Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    TipsUntung Rugi Ganti Pelek Mobil Tak Sesuai Standar

    Untung Rugi Ganti Pelek Mobil Tak Sesuai Standar

    JAKARTA – Modifikasi mobil memang sah-sah saja OLXer. Sebab hal ini bisa mempercantik dan menambah ganteng tunggangan. Selain itu, jika tampilannya berbeda, bukan tak mungkin bisa menjadi pusat perhatian di jalan raya.

    Nah, salah satu bagian yang kerap dilakukan modifikasi yaitu pelek. Biasanya, para pemilik mobil mengubah pelek dari ukuran standar kemudian naik dua inci. Dengan pelek lebih besar, tak pelak memberikan kesan gagah dan juga sporty.

    Namun tau nggak OLXer, mengganti pelek dengan ukuran lebar ternyata ada untung ruginya loh. Hal ini dijelaskan langsung situs Daihatsu, antara lain:

    Tampilan Jadi Lebih Keren

    Mengubah tampilan pelek bisa membuat mobil tampil unik dan terlihat berbeda dari yang lainnya. Namun selain itu,  dengan menambahkan variasi-variasi pada bagian pelek mobil akan membuat tampilan mobil OLXer menjadi lebih keren dan terlihat lebih gagah loh.

    Mampu Menempuh Medan Sulit

    Selain memberikan tampilan mobil yang lebih keren, pelek mobil lebih besar akan mampu untuk melewati medan yang sulit sekalipun. Medan sulit yang dapat dilalui oleh model mobil yang telah di modifikasi ukuran velg nya dengan baik di antaranya jalanan berlubang, berbatuan, berundak-undak, hingga yang tidak rata.

    OLXer juga perlu tau dengan pelek mobil lebih besar, bodi mobil menjadi terangkat naik dan tidak masalah saat melewati medan yang sulit tersebut.

    Tingkatan Performa Pada Pengereman

    Pelek mobil dibuat lebih besar dari ukuran biasanya akan berpengaruh dalam hal performa pengeremannya. Hal tersebut disebabkan oleh luasnya dimensi ban yang akan lebih mencengkram ke aspal.

    Dilihat dari perhitungan jarak pengereman bisa lebih pendek lagi. Misalnya, dalam penggunaan ban standar membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, maka dengan menggunakan mobil bermodifikasi velg dengan ukuran besar ini kamu hanya akan membutuhkan waktu sekitar tujuh sampai delapan detik untuk melakukan pengereman.

    Boros Bensin

    Dengan velg berukuran lebih besar dari standard  mesin mobil tentu harus bekerja lebih keras untuk menggerakan pelek dan ban yang ukurannya lebih besar. Hal tersebut menyebabkan konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih meningkat.

    Apalagi untuk beberapa pelek variasi yang berbahan besi ini akan mengharuskan mesin bekerja lebih keras lagi. dan tentunya akan mengonsumsi bahan bakar yang lebih banyak lagi.

    Fungsi Ban Jadi Berkurang

    Mengganti pelek lebih besar, maka membuat ukuran ban juga menyesuaikan. Hanya saja ban dengan ukuranlebih besar ketebalannya berkurang. Maka, melakukan pergantian dimensi ban yang awalnya berukuran tebal menjadi tipis, biasanya diikuti dengan melakukan penggantian terhadap perubahan dimensi pelek lebih besar.

    Hal ini bertujuan untuk menjaga dimensi lingkar luar roda agar tetap sama. Penggantian ban menjadi lebih tipis tersebut akan menjadikan mobil menjadi lebih keras.

    Pada dasarnya ban berfungsi sebagai peredam. Dengan ukurannya lebih tipis, tentu akan membuat peredaman yang dilakukan ban menjadi berkurang. Hal tersebut cenderung akan membuat ban mobil akan semakin menipis akibat terkikis aspal jalanan. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here