Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriVW Bawa Tiguan Allspace Sport Edition ke Indonesia, Apa Menariknya?

    VW Bawa Tiguan Allspace Sport Edition ke Indonesia, Apa Menariknya?

     Menyambut peringatan HUT ke-76 RI, PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek Volkswagen (VW) di Indonesia, memperkenalkan varian edisi khusus dan terbatas, yaitu VW Tiguan Allspace: The Sport Edition.

    Menurut Head of Marketing and Communications Volkswagen, PT Garuda Mataram Motor, Rony Syarif, VW Tiguan Allspace, memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan konsumen keluarga Indonesia yang memiliki daya angkut hingga 7 penumpang.

    “Kini, VW Tiguan Allspace sebagai sebuah SUV premium tak hanya menyuguhkan pilihan tersebut, namun juga memberikan opsi yang semakin eksklusif dengan kehadiran edisi spesial: The Sport Edition. Model ini ditawarkan secara terbatas, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021 ini,” ungkap Rony dalam keterangannya.

    Rony juga mengatakan, alasan VW Indonesia menghadirkan VW Tiguan Allspace: The Sport Edition ke pasar otomotif nasional dalam momentum perayaan kemerdekaan yaitu sekaligus menandai eksklusifitasnya unit tersebut.

    Pasalnya, setiap konsumen yang memiliki VW Tiguan Allspace: The Sport Edition akan mendapatkan nomor edisi khusus pada setiap unitnya. Hal inilah yang memberikan rasa istimewa dan eksklusif dibandingkan model lainnya.

    Adapun beberapa perbedaan dan perubahan dari VW Tiguan Allspace: The Sport Edition yaitu, pada bagian wajah, terdapat bumper depan yang lebih sporty daripada model standar. Termasuk pada bagian bumper belakang menjadi lebih full body colour.

    Dari bagian samping juga trim pintu menjadi body colour, demikian dengan cover spion. Sedangkan Diffuser dan Spoiler kini dicat dengan kelir hitam.

    Dengan perbedaan tersebut, edisi special VW Tiguan Allspace: The Sport Edition ini ditawarkan dengan harga Rp 685 Juta On The Road Jabodetabek.

    Kelebihan VW Tiguan Allspace: The Sport Edition

    Seperti disebutkan di atas, perbedaan VW Tiguan Allspace edisi spesial tersebut ada di bagian eksterior. Namun begitu, tipe mobil ini jadi yang pertama menggunakan platform MQB (modular transverse matrix) yang diklaim mampu meningkatkan semua keunggulan Tiguan.

    Proporsi mobil ini juga  lebih sporty dan berkarisma. Bahkan bobotnya yang dipangkas sekitar 50 kg, namun dimensinya tetap lebih besar – jarak sumbu roda bertambah 77 mm  dan ruang kabin lebih leluasa. Hal inilah membuat bangku baris ketiga bisa menjadi mobil SUV 7-penumpang.

    Sementara untuk bangku baris kedua, dan baris ketiga menawarkan fleksibilitas pelipatan bangku yang membuat ruang kabin Tiguan Allspace begitu dinamis.

    Alhasil, jika jok ditegakan, kapasitas bagasinya bisa mencapai 230 liter, sementara saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter.

    Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur “Easy Open” disematkan agar membuka pintu bagasi belakang lebih mudah, hanya dengan menggerakkan kaki di bawah bumper belakang.

    Untuk fitur keselamatan VW Tiguan Allspace, dilengkapi kamera 360° “Area View”, Electronic Stability Control (ESC), Park Assist System, enam buah Airbag, Tire Pressure Monitoring, Electronic Parking Brake dengan Auto Hold dan ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak.

    VW Tiguan Allspace: The Sport Edition.
    VW Tiguan Allspace: The Sport Edition. (VW)

    Selain itu ada juga fitur Automatic Post Collision Brake System, dengan input sensor dari airbag sehingga dapat menghindari akibat benturan agar tidak semakin parah.

    Secara otomatis fitur ini akan memulai pengereman setelah kendaraan mengalami tabrakan dan mempercepat pengereman untuk meminimalkan benturan yang mungkin terjadi selanjutnya.

    Adapun untuk jantung pacu VW Tiguan Allspace  dibenamkan mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan tenaga puncak 150 bhp dan torsi 250 Nm dengan transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus tiptronic.

    Di atas kertas, dengan mesin tersebut mobil ini mampu berakselerasi dari 0 – 100 km per jam hanya dalam waktu 9,5 detik , dan kecepatan puncak hingga 202 km/jam.

    Pengendaraan Tiguan Allspace didukung fitur Adaptive Chassis Control (DCC) yang memberikan pilihan mode pengendaraan sesuai dengan kebutuhan pengemudi, dan menjadikan sistem peredaman suspensinya beradaptasi secara elektronik sesuai dengan pilihan pengendara.

    Spesifikasi Teknis VW Tiguan Allspace

    VW Tiguan Allspace: The Sport Edition.
    VW Tiguan Allspace: The Sport Edition. (VW)

    Dimensi (pxlxt)                 : 4.701 x 1.839 x 1.674 mm

    Wheelbase                        : 2.787 mm

    Track (depan/belakang)  : 1.585 / 1.574 mm

    Velg & Ban                        : 7J x 18”, 235/55 R18

    Radius Putar                      : 11,5 m

    Mesin                                 : 4-silinder segaris dengan turbocharged direct injection

    Kapasitas                           : 1,4 Liter / 1,395 CC

    Diameter x Langkah         : 74.5 mm x 80.0 mm

    Tenaga Maksimal             : 150 bhp @ 6,000 rpm

    Torsi Maksimal                 : 250 Nm @ 1,500 rpm – 3,500 rpm

    Emisi                                   : Euro 4

    Transmisi                           : 6-speed Direct Shift Gearbox (DSG) dengan kopling ganda hidrolis dan triptonic

    Sistem kemudi                  : Speed sensitive Electro-mechanical power steering

    Bahan bakar                      : RON 95 (rekomendasi)                   

    Kapasitas bahan bakar    : 58 litres

    Emisi CO2                          : 140 g/km

    Kecepatan Puncak           : 202 km/jam

    Akselerasi 0-100 km/jam    : 9.5 detik 

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait