Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriTransaksi Mobil Bekas OLX Autos Melampaui US$1 Miliar

    Transaksi Mobil Bekas OLX Autos Melampaui US$1 Miliar

    News.OLX.co.id – OLX Group, jaringan platform perdagangan global terkemuka, pada Senin (23/8), mengumumkan bahwa transaksi mobil bekas di OLX Autos telah melampaui US$1 miliar, sejak pertama kali hadir pada Januari 2020. Adapun, OLX Autos merupakan pemimpin inovasi di pasar mobil bekas di 10 negara di Asia dan Amerika. 

    Setiap bulannya, sekitar setengah juta mobil terdaftar untuk dijual oleh konsumen dan dealer di platform iklan baris OLX Autos di India, Indonesia, dan Amerika Latin. Pertumbuhan yang cepat ini terjadi seiring dengan adanya solusi layanan offline dan online terintegrasi yang ditawarkan OLX Autos kepada penjual, pembeli, dan juga dealer. 

    Melalui OLX Autos, penjual mobil akan mendapatkan keuntungan dari akses penilaian gratis melalui proses inspeksi mobil, baik itu lewat home inspection atau di 450+ inspection center resmi OLX Autos. Setelah itu, mobil penjual akan mendapatkan penawaran yang sesuai dengan harga pasar secara realtime. Kemudian, sebagai perusahaan yang menawarkan layanan penjualan terpercaya, OLX Autos memberikan jaminan pembayaran langsung setelah seluruh proses selesai dilakukan. 

    Sementara itu, bagi pembeli, OLX Autos menawarkan jaminan berbagai mobil berkualitas yang sudah diinspeksi serta adanya pilihan untuk membeli mobil “OLX Autos Certified” secara langsung dari platform iklan baris OLX. Selain itu, OLX Autos menyediakan pasokan mobil bekas berkualitas dengan  harga yang wajar untuk dealer mobil rekanan.

    CEO OLX Autos Gautam Thakar mengatakan bahwa dengan menyatukan layanan offline dan online dalam pengalaman pelanggan, OLX Autos menjadikan proses transaksi mobil menjadi mudah, sederhana, serta mampu menghadirkan kepercayaan dan ketenangan pikiran selama salah satu transaksi yang paling penting dalam hidup. 

    OLX Autos juga melakukan inovasi dalam memberikan pengalaman bertransaksi kepada pelanggan di masa pandemi Covid-19 dengan mengembangkan teknologi yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan layanan dari rumah dan melakukan inspeksi mandiri. Dengan cara ini, pelanggan yang ingin menjual mobilnya cukup menggunakan smartphone untuk mengambil data mobil mereka, mengambil foto, mengunggah video dan merekam suara mesin serta mendapatkan penilaian yang wajar dengan nyaman di rumah mereka sendiri.

    Menurut Thakar “Inti dari apa yang kami lakukan adalah berinovasi untuk memecahkan masalah pelanggan, dan kami terus menemukan lebih banyak cara untuk membuat proses transaksi mobil menjadi senyaman mungkin. Kami juga memperkenalkan home inspection selama pandemi sehingga membantu pelanggan kami yang ingin bertransaksi selama masa pembatasan yang terjadi di berbagai wilayah.”

    “Kami menggunakan data, teknologi, dan artificial intelligence untuk memberikan harga mobil yang wajar kepada penjual, sambil menawarkan asuransi dan jaminan kepada pembeli untuk memberikan ketenangan pikiran selama proses transaksi,” tutup Thakar.

    OLX Autos Indonesia Optimistis Permintaan Mobil Bekas Bertumbuh

    Positifnya kinerja transaksi perusahaan secara global membuat OLX Autos Indonesia kian optimistis bahwa permintaan mobil bekas Perusahaan pada tahun ini tetap bertumbuh, didorong oleh masih tingginya minat konsumen mobil bekas di Tanah Air serta inovasi dan ekspansi  yang dilakukan oleh Perusahaan. 

    Berdasarkan data riset OLX Autos Indonesia, pasar mobil bekas di Indonesia masih menunjukkan tren positif meski dipengaruhi dampak pandemi Covid-19. Hal ini seiring dengan masih tingginya permintaan mobil bekas karena mobil pribadi dinilai menjadi moda transportasi paling aman di masa pandemi. Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan permintaan pada kategori mobil bekas sekitar 15%-20% selama masa pandemi. Adapun, di OLX Autos Indonesia, masih positifnya kinerja transaksi mobil bekas juga didorong oleh sejumlah inovasi dan ekspansi yang dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun terakhir.

    CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo mengatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini, OLX Autos tetap aktif melakukan ekspansi di berbagai wilayah guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas lagi. Salah satu ekspansi yang dilakukan adalah menambah store OLX Autos Jual-Beli-Tukar Tambah di berbagai wilayah. Selama 1 tahun lebih hadir di Indonesia, total store OLX Autos Jual-Beli-Tukar Tambah saat ini mencapai 6 store, sehingga total store OLX Autos mencapai 46 store (termasuk OLX Autos Authorized Dealer). Penambahan store masih akan dilakukan seiring dengan meningkatnya tren permintaan mobil bekas di Tanah Air. 

    “Kami juga tak berhenti melakukan inovasi digital untuk memperkuat platform kami sehingga bisa semakin memudahkan pelanggan dalam transaksi jual beli mobil bekas. Kami juga menguatkan layanan home inspection dan home test drive. Komitmen kami adalah memberikan proses yang gampang, aman, dan terpercaya. Dengan inovasi, ekspansi dan kondisi pasar yang mendukung, kami optimistis transaksi mobil bekas kami akan terus bertumbuh dan bergerak ke arah yang positif. Kami juga berharap OLX Autos bisa menjadi solusi bagi masyarakat selama pandemi, termasuk dalam mewujudkan gagasan-gagasan bisnis sebagai langkah pertama,” kata Johnny. 

    Sejarah OLX Autos

    Perjalanan OLX Autos dimulai pada 2018 dengan investasi minoritas oleh OLX Group di Frontier Car Group (FCG). Investasi senilai US$500 juta lebih lanjut ke FCG pada tahun 2019 menjadikan OLX Group sebagai pemegang saham mayoritas. Mulai Januari 2020, OLX dan FCG memadukan operasi di sejumlah pasar tertentu dan re-branding menjadi “OLX Autos” di sebagian besar negara. Untuk pertama kalinya di negara-negara tersebut, inspection center  FCG digabungkan dengan platform perdagangan mobil online OLX, untuk menjawab kebutuhan pelanggan dan membantu pelanggan dalam mengatasi hambatan dalam proses jual beli mobil secara online

    Sekilas tentang OLX Autos

    • OLX Autos merupakan bagian dari OLX Group
    • Beroperasi di 10 negara, seperti Argentina, Chili, Kolombia, Ekuador, India, Indonesia, Meksiko, Pakistan, Peru, dan Amerika Serikat
    • Setiap bulannya, sekitar 500 ribu mobil terdaftar untuk dijual oleh konsumen dan dealer di platform iklan baris OLX Autos.
    • Sekitar 450+ inspection center menawarkan inspeksi mobil gratis dengan layanan penjualan mobil yang nyaman dan terpercaya, dengan pembayaran langsung dalam waktu sekitar 1 jam (untuk penjual mobil)
    • Melakukan inspeksi ~50.000 mobil setiap bulannya
    • Memiliki jaringan 13.000+ dealer
    • Hingga saat ini, OLX Autos telah membeli, menjual, dan menginspeksi lebih dari 400 ribu mobil. Pada 2021, diprediksi ~100.000 mobil terjual
    • Memiliki 4.6K+ karyawan yang membantu transaksi mobil pelanggan di 3 benua dan 10 pasar/negara.
    • Fitur  “self inspection” memungkinkan penjual mobil untuk memeriksa mobil mereka sendiri, dan mengirimkan data dari jarak jauh – mereplikasi pengalaman inspection center dari rumah mereka sendiri.
    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait