari sebelumnya 19,7 Kgm.

    Oia, mobil ini dilengkapi transmisi otomatis CVT sehingga akan jadi halus dan responsive, da juga fuel efficiency-nya berada di level 15 kilometer/liter. 

    Dengan platform dan mesin baru TNGA 2.0, All New Voxy menjanjikan pengalaman bermobilitas yang lebih nyaman dan effortless.

    Varian dan harga

    All New Toyota Voxy hadir dengan empat pilihan warna yaitu White Pearl, Glitter Black, Sparkling Black Pearl, dan Metal Stream.

    Menyoal harga, All New Toyota Voxy 2.0 CVT dibanderol Rp 558,2 juta dan All New Voxy 2.0 CVT tipe Premium Color Rp 561,2 juta. 

    Mau jual mobil atau beli mobil bekas bisa cek di OLX Autos.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait