Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaUntungnya Mobil Tanpa Tuas Transmisi dan Konsol di Bagian Tengah

    Untungnya Mobil Tanpa Tuas Transmisi dan Konsol di Bagian Tengah

    Tampilan dashboard yang menarik memang menjadi hal penting pada sebuah interior mobil. Dengan desain dashboard yang keren dan modern, bukan tak mungkin hal itu menjadi pemantik orang lebih tertarik.

    Akan tetapi OLXer pasti pernah merasa heran jika ada mobil menerapkan tuas transmisi pada bagian dashboard. Padahal, kebanyakan mobil yang sering dijumpai menerapkan tuas transmisi bersamaan dengan konsol tengah yang letaknya antara pengemudi dan penumpang depan.

    Nah, dari sekian banyak jenis mobil, ternyata Daihatsu Sigra juga menerapkan hal serupa, dimana tuas transmisi dipasang di dashboard dan konsol tengah dihilangkan.

    Menanggapi hal tersebut Product Planning PT Astra Daihatsu Motor Ryan Ferdiean Tirto mengatakan, ada beberapa kelebihan jika tuas transmisi dipindahkan ke dashboard, sementara konsol tengah dihilangkan.

    “Jadi biar lega. Pada bagian kaki juga terasa lebih lapang,” ucap Ryan saat ditemui di sela acara New Sigra Media Test Drive di Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

    Selain itu, dengan dipindahkannya tuas transmisi ke dashboard dan konsol tengah dihilangkan,maka membuat jok terasa menjadi lebih lebar dan lega. Namun begitu, Ryan sangat tidak merekomendasi, jika akhirnya tempat duduk baris paling depan jadi tiga orang penumpang.

    “Karena itu tidak safety, tidak ada airbag, tidak ada headrest, dan tidak ada safety belt , tapi (bagian tengah) bisa digunakan untuk menambah kenyamanan dengan penambahan armrest ,” ujarnya.

    Kelebihan lainnya jika tuas transmisi dipindahkan dan konsol tengah dihilangkan adalah memudahkan pengemudi untuk berpindah.

    Misalnya jika parkir atau garasi sempit membuat pengemudi tak bisa membuka pintu bagian kanan karena mentok. Maka, pengemudi cukup bergeser ke sebelah kiri dan membuka pintu.

    “Lain halnya kalau ada tuas transmisi dan konsol tengah, kaki jadi harus loncat, jadi lebih susah,” ucapnya.

    Lalu dimana posisi rem tangan? Jangan heran, Daihatsu tetap membuatnya ada pada mobil Sigra, posisinya berada di tengah dekat bibir jok dekat lutut sebelah kiri. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here