Selasa, Mei 30, 2023
Lainnya
    BeritaVolvo Patenkan Setir yang Bisa Digeser ke Kanan dan Kiri

    Volvo Patenkan Setir yang Bisa Digeser ke Kanan dan Kiri

    Perusahaan otomotif asal Swedia, Volvo, baru-baru ini mengajukan paten untuk desain lingkar kemudi yang dapat bergeser dari kiri ke kanan di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. 

    Dilansir Carscoops, Kamis (8/10/2020), dalam paten tersebut dijelaskan bahwa mobil akan tetap menggunakan banyak variasi komponen termasuk steer by-wire, sistem pengereman, serta gas. 

    Tentu saja dengan inovasi ini memungkinkan pengendara mobil Volvo untuk menggeser setir dan juga instrumen klaster ke sisi penumpang bila memang diinginkan. 

    Bahkan setirnya juga memungkinkan untuk berada di posisi tengah mobil, layaknya pada mobil F1 dari McLaren. 

    Volvo pantenkan setir yang bisa digeser kanan dan kiri
    Volvo pantenkan setir yang bisa digeser kanan dan kiri

    Sedangkan dari pedalnya, Volvo menggunakan sistem sensor tekanan sensitif, hidrolik atau pun pneumatik di kaki depan. Sistemnya bisa beroperasi secara otomatis di sisi sebelah setir. 

    Tak cuma itu, sistem ini juga menjadi alternatif murah untuk setir yang bisa disembunyikan seperti pada mobil otonom konsep yang selama ini digaungkan banyak pabrikan otomotif. 

    Lebih jauh lagi, adanya setir yang bisa digeser ini Volvo tak perlu memiliki pekerja khusus untuk menangani setir kanan atau pun kiri mobil menyesuaikan dengan negara tertentu. Artinya, biaya pengembangan juga bisa dipangkas.

     

    Populer
    Jakarta Auto Week
    Herdi Muhardi
    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.
    Berita Terkait