Kamis, Mei 26, 2022
More
    BeritaTruk dan Bus Hino Spesifikasi Euro 4 Mulai Dijual di Indonesia

    Truk dan Bus Hino Spesifikasi Euro 4 Mulai Dijual di Indonesia

    “Dalam mengembangkan kendaraan Hino Euro 4, kami berkomitmen untuk tetap mempertahankan DNA Hino, yakni quality, durability dan reliability atau QDR,” jelas COO – Director PT HMSI, Santiko Wardoyo

    JAKARTAPT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) pada hari ini, Rabu, 9 Maret 2022 akhirnya meluncurkan lini produk yang semuanya sudah memenuhi standar emisi Euro 4. 

    Peluncuran truk dan bus berteknologi mesin ramah lingkungan dari Hino ini menyusul segera diberlakukannya regulasi Euro 4 di Indonesia pada bulan April 2022 mendatang.

    Seperti diketahui, regulasi Euro 4 digagas oleh Pemerintah pada tahun 2012 kemudian ditetapkan di tahun 2017 melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4 dan mulai diberlakukan di bulan April 2022.

    Tujuannya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan roda empat, dengan kalkulasi emisi gas rumah kaca bisa turun hingga 26% ketika regulasi ini berlaku.

    Hino sendiri memang sudah cukup siap dalam menghadapi regulasi ini.

    “Kami sudah mempersiapkan semuanya, mulai dari produk, jaringan outlet, sistem teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik yang terlatih telah tersedia,” beber Masato Uchida, Presiden Direktur PT HMSI, dalam sambutannya di acara virtual peluncuran produk Euro 4 Hino (9/3/2022).

    Komitmen ini menurut Masato Uchida menjadikan Hino sebagai market leader yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan. 

    Hino Euro 4 Pertahankan DNA QDR

    Hino Euro 4

    Line up Hino yang sudah memenuhi standar Euro 4 untuk dipasarkan di Tanah Air juga terbilang cukup lengkap.

    Mulai dari segmen light duty truck, medium duty truck, heavy duty truck hingga segmen bus.

    Model Hino yang sudah didukung mesin Euro 4 adalah Hino Dutro, Hino Ranger, Hino Profia, hingga Hino Bus. 

    Mesin baru berteknologi Common Rail yang diaplikasikan di masing-masing model tersebut memiliki keunggulan, lebih tangguh, ekonomis serta yang pasti lebih ramah lingkungan. 

    Kendati demikian, Hino tidak lantas mengorbankan keunggulan lain yang sudah menjadi karakter serta ciri khas truk dan bus Hino sebelumnya.

    “Dalam mengembangkan kendaraan Euro 4, kami berkomitmen untuk tetap mempertahankan DNA Hino, yakni quality, durability dan reliability atau QDR,” jelas COO – Director PT HMSI, Santiko Wardoyo dalam kesempatan yang sama.

    Penambahan Fitur dan Keunggulan Mesin Hino Euro 4

    Hino Euro 4

    Hino dengan spesifikasi Euro 4 disebutkan sudah mengalami berbagai penyempurnaan, termasuk dalam hal fitur-fitur yang disematkan.

    Dari rangkaian fitur tersebut, HMSI mengklaim semua kendaraan sudah menggunakan sasis kuat dan teruji, gross vehicle weight (GVW) lebih optimal, sistem pengereman reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan penyaringan bahan bakar dan injector dengan full diamond like carbon (DLC).

    Baca juga  Industri Otomotif Beranjak Naik, Adira Insurance Perkuat Strategi Digital

    Sedangkan untuk mesin, teknologi Common Rail di kendaraan Hino spesifikasi Euro 4 dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) yang berfungsi mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC). 

    Teknologi mesin tersebut juga dilengkapi Variable Nozzle Turbo (VNT) yang memampukan proses peningkatan suplai udara ke ruang bakar dan menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang terintegrasi dengan EDU.

    Terakhir, Hino juga melengkapi mesin Common Rail dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.

    “Deretan teknologi di mesin Hino Euro 4 tersebut membuat truk dan bus Hino tidak hanya kuat dan tangguh di segala medan operasi, tapi juga punya emisi gas buang yang ramah lingkungan, suara mesin lebih halus serta minim getaran,” terang Santiko Wardoyo. 

    Hino Dutro Dapat Penyegaran Eksterior dan Interior

    Hino Euro 4

    Tak cuma itu saja, demi menambah kesan berbeda, Hino Dutro yang sekarang sudah Euro 4 mendapatkan sentuhan di sektor eksterior dan interiornya.

    Detailnya cukup menarik, karena desain grill depan sudan berubah hingga terlihat lebih fresh, sementara cover atas lampu utamanya kini menyatu dan lebih stylish.

    Pada bagian bumper depan juga sudah di desain ulang menyesuaikan dengan posisi fog lamp, serta penambahan cover spion untuk mencegah pencurian.

    Sedangkan di bagian kabinnya, Hino Dutro diberi sentuhan warna senada coklat, mulai dari bagian dashboard, door trim dan jok yang menambah kesan mewah dan nyaman. 

    “Perubahan di sektor eksterior menjadikan tampilan Hino Dutro jadi lebih menarik. Begitu juga di bagian kabin didesain untuk semakin meningkatkan kenyamanan,” pungkasnya.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here