Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaVespa Siap Dirakit di Indonesia, Harganya Lebih Murah?

    Vespa Siap Dirakit di Indonesia, Harganya Lebih Murah?

    Jakarta – PT Piaggio Indonesia selaku distributor resmi Vespa, Piaggio, Aprilia dan Moto Guzzi, semakin gencar menancapkan kuku bisnisnya di pasar otomotif nasional. Ya, merek perusahaan yang kerap menjual sepeda motor buatan Italia ini akan merakit Vespa di Indonesia.

    Setidaknya, babak baru PT Piaggio Indonesia untuk merakit Vespa di Indonesia yaitu dengan membangunan pabrik perakitan yang areanya seluas 55.000 meter persegi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

    “Saya percaya proyek industrial ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di lanskap otomotif, serta membawa pengalaman dan ketertarikan terhadap merek kami ke tingkat yang lebih tinggi, seperti yang selalu kami janjikan kepada pelanggan setia kami,” ungkap Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega dalam keterangannya.

    Jika tak ada aral melintang, Marco mengatakan, pabrik ini baru akan beroperasi pada 2022 mendatang. Nah, di akhir tahun Vespa pertama rakitan Cikarang akan meluncur pada akhir tahun 2022.

    “Saya sangat menantikan pencapaian ini dan dengan tulus menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang kami terima dari Indonesia,” ujarnya.

    Tidak disebutkan secara rinci model apa yang dirakit di Indonesia. Akan tetapi PT Piaggio Indonesia menargetkan setidaknya pabrik tersebut memiliki kapasitas hingga 10.000 unit per tahun.

    Dukungan Pemerintah Indonesia

    Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega dan para petingginya berpose bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beserta jajarannya. (Kemenperin)

    Dibangunnya pabrik perakitan skuter matik Vespa di Indonesia rupanya mendapatkan sambutan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian.

    Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, ekspansi yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh dari perusahaan pemegang merek sepeda motor ikonik Italia tersebut.

    Selain itu, upaya ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

    “Perlu diingat, ini merupakan tahap awal, artinya kedepannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT Piaggio Indonesia,” jelas Agus.

    Menperin berharap, fasilitas baru ini dapat memperkuat “brand image” Piaggio di Indonesia sekaligus menciptakan nilai tambah industri dalam negeri yang pada akhirnya dapat mengakselerasi pemulihan industri otomotif nasional di tengah pandemi Covid-19.

    “Pertumbuhan kelas menengah yang terus meningkat, bonus demografi, penetrasi kendaraan listrik dan digital era, serta peningkatan tren penggunaan energi baru dan terbarukan, akan menjadi katalisator perubahan ekosistem industri sepeda motor menuju ke arah hemat energi dan ramah lingkungan yang sesuai dengan tren global,” jelas Agus.

    Harapan Pemerintah RI

    Menperin menyatakan bahwa pemerintah akan terus mengawal investasi ini PT Piaggio Indonesia untuk mewujudkan keuntungan (win-win) baik untuk perusahaan, pemerintah, maupun masyarakat Indonesia.

    Untuk itu, Menperin berpesan agar PT Piaggio Indonesia dapat melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari rantai pasoknya.

    “Tidak lupa kami juga mendorong agar PT Piaggio d Indonesia dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” imbuhnya.

    Menperin optimistis terhadap pengembangan bisnis yang dijalankan PT Piaggio Indonesia melalui perakitan Vespa “Made in Indonesia”, bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia.

     “Selain itu, dapat meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional,” tutupnya.

    Dengan dirakitnya di Indonesia, lantas apakah harga skuter Vespa nantinya akan lebih murah harganya? Tunggu tanggal mainnya. 

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos selama ajang GIIAS 2021. Adapun OLXer Anda juga bisa melakukan booking sekarang untuk bisa mendapatkan gift card hingga Rp 5 juta. Untuk yang ingin booking bisa klik Di SINI

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here