Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    MotorVespa Elettra Concept, Perpaduan Antara Gaya Klasik dengan Teknologi Motor Listrik

    Vespa Elettra Concept, Perpaduan Antara Gaya Klasik dengan Teknologi Motor Listrik

    Sepeda motor memang merupakan alat mobilitas yang paling banyak diandalkan orang sebagai solusi berkendara. Simpel dan mudah diajak berakselerasi di berbagai kondisi jalan, apalagi di tengah kemacetan, menjadi alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih beraktivitas dengan sepeda motor. Itu kalau kita bicara motor dilihat dari jenis mesin konvensional. 

    Akhir-akhir ini, tren elektrifikasi di segmen kendaraan roda dua juga sudah mulai berkembang dimana terjadi ledakan popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, terutama di tahun ini. Berbagai pabrikan sepeda motor ternama sudah mulai memperkenalkan bahkan menjual produk berbasis listrik. 

    Bahkan di Indonesia sendiri, tercatat sudah ada 15 merek motor yang mengantongi izin memproduksi sekaligus memasarkan berbagai produk kendaraan roda dua elektrifikasi mulai dari skuter listrik, sepeda listrik, dan sepeda motor listrik.

    Tapi kecanggihan motor listrik ternyata belum bisa menggoyahkan selera dari para pecinta motor jadul atau klasik yang tetap setia memilih motor konvensional berbentuk klasik. 

    Yup, kita bicara tentang mereka para penggemar motor Vespa, merek skuter asal Italia paling ikonik di dunia. Tapi lebih spesifik lagi, kita bicara tentang model Piaggio Vespa yang sudah dipatenkan puluhan tahun lalu, tepatnya April 1946 dengan angka penjualan total hingga saat ini mencapai 18 juta unit. 

    Nah, kira-kira apa jadinya kalau model Vespa yang ikonik ini kemudian diubah dan dijadikan sebagai motor listrik? 

    Adalah MA-DE Studio Design yang mencoba menjawab pertanyaan di atas dalam sebuah proyek terbaru mereka. “Proyek ini bukanlah penugasan resmi Vespa, tetapi sesuatu yang kami ciptakan karena kecintaan kami terhadap merek Vespa Italia yang ikonik ini,” ungkap Andrea Della Vecchia, pendiri MA-DE Studio Design, dikutip dari Autoevolution, Minggu (20/12/2020).  

    MA-DE sendiri merupakan studio desain internasional yang berbasis di Cuomo, Italia, sehingga sangat masuk akal kalau mereka melibatkan model Vespa dalam proyek serius ini sebagai bentuk dukungannya terhadap motor nasional kebanggaan negara Italia. 

    Mereka menjawabnya dengan sebuah karya luar biasa yang mereka sebut dengan Vespa Elettra concept, “Elettro design, classic soul”, sebuah model motor Vespa yang dijadikan motor listrik tanpa harus kehilangan identitas dan jiwa klasiknya.

    Vespa Elettra ditenagai oleh motor listrik berkekuatan 9,38 HP dengan torsi 240 Nm, bisa melaju dengan kecepatan maksimal hingga 95 kpj. Berbekal kapasitas baterai 5,6 kWh motor Vespa listrik ini bisa menempuh jarak sejauh 150 km untuk sekali pengisian baterai, jauh di atas kata cukup untuk bisa dipakai sehari-hari berkeliling kota dengan Vespa istimewa ini. 

    Tapi yang juga tak kalah istimewa dari motor klasik berteknologi mutakhir ini adalah adanya fitur konektivitas Bluetooth untuk dipasangkan dengan aplikasi khusus, yang menjadi kunci otentikasi dan dasbor virtual untuk pengaturan dan data perjalanan yang relevan. 

    “Saya sangat percaya gerakan menuju mobilitas listrik. Ini hanya masalah waktu, tidak hanya untuk mobil tapi juga untuk skuter dan kendaraan kecil lainnya sebagai kendaraan mobilitas di perkotaan,” pungkas Della Vecchia.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here