Virus Corona Tak Pengaruhi Pameran Otomotif GIICOMVEC 2020 di Jakarta

0
22

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak akan mengeluarkan izin keramaian untuk kegiatan perkumpulan orang dalam jumlah besar di wilayah Ibu Kota pasca terjangkitnya virus Corona terhadap dua warga Indonesia.

Langkah tersebut dilakukan demi pencegahan penyebaran virus Corona semakin meluas yang saat ini jadi isu global.

Namun begitu, virus Corona rupanya tidak mempengaruhi para pelaku bisnis otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk tetap menyelenggarakan pameran kendaraan komersial yaitu Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang turut dibuka langsung Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus rupanya tak ambil pusing soal virus Corona. Sebab menurut dia, aparat kesehatan telah bekerja keras untuk menangani wabah Covid-19 di Indonesia

“Kita percayakan kepada mereka. Di satu sisi kita harus fokus membangun pertumbuhan ekonomi nasional, terutama dalam industri otomotif,” kata  Menperin dalam sambutannya saat pembukaan GIICOMVEC 2020, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, hadirnya GIICOMVEC 2020 menjadi sebuah kebanggaan demi mendukung industri otomotif khususnya kendaraan komersial di Indonesia.

Selain itu, Nangoi juga menyatakan, adanya pameran GIICOMVEC nyatanya menjadi pilihan para pabrikan untuk menunjukan produk dan teknologi terkini.

“Seperti yang kita ketahui perjalanan industri otomotif tahun lalu cukup berat, tapi kami yakin tahun ini akan kembali menguat dan diharapkan hasilnya lebih positif,” kata Yohanes di lokasi yang sama.

GIICOMVEC 2020

Keramaian situasi pameran GIICOMVEC 2020 di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (5/3/2020) 

Seperti diketahui, GIICOMVEC 2020 kali ini fokus terhadap isu keselamatan berkendara di Indonesia. Sebab, menurut Nangoi, ribuan kasus isu terkait keselamatan terjadi setiap tahun dan melibatkan kendaran komersial.

“Maka kami tekankan keselamatan adalah keharusan. Kami ingin terus mendorong dan menghindari adanya kecelakaan. Kami akan fokus dengan isu kecelakaan dengan berbagai program edukasi keselamatan berkendara,” jelasnya.

Adapun GIICOMVEC 2020 menjadi sejumlah pabrikan otomotif menampilkan model baru, mulai dari Mitsubishi Fuso, DFSK, hingga Suzuki.

Selain itu, GIICOMVEC 2020 juga diikuti beberapa brand otomotif lainnya seperti Daihatsu, FAW, Isuzu, KIA, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Toyota, UD Trucks, dan United Tractors.

Adapun industri pendukung tak mau ketinggalan hadir dalam acara GIICOMVEC 2020 seperti Adiputro dari industri karoseri, juga Alcoa Wheels, Aspira, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, Indoprima, MRF Tyres, PanaOil, Regency, Techindotama, Trubo Engineering, Wintor, dan lainnya.

Sedangkan adanya virus Corona yang menghantui warga Indonesia, maka penyelenggara membekali dengan adanya termometer infrared yang diarahkan ke kepala. Jika pengunjung suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius, nantinya akan dibawah ke medical room untuk diperiksa.

Akan tetapi jika kondisi sehat, maka petugas memberikan stiker berwarna oranye sebagai penanda sudah diperiksa dan suhunya di bawah 38 derajat. 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here