Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsUntung Rugi Pakai Ban Racing Sebagai Ban Harian pada Sepeda Motor

    Untung Rugi Pakai Ban Racing Sebagai Ban Harian pada Sepeda Motor

    Jakarta – Bagi OLXer pengguna motor pastinya bertanya-tanya, apakah baik bila menggunakan ban balap sebagai ban harian. Kira-kira apa sih untung dan ruginya bila pemotor memutuskan seperti itu?

    Kita tahu kalau ban memiliki fungsi vital pada sepeda motor. Tentu OLXer dituntut untuk bijak dalam memilih jenis ban yang pas untuk memaksimalkan kinerja sepeda motor. Yang pasti ban peruntukan balap punya spesifikasi lebih tinggi dibanding ban reguler harian.

    “Pakai ban balap sebagai ban harian memang tidak ada salahnya. Semuanya kembali lagi kepada konsumen pemilik motor. Pakai ban balap sebagai ban harian membuat kinerja motor lebih baik, karena ban balap itu kan diracik lebih rigid ke aspal,” ungkap Marketing Product Development GT Radial, Dodiyanto sesaat sebelum melepas peserta Touring Kemerdekaan Journalist Max Community (JMC), di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

    Marketing Product Development GT Radial, Dodiyanto saat melepas rombongan touring kemerdekaan JMC (Sumber Foto: JMC)

    Keunggulannya adalah motor jadi lebih nyaman saat bermanuver serta membuat pengendara lebih pede saat berlari kencang di jalan aspal yang berkerikil. Lebih dari itu, ban balap yang dipakai harian memberikan performa pengereman jadi lebih baik.

    “Ini berkat campuran kompon di ban balap yang lebih khusus dan beragam,” lanjutnya.

    Akan tetapi keputusan ini juga bukan tanpa kekurangan. Karena menurut Dodiyanto ban balap yang dipakai sebagai ban harian akan lebih cepat habis dibanding ban reguler. 

    “Ban dengan spesifikasi racing itu rata-rata lebih cepat habis dibanding ban spesifikasi penggunaan harian. Lebih cepat habisnya sekitar 20-30 persen,” tutup Dodiyanto.

    Artinya, OLXer kudu sering ganti ban dibanding bila pakai ban reguler. Tentu cost operasional motor juga jadi lebih besar. Apalagi harga ban balap (racing) biasanya jauh lebih mahal dibanding ban biasa. Jadi OLXer mending mana? (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here