Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPPnBM 100% Diperpanjang, Tren Penjualan Mobil Baru Suzuki di Agustus Terus Naik

    PPnBM 100% Diperpanjang, Tren Penjualan Mobil Baru Suzuki di Agustus Terus Naik

    News.OLX.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya memperpanjang periode insentif PPnBM 100% ditanggung Pemerintah hingga akhir tahun nanti. 

    Dengan dikeluarkannya kebijakan ini, diharapkan minat masyarakat untuk membeli mobil baru tetap tumbuh serta mampu mendorong tren positif penjualan mobil. 

    Gaikindo menyebut, selain memberikan dampak pada industri otomotif, insentif ini juga menciptakan multiplier effect terhadap perekonomian. Insentif ini meningkatkan daya beli masyarakat sehingga perekonomian domestik menjadi lebih aktif. 

    Meningkatnya angka penjualan kendaraan, khususnya yang menggunakan komponen-komponen lokal tentunya berdampak positif pula bagi industri komponen di Indonesia.

    Seperti diketahui, kebijakan insentif PPnBM 100% ini berlaku untuk kendaraan penumpang dengan kapasitas mesin 1.500cc dengan penggunaan komponen lokal hingga 60%. Sementara untuk kendaraan penumpang 4×2 berkapasitas mesin lebih dari 1.500cc – 2.500cc diberi insentif PPnBM 50%. Terakhir insentif PPnBM 25% untuk kendaraan penumpang 4×4 berkapasitas mesin lebih dari 1.400cc hingga 2.500cc.

    Suzuki Indonesia menjadi salah satu merek mobil yang ikut menikmati kebijakan ini dan berhasil meraih tren positif Agustus 2021 lalu. 

    “Selama Januari sampai Agustus 2021 Suzuki mengalami peningkatan wholesales sebesar 51% dan retail sales 25% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Peningkatan penjualan terjadi sejak memasuki periode insentif PPnBM, yaitu di bulan Maret 2021. Kami sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintah dalam memperpanjang kembali insentif PPnBM 100%,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales dalam siaran pers yang diterima News.OLX, Selasa (21/9/2021).

    Dari data yang dikeluarkan Gaikindo, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berkontribusi terhadap tren positif penjualan mobil di bulan Agustus 2021 jika dibanding bulan Juli 2021.

    Kontribusi Suzuki mencapai 60% untuk wholesales dan 38% untuk retail sales dimana model XL7, All New Ertiga, dan New Carry Pick Up menjadi model yang mendominasi penjualan.

    Penjualan XL7 mengalami peningkatan sebesar 103% untuk wholesales dan 33% untuk retail sales, dibandingkan dengan Juli 2021. 

    Begitu juga dengan model All New Ertiga yang penjualan wholesales-nya naik 174% untuk periode yang sama, dengan penjualan retail sales naik 60%. 

    Sementara New Carry Pick Up meskipun bukan produk yang mendapat fasilitas insentif PPnBM, penjualannya juga naik 51% untuk wholesales dan 40% untuk retail sales.

    “Perpanjangan kembali insentif PPnBM 100% kami harap memberikan dampak positif bagi industri otomotif. Bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan Suzuki, di momen perpanjangan insentif PPnBM 100% ini kami juga menghadirkan beragam promosi dan program penjualan yang menarik,” tutup Donny.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here