Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaVirus Corona Pengaruhi Penjualan Otomotif di Indonesia

    Virus Corona Pengaruhi Penjualan Otomotif di Indonesia

    Virus Corona ternyata membuat pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara melambat. Bahkan, wabah virus Covid-19 ini sangat mempengaruhi sektor otomotif, tak terkecuali di Indonesia.

    Hal ini juga diakui Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi saat ditemui di gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.

    “Covid sangat berpengaruh. Contohnya di Bali turis turun. Travel agent yang beli kendaraan untuk bus banyak turun juga. Ekspor ke China seperti batubara juga turun dan ini juga berdampak sehingga otomatis kendaraan juga terdampak,” ungkap Yohanes.

    Kendati demikian, Yohanes menyatakan, untuk Supply Chain kendaraan bermotor dari China tidak terlalu bermasalah, karena tak semua komponen di datangkan dari negeri tirai bambu, melainkan sudah terdaftar di Jepang atau Korea.

    “Mudah-mudahan kalau yang saya baca dan lihat, jumlah korban yang bertambah menurun, jumlah meninggal juga menurun jadi mudah-mudahan bisa tercover dengan datangnya musim panas di dunia belahan utara. Kita masih tetap (sesuai target),” jelasnya.

    Selain virus Corona, penjualan otomotif nasional pada 2020 ini bisa sangat terpengaruh karena adanya bencana alam, seperti halnya banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

    “Saya terus terang berharap penjualan mobil tahun ini bisa pulih lagi, intinya begini tahun lalu sangat terpukul dengan agenda politik yang cukup berat. Dengan agenda politik ini penjualan turun, harusnya tahun ini sudah pulih. Tapi unfortunately ada banjir terus ada pukulan lagi dari covid-19, covid sangat berpengaruh,” terangnya.

    Yohannes sendiri memprediksi, penjualan mobil pada Februari 2020 akan sama seperti pada Januari 2020, yaitu sekitar 80 ribu unit.

    “Mudah-mudahan maret bisa baik tapi kita belum tahu. Ya kan kita liat ada banjir, bencana alam, covid di bulan Februari sangat gencar, turisme di Bali juga berat, akibatnya pengadaan bus-bus baru juga turun,” tuturnya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here