Jumat, September 30, 2022
More
    TipsVelg Motor Penyok atau Rusak, Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

    Velg Motor Penyok atau Rusak, Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

    Velg motor penyok tentu jadi masalah yang tak bisa dianggap sepele. Sebab jika lama dibiarkan, selain motor tak enak dipakai, tampilannya jadi tak sedap dipandang.

    Namun sebelum kita membahas soal velg motor penyok, ada baiknya mengetahui beberapa hal soal velg, mulai dari fungsi, jenis, penyebabnya hingga cara perawatannya.

    Nah, velg motor sendiri memiliki peran yang sama seperti velg mobil, yaitu menjadi komponen penting karena berfungsi menahan bobot bodi dan pengemudi serta penumpang.

    Velg yang menggunakan material aluminium kokoh, dibalut ban kemudian bagian tengah dihubungkan ke as roda Alhasil, dengan adanya velg maka komponen ini jadi penggerak sehingga bisa maju atau mundur. 

    Velg motor sendiri ada dua jenis yaitu cast wheel dan spoke wheel. Nah,  jenis cast wheel atau dikenal dengan sebutan velg racing, kini semakin digandrungi. Padahal dulu velg yang booming adalah spoke wheel atau velg jari-jari.

    Konon velg racing dianggap lebih sporty dan mudah dibersihkan. Sedangkan velg jari-jari dianggap jadul, dan sulit dibersihkan lantaran sulit jika harus mengelap pada jari-jari yang melintang.

    Kendati demikian, velg jari-jari bobotnya cukup ringan. Alhasil, velg jenis ini faktanya kerap digunakan untuk balapan. 

    Bicara soa velg motor, ternyata velg racing atau jari-jarinya punya kesamaan, yaitu jika terjadi kerusakan maka velg apapun bisa bengkok, penyok atau peyang.   

    Untuk jenis velg jari-jari biasanya lebih mudah diperbaiki, karena cukup disetel ulang dan diganti jari-jarinya. Sedangkan untuk jenis velg racing lebih sulit diperbaiki. Bahkan biasanya kalau rusak terpaksa harus diganti.

    Pasalnya, untuk memperbaiki velg rusak tidak bisa asal ketok atau tarik sembarangan. Karena ada metodenya sendiri, seperti yang dilakukan di bengkel pres velg.

    Ada baiknya ketika ingin memperbaiki velg cari informasi terlebih dahulu, kemudian konsultasi dan hitung kurang lebih biaya yang harus dikeluarkan.

    Penyebab velg penyok

    OLXers yang bertanya ‘ko bisa velg motor saya penyok?’ Jawabannya tentu saja bisa. Meski velg dibuat dibuat sangat kuat, kemungkinan mengalami peyang atau penyok sangat bisa.

    Nah, berikut ini beberapa penyebab velg penyok:

    Pertama, melewati jalur berlubang atau bergelombang. Penyakit yang sering ditemui pada velg penyok yaitu karena melaju di jalanan yang banyak lubang. Apalagi posisi motor sedang melaju kencang dan menghantam lubang besar.

    Demikian juga jika sering melewati jalan bergelombang atau keriting. Meski tidak terlalu parah namun jika sering melewatinya maka hasilnya akan sama, velg penyok.

    Kedua, mengalami tabrakan. Kasus ini mirip ketika motor melewati jalan berlubang atau bergelombang. Jika tabrakan parah, sudah pasti ringsek velgnya. Namun apabila merasa tabrakan tidak parah, namun biasanya hal itu juga membuat putaran roda tidak stabil.

    Ketiga, ban kurang tekanan angin. Sudah sewajarnya, ban diisi angin sesuai yang dianjurkan pabrikan. Apabila tekanan angin selalu kurang kemudian dikendarai di jalanan berlubang atau bergelombang, maka lama kelamaan ban akan penyok, lebih parah lagi patah.

    Keempat, salah ban. Ban velg bisa saja penyok karena salah ukuran ban. Ya, sejatinya ban dan velg harus sesuai, dimana ukurannya harus sesuai yang dianjurkan pabrikan.

    Jika ingin menggunakan ban lebih kecil atau lebih besar, pastikan mengikuti saran sang ahli.  Sebab, jika ban salah ukuran maka ketika motor dikendarai akan terasa kurang nyaman.

    Kelima, kesalahan pemasangan ban pada velg. Velg bermasalah seperti peyang atau kepocel bisa saja terjadi saat proses pemasangan. Terlebih di bengkel yang tidak proper dan dilengkapi alat khusus.

    Seperti halnya di tempat tambal ban pinggir jalan, biasanya mereka tidak menggunakan alat khusus, melainkan hanya kunci-kunci yang bagian ujungnya dibuat pipih.

    Alhasil saat hendak mencopot atau memasang bang, maka bibir velg kerap dicongkel hingga terkelupas.

    Ciri velg bermasalah

    Ketika velg bermasalah terkadang ada yang tidak menyadarinya. Entah karena memang tidak tahu atau tidak peduli.

    Nah, untuk mengetahuinya velg bermasalah pada dasarnya cukup mudah, yaitu pertama coba raba dengan tangan. Biasanya terasa ada lecetan atau retakan. Bahkan beberapa kasus velgnya terasa bergelombang

    Cara kedua, biasanya saat motor dipacu, akan terasa tidak stabil, sehingga laju motor sulit dikendalikan. Jika velg belakang yang penyok, biasanya laju motor jadi geyal-geyol

    Ketiga, untuk velg racing yang biasanya menggunakan ban tubles, karena tidak menggunakan ban dalam, biasanya tekanan angin selalu berkurang. Padahal saat dicek tidak ada kebocoran.

    Cara Merawat

    Agar velg tetap terjaga baik penampilan maupun durabilitynya, sebaiknya pengendara motor mengetahui beberapa trik nya, yaitu

    1. Velg bersih

    Menurut sumber Yamaha, biasakan membersihkan velg secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan atau saat melewati genangan air. Karena semakin bersih, velg semakin terhindar dari karat yang dapat mempercepat kerusakan di velg.

    2. Tekanan udara ban

    Tekanan udara ban cukup berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

    3. Ukuran ban dan velg yang sesuai

    Seperti yang kita ketahui banyak pecinta sepeda motor yang memodifikasi motornya termasuk bagian ban dan velg. Namun tetap perhatikan juga kenyamanan saat berkendara di jalan. 

    Contohnya tidak menggunakan ban yang melebihi diameter velg. Karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda. Pilihlah velg yang asli keluaran pabrik serta velg yang bermerek atau berkualitas baik.

    4. Hindari jalan yang rusak atau berlubang

    Semakin sering berbenturan dengan logam, bukan hanya tekanan udara saja yang berkurang tapi juga dapat merusak keutuhan velg dan ban luar.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here