Kamis, Juli 7, 2022
More
    MobilToyota Voxy, Mobil Boxy Solusi Alphard Mini

    Toyota Voxy, Mobil Boxy Solusi Alphard Mini

    Toyota Voxy masuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan desain boxy atau kotak ini jadi salah satu produk yang ditawarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk pasar nasional.

    Untuk sebuah mobil MPV, Toyota Voxy cukup mewah dan menarik, mulai dari masalah desain hingga fitur yang dibenamkan.

    Namun karena bentuknya lebih kompak, Toyota Voxy banyak yang menyebutnya sebagai baby Alphard atau Vellfire.

    Nah, mau tahu lebih lengkap soal Toyota Voxy, lihat ulasannya di bawah ini.

    Sejarah Toyota Voxy di Indonesia

    Meski nama Toyota Voxy mencuat mulai tahun 2017, namun faktanya mobil ini sudah ada sejak 2001. Bahkan Voxy punya kembaran yaitu Noah dan Esquire.

    Meski terlihat sama, ketiganya memiliki karakter berbeda, untuk Noah desainnya terasa lebih mewah. Sedangkan Esquire lebih elegan.

    Sementara itu untuk Voxy desainnya dianggap lebih sporty. Kendati demikian, Voxy tetap dibuat memiliki desain lapang.

    Kala itu, Toyota Voxy memang belum dipasarkan di Indonesia. Sebaliknya di Jepang pamor Voxy sudah banyak dikenal masyarakat.

    Kesuksesan Toyota Voxy berlanjut pada generasi keduanya yang hadir pada tahun 2007 dengan sejumlah perubahan dan penggunaan fitur-fitur fungsional.

    Toyota Voxy masuk ke Indonesia (2014)

    Selang tujuh tahun dari peluncuran Toyota voxy pada tahun 2007, mobil ini akhirnya kembali hadir dengan perubahan menyeluruh atau all new.

    Ya, pada tahun 2014 Toyota Voxy generasi ketiga meluncur dengan memperhatikan desain kotak.

    Lalu apakah di tahun ini Toyota Voxy turut diluncurkan di Tanah Air?

    Tidak, sebelum generasi ketiga hadir di Indonesia, PT TAM terlebih dahulu mendatangkan Toyota Nav1. Mobil ini desainnya sama seperti Voxy yang mengkotak.

    Awal mula Toyota Nav1 meluncur, nyatanya mendapatkan sambutan hangat. Akan tetapi, pada semester kedua tahun 2017, TAM tak lagi menjual Nav1, dan menawarkan Toyota Voxy.

    Ya, diluncurkannya Toyota Voxy di Indonesia berbarengan dengan dirilisnya model facelift dari Voxy generasi ketiga secara global.

    Secara dimensi, Voxy memiliki dimensi dengan panjang 4.710 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta wheelbase 2.850 mm dan ground clearance 165 mm.

    Toyota Voxy generasi pertama untuk pasar Indonesia ini sudah dilengkapi Twin Moon Roof, Cruise Control, Sun Shade serta Front and Rear Auto AC dan Eco Mode.

    Penumpang baris kedua mendapat moonroof yang lebih besar dan dapat dibuka-tutup secara otomatis.

    Sejumlah fitur keamanan canggih juga disematkan, seperti 7-airbags Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), dan Hill Start Assist (HSA).

    Untuk jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin 3ZR-FAE berkapasitas 2.000 cc, yang mampu menghasilkan daya  152 PS pada 6.100 dan torsi 19,7 Kgm pada 3.800 rpm.

    Toyota Voxy generasi kedua (keempat global) 2022

    All New toyota Voxy
    All New toyota Voxy. (Toyota)

    Tepat pada hari kamis, 17 Februari 2022 All New Toyota Voxy resmi diluncurkan di Indonesia dengan berbagai perubahan baik eksterior, interior, fitur dan performa mesin.

    Eksterior

    All New Toyota Voxy yang sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), sehingga mengalami ubahan secara dimensi, seperti panjang menjadi 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm.

    Mobil ini terasa berbeda dari model sebelumnya, berkat adanya New Resilient Front Bumper & Intriguing Grille Design, dimana desain bumper dan grille dibingkai dengan balutan warna chrome dan New Bold Headlamp Design.

    Pada bagian samping, Voxy sudah menggunakan Stunning berukuran 17 inch Disc Wheel. Sementara bagian belakang dilengkapi New Stylish Rear Combination Lamp yang membentang dari kiri ke kanan.

    Interior

    Toyota Voxy
    All new Toyota Voxy. (Toyota)

    Masuk ke dalam kabin, All New Toyota Voxy memiliki jok yang dapat diatur untuk memberikan jarak antar penumpang, khususnya di baris ke-2 agar lebih lega. 

    Ketika kursi baris ke-3 di lipat, kursi baris ke-2 dapat dimundurkan jauh ke belakang untuk ruang duduk yang lebih luas.

    Selain itu, bisa juga direbahkan untuk menyatu dengan kursi baris ke-3 sehingga menciptakan layout seperti sofa di rumah.

    Sementara dari segi hiburan, tersedia fitur Refined berukuran 9 inch Head Unit yang terkoneksi dengan Marvelous 11.6 inch Roof Rear Seat Entertainment (RSE).

    Fitur

    All New Toyota Voxy dilengkapi berbagai fitur seperti Comprehensive 7 inch TFT LCD MID with Head-Up Display, kemudian ada juga Seamless Steering Switch with New TSS button.

    Tak hanya itu, Toyota Voxy terbaru ini menghadirkan dua inovasi baru yaitu Dual Sliding Door with New Kick Sensor dan New Dashing Power Back Door with Side Button. 

    Kemudian ada juga fitur Kick Sensor, Side Button hingga Power Back Door yang dapat menyesuaikan bukaannya di area sempit.

    Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan fitur New Wireless Charger dan 6 Practical USB Port, sehingga pengemudi maupun penumpang tidak perlu khawatir untuk mengisi daya baterai smartphone.

    Baca juga  Harga Mobil Toyota Innova Venturer Bekas, Si Kasta Tertinggi dari Keluarga Kijang

    Toyota Voxy juga sudah dibenamkan fitur New Pleasant Air Purifier, yang fungsinya untuk menyegarkan udara di dalam kabin, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman. 

    Fitur keamanan dan keselamatan 

    All New Toyota Voxy juga punya fitur keamanan dan keselamatan, seperti New Electric Parking Brake (EPB) and Auto Brake Hold Button (ABH), New Convenient Panoramic View Monitor, dan Complete SRS Airbag. 

    Toyota Voxy juga sudah dilengkapi spion dengan Blind Spot Monitor, serta Heater Function yang dapat menghilangkan embun pada kaca.

    Oia, mobil ini juga sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, dimana fitur unggulannya berupa Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

    Untuk fitur DRCC, terdapat pengaturan jarak baru yaitu 4 stages, yang membuat All New Voxy dapat menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan yang ada di depan. 

    Selain itu terdapat pengaturan kecepatan yang dapat mendeteksi kendaraan kedua yang berada lebih jauh di depan, sehingga dapat menyesuaikan kecepatan lebih dini dan akurat.

    All New Voxy juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch, dimana fitur ini dapat menghubungkan pengguna ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

    Performa Mesin All New Toyota Voxy

    Toyota Voxy terbaru sudah dilengkapi platform baru yaitu TNGA yang didesain dapat meningkatkan kenyamanan dan performa dasar dari sebuah kendaraan.

    Dengan menggunakan platform TNGA, mobil ini diklaim lebih aerodinamis, nyaman, visibilitas lebih luas dan efisiensi bahan bakar dan kedap suara di dalam kabin yang lebih baik.

    Untuk jantung pacu, Toyota Voxy memiliki teknologi Dynamic Force Engine yang kemudian dibenamkan mesin berkode M20A-FKS, berkapasitas 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC.

    Dengan mesin tersebut, mobil ini menghasilkan daya 170 PS pada 6.600 rpm atau naik 11,8 rpm dari sebelumnya 152 rpm, dan torsi 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6 rpm dari sebelumnya 19,7 Kgm.

    Oia, mobil ini dilengkapi transmisi otomatis CVT sehingga akan jadi halus dan responsive, da juga fuel efficiency-nya berada di level 15 kilometer/liter. 

    Dengan platform dan mesin baru TNGA 2.0, All New Voxy menjanjikan pengalaman bermobilitas yang lebih nyaman dan effortless.

    Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Toyota Voxy bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Toyota Voxy bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan di sejumlah titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Toyota Voxy bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan selama 18 bulan.

    Tips Membeli Mobil Bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers berniat membeli mobil bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Harga Toyota Voxy Bekas

    Menyoal harga, saat ini Toyota Voxy terbaru dengan status On The Road DKI Jakarta dijual dengan satu varian yaitu 2.0 CVT Rp 562,7 juta.

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Di OLX Autos mobil Toyota Voxy untuk tahun produksi 2018 dibanderol Rp 383 jutaan.

    Mau mencari Toyota Voxy bekas di OLX Autos bisa lihat di sini.

    Mau tahu wujudnya bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here