Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasTren Pertumbuhan Bisnis Mobil Bekas Jelang Akhir Semester Pertama 2021

    Tren Pertumbuhan Bisnis Mobil Bekas Jelang Akhir Semester Pertama 2021

    News.OLX.co.id – Pasar mobil bekas terus menunjukkan pemulihan dari waktu ke waktu seiring dengan mulai membaiknya kondisi perekonomian masyarakat. Ada dua kekuatan utama yang mempengaruhi industri mobil bekas jelang semester I tahun ini, yaitu kebijakan PPnBM dan masa Ramadhan. 

    Berdasarkan survei terkait Sentimen Pasar Mobil Bekas yang dilakukan OLX Autos pada 11 April 2021 sampai dengan 2 May 2021 terhadap 1.193 responden yang terdiri dari pembeli, penjual perorangan, dan diler rekanan OLX Autos, permintaan mobil bekas saat ini lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum pandemi karena masyarakat mencari moda transportasi yang lebih aman. 

    Dari survei tersebut juga terlihat bahwa penggunaan mobil pribadi pada kuartal I tahun ini tercatat mencapai 41%, sedangkan sebelum pandemi hanya sekitar 33%. 

    Memasuki penghujung semester pertam, ada dua kekuatan utama yang mempengaruhi pasar mobil bekas Tanah Air, yakni Kebijakan PPnBM dan Masa Ramadhan. 

    Adapun, kebijakan PPnBM yang berlaku sejak awal tahun ini turut mengubah perilaku konsumen dan diler mobil bekas. Dari sisi konsumen atau pembeli, survei tersebut memperlihatkan bahwa hanya sekitar 10% konsumen mobil bekas membeli mobil baru setelah relaksasi PPnBM itu diterapkan. 

    Kemudian, bagi penjual perorangan, adanya kebijakan tersebut membuat mereka mempercepat waktu penjualan seiring dengan adanya kekhawatiran penurunan harga lebih lanjut dan permintaan yang lebih rendah. 

    Sementara itu, bagi diler, mereka berupaya untuk beradaptasi dengan mengurangi pembelian stok mobil, memperluas saluran penjualan, dan mengurangi harga jual. 

    Jefferson Kuesar, Director of Insights OLX Indonesia mengatakan bahwa “Kebijakan PPnBM ini membuat sekitar 35%-40% transaksi mobil bekas mengalami penurunan harga. Hal ini juga tentunya menjadi alasan sebagian besar konsumen untuk memilih mobil bekas seiring dengan adanya keterbatasan anggaran,” kata Jeff. 

    Selain kebijakan PPnBM, masa Ramadhan turut mempengaruhi pasar mobil bekas saat ini. Masih berdasarkan survei Market Sentiment, meskipun ada penyekatan wilayah selama masa Ramadhan tahun ini, permintaan mobil bekas masih mencatatkan pertumbuhan. 

    Kendati belum sepenuhnya pulih, jika dibandingkan dengan Ramadhan tahun lalu, permintaan mobil bekas pada Ramadhan tahun ini tumbuh sekitar 10%. 

    Jeff mengatakan bahwa penyekatan wilayah tidak membatasi permintaan karena konsumen memanfaatkan harga yang lebih rendah dan membutuhkan transportasi yang lebih aman. 

    “Dengan demikian, melihat kondisi hingga pertengahan tahun ini, kami optimistis kinerja industri mobil bekas akan positif pada penghujung tahun ini. Kami juga akan terus berinovasi agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Jeff. 

    Download hasil survei lengkap

    Tentang OLX Autos 

    Diluncurkan pada bulan April 2017, BeliMobilGue.co.id yang kini berganti nama menjadi OLX Autos adalah layanan jual mobil online yang memungkinkan pelanggan untuk menjual mobil mereka secara instan ke jaringan yang terdiri lebih dari 4000 mitra dan serta memiliki 100 inspection center di 9 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Malang. 

    OLX Autos memiliki 3 layanan utama, yaitu OLX Autos Jual Mobil Instan, OLX Autos Jual – Beli – Tukar – Tambah, dan OLX Autos Authorized Dealer. OLX Autos Jual Mobil Instan memberikan pelanggan proses inspeksi dan transaksi mobil yang cepat, aman dan nyaman, yang memungkinkan konsumen untuk mendapatkan harga terbaik dengan memaparkan kendaraan mereka kepada pembeli mobil profesional Indonesia di seluruh negeri. 

    OLX Autos Jual – Beli – Tukar – Tambah merupakan layanan jual beli mobil yang memberikan 7 hari garansi barang kembali, 30 hari garansi mesin, inspeksi mobil dengan menyeluruh, home test drive dan juga 1 tahun jaminan beli kembali. 

    OLX Autos Authorized Dealer merupakan dealer mobil bekas rekanan resmi OLX Autos yang bergaransi dan membantu dealer untuk mengembangkan bisnis mereka termasuk mendapatkan, mengelola stok mobil bekas yang berkualitas hingga pemasaran. 

    OLX Autos adalah bagian dari OLX Group. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.olxautos.co.id atau layanan khusus konsumen di 150264.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here