Kamis, Juli 7, 2022
More
    InformasiMotorsportValentino Rossi Pensiun, Penonton MotoGP Berkurang?

    Valentino Rossi Pensiun, Penonton MotoGP Berkurang?

    Kejuaran dunia balap MotoGP 2022 mengalami krisis penonton. Turunnya minat menonton MotoGP disebut-sebut karena ketidak hadiran Valentino Rossi.

    Melansir Speedweek, ada beberapa perbandingkan jumlah penonton pada tahun 2019 dan 2022 yang di gelar di Jerez, Mugello dan Barcelona.

    Saat balapan MotoGP Jerez, jumlah penonton sampai akhir pekan pada tahun 2019 mencapai 151.000, sedangkan pada tahun 2022 hanya 123.000.

    Situasi penonton MotoGP 2022 di bukit dekat sirkuit Mugello, Italia. (The Race)

    Sementara MotoGP Mugello pada tahun 2019, jumlah penonton mencapai 139.000, sementara pada tahun 2022 cuma 74.000 ribu.

    Khusus di MotoGP Mugello, dikutip The Race, di pagi hari jelang balapan, lalu lintas jalanan di sekitar lokasi terasa lapang.

    Belum lagi, knalpot dengan suara bising dan kepulan asap yang biasanya menyambut pembalap dan penonton, kini sangat jarang.

    Bahkan saat memasuki lokasi sirkuit, tidak terlihat penumpukan dan antrian penonton. Demikian juga penonton terasa sepi di perbukitan sekitar lintasan.

    Demikian juga saat MotoGP Catalunya 2019 total penonton mencapai 158.000, sedangkan pada tahun 2022 tercatat 115.000.

    Sementara itu, untuk MotoGP Le Mans 2022 masih ada penonton, karena lintasan tersebut markas bagi Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

    No Valentino Rossi No Party

    Flare Gun diajang MotoGP Mugello sangat meriah
    MotoGP Mugello sangat meriah dengan adanya Flare Gun atas kemenangan Valentino Rossi. (The Race)

    Masih melansir Speedweek, kemungkinan penyebab hilangnya penonton di sirkuit, karena pensiunnya pembalap Valentino Rossi.

    Bahkan ada yang menyebutkan, tidak meriahnya ajang balapan di Mugello karena The Doctor tak ada di lintasan balap. Hal ini menjadi bukti No Rossi No Party.

    “Hal itu mengakibatkan tidak adanya bukit kuning, flare dan banjir tifosi yang menyumbat pintu masuk lintasan pada hari Minggu,” tulis Speeweek.

    Namun ada juga yang menyebutkan, ketidakhadiran beberapa karakter pembalap turut menjadi faktornya

    Seperti diketahui, Marc Marquez absen balapan sampai MotoGP 2022 selesai. Hal ini karena tiga musim terakhir pembalap asal Spanyol itu mengalami cedera panjang dan harus masuk meja operasi.

    Selain itu, balapan MotoGP juga tidak diikuti Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

    Penonton MotoGP butuh pahlawan

    Valentino Rossi. (shutterstock)

    Balapan MotoGP 2022 memang super ketat. Terkadang, kita tak bisa memprediksi siapa pemenangnya, karena semua pembalap bisa jadi jawara di setiap serinya.

    Akan tetapi, untuk sebagian orang ternyata hal tersebut tidak disukai. Sebaliknya, di dunia olahraga, penonton ingin melihat adanya duel. Lebih seru lagi, rider bukan teman baik.

    Ya, sebelumnya rivalitas di MotoGP cukup tinggi, seperti dulu, yaitu duel Max Biaggi VS Rossi, Jorge Lorenzo VS Rossi, Dani Pedrosa VS Lorenzo, Andrea Dovizioso VS Marquez, serta Rossi VS Marquez.

    Nah, kalau OLXers sendiri, siapa pembalap andalan di MotoGP 2022?

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, yuk cek di OLX Autos.

    Baca juga  Rantai Motor DID X VR46 Signature Edition Dijual di Indonesia, Fans Rossi Wajib Punya

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here