Kamis, Mei 26, 2022
More
    MobilVW T-Cross Ramaikan Segmen Compact SUV, Ini Spesifikasinya!

    VW T-Cross Ramaikan Segmen Compact SUV, Ini Spesifikasinya!

    Spesifikasi VW T-Cross menjadi kombinasi sempurna antara kedinamisan, kekuatan, dan keleluasaan ruang berpadu DNA inti Volkswagen yang dikenal dengan desain dinamis, fitur keselamatan tertinggi serta sebuah kesenangan berkendara.

    JAKARTA – PT Garuda Mataram Motor pada hari Rabu, 23 Februari 2022 meluncurkan Volkswagen (VW) T-Cross, sebuah model compact SUV satu-satunya yang berteknologi Jerman.

    Ini merupakan model kedua dari VW di segmen SUV premium yang dijual di Indonesia.

    Jadi sebuah kewajaran jika pada akhirnya pabrikan mobil Eropa seperti VW akhirnya mau melirik segmen ini.

    Belakangan pasar otomotif di Tanah Air sedang ramai dengan mobil-mobil berdimensi mungil dengan kapasitas mesin kecil namun dibanjiri dengan berbagai fitur yang bisa mendukung kenyamanan berkendara.

    Setelah Nissan hadir dengan Magnite, diikuti oleh Kia yang juga menghadirkan Sonet, segmen ini kemudian tambah ramai setelah duet Daihatsu Toyota meluncurkan produk kembar kelima mereka, yakni Rocky dan Raize.

    Di atas kertas, model-model yang kami sebutkan tersebut punya karakter yang sama, termasuk dengan VW T-Cross yang baru meluncur.

    “VW T-Cross adalah kombinasi sempurna antara kedinamisan, kekuatan, dan keleluasaan ruang yang mengombinasikan DNA inti Volkswagen, yaitu disain yang dinamis, keselamatan, dan kesenangan berkendara,” ujar Ahmad Badawi, Head of Sales, PT Garuda Mataram Motor di acara peluncuran VW T-Cross yang berlangsung online, Rabu (23/2/2022). 

    Spesifikasi VW T-Cross

    VW T-Cross

    Masuknya VW T-Cross di segmen compact SUV Tanah Air tentu semakin memberikan banyak pilihan kepada konsumen yang memang sudah lama mendambakan memiliki mobil SUV berpenampilan mewah.

    Soal pilih-pilih mobil yang sesuai kebutuhan serta memenuhi ekspektasi konsumen untuk urusan mewah, tentunya T-Cross bisa jadi salah satu rekomendasi.

    Lantas bagaimana secara keseluruhan penampilan serta kesenangan berkendara yang ditawarkan mobil ini?

    Kami coba urai satu per satu detail spesifikasi dari bentuk, interior serta kemampuan mesin yang ditawarkan.

    Eksterior Mewah Berlabur Aksen Chrome

    VW T-Cross tampak dari depan

    Kita mulai dari bagian depan VW T-Cross. Disini Volkswagen memberikan kesan nyata untuk urusan kemewahan T-Cross dengan berbagai sentuhan chrome yang melimpah pada bagian grille 3D depan.

    Garis desain keluarga Volkswagen juga nampak dari tampilan kesan tegas dan juga berotot yang juga menjadi salah satu ciri khas baru dari mobil asal Jerman ini.  

    Di sektor pencahayaan depan, tersemat lampu dengan teknologi LED yang dilengkapi Daytime Running Lights (DRL).

    LED dengan DRL tentu sudah biasa untuk ukuran mobil-mobil modern, yang istimewa karena sistem pencahayaan di T-Cross bisa dimatikan atau diredupkan melalui pengendalian yang cerdas. 

    LED DRL di VW T-Cross

    Lampu ini bisa menyala seterang mungkin tanpa mengganggu pengguna jalan lainnya. 

    Dan pada bagian kaki-kakinya tersemat velg ukuran 17″ two tone color. 

    Bermodalkan ini, VW T-Cross akan terlihat sangat mencolok saat melaju di jalanan.  

    Sedangkan di bagian belakang, juga tetap tersemat lampu LED berbentuk huruf C memanjang. 

    Hal ini mempertegas desain bagian belakang VW T-Cross yang cukup kuat serta berkarakter.

    Interior Praktis dan Premium

    Dashboard VW T-Cross

    Berada dibelakang kemudi mobil compact SUV dari VW ini diklaim sangat nyaman karena mampu mendapatkan jarak pandang luas.

    Ini dikarenakan posisi duduk dalam ruang kabin T-Cross yang tinggi, layaknya karakter mobil SUV pada umumnya. 

    Dengan jarak sumbu roda mencapai 2.651 mm menjadikan kabin lebih lapang dan leluasa. 

    Baca juga  Mobil Listrik Porche Taycan Cross Turismo Hadir di Indonesia, Apa Hebatnya?

    Posisi duduk penumpang di bagian tengah pun tidak kalah nyaman karena lebih lapang dengan kondisi lantai yang rata. 

    Sokongan fitur infotainment berlayar sentuh ukuran 10″ berkemampuan koneksi Apple Carplay™ dan Android Auto™ tentunya semakin menambah keseruan perjalanan bersama VW T-Cross.

    Juga tersedia 4 port pengisian USB Type C yang menjadi jaminan baterai smartphone tidak akan pernah habis sejauh apapun perjalanan.

    Kalau untuk urusan kesan mewah di dalam kabin bisa ditemukan dari lingkar kemudi bergaya sport multi-fungsi dilapis material kulit serta sunroof elektrik.

    Masih ada lagi fitur lain dalam kabin seperti lampu ambient dan jok kulit berventilasi di bagian depan menjadikan mobil ini benar-benar terasa sebagai mobil premium.

    Mesin Dinamis dan Efisien

    Mesin TSI 1.0L yang disematkan pada VW T-Cross

    Nah, bagian ini juga bisa kami sebut sangat menarik. Karena VW juga membekali T-Cross dengan mesin berkapasitas sama dengan Rocky maupun Raize, yakni 1.000 cc.

    Mesin TSI kapasitas 1.0L ini sudah diakui dunia untuk urusan kekuatan serta efisiensinya. 

    Kecil-kecil cabe rawit, mesin VW T-Cross ini sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 115 PS di 5.000-5.500 rpm, serta torsi puncaknya mencapai 178 Nm pada putaran mesin 1.750-4.500 rpm.

    Torsi besar sudah tersedia di putaran awalnya dan semakin besar ketika pedal gas diinjak, akselerasi menjadi lebih ringan karena mobil tidak pernah kekurangan tenaga.  

    Ini juga yang menjadi alasan mengapa VW T-Cross diklaim lebih asyik dikendarai. 

    Dari hasil pengujian, VW mengklaim konsumsi bahan bakar VW T-Cross mencapai konsumsi hingga 16,44 km/liter.

    Khusus untuk pasar Indonesia, PT Garuda Mataram Motor sebagai APM Volkswagen hanya memasarkan VW T-Cross dengan opsi transmisi otomatis 6-speed.

    Range yang lebih banyak membuat setiap perpindahan gigi di T-Cross jadi lebih halus dan responsif.

    Fitur Keselamatan Jadi Prioritas Utama

    Untuk urusan yang satu ini memang sudah tidak bisa dibantah lagi. Dari dulu sampai sekarang orang sudah mengenal bahwa mobil Eropa sangat concern dengan keselamatan.

    Pun dengan VW T-Cross yang hadir dengan berbagai fitur keselamatan terdepan.

    Mulai dari 6 titik airbag, ESC, sandaran kepala di semua kursi yang bisa disesuaikan, sabuk pengaman 3 titik untuk lima penumpang, ISOFIX, serta sistem perlindungan pengemudi dan penumpang terbaik, termasuk sensor jarak parkir belakang, hill-hold control dan sistem peringatan tekanan ban.

    Harga dan Warna VW T-Cross

    Lampu belakang VW T-Cross

    PT Garuda Mataram Motor menjual VW T-Cross di Indonesia dengan harga Rp 488 juta (on-the-road Jakarta). 

    “Harga tersebut adalah harga on the road untuk daerah Jakarta dan kami hanya menawarkan satu varian paling tertinggi untuk konsumen Indonesia,” tutup Ahmad Badawi. 

    Ada enam pilihan warna atraktif yang bisa dipilih konsumen sesuai selera, mulai dari Wild Cherry Red, Curcuma Yellow, Candy White, Reflex Silver, Carbon Steel Grey serta Rising Blue.

    VW T-Cross merupakan compact SUV yang dibangun di atas platform MQB (modular transverse matrix) Volkswagen yang memang sudah terbukti secara global. 

    Meskipun harganya terbilang lebih mahal dibanding dengan para kompetitornya, namun sekali lagi ini adalah mobil Eropa dengan berbagai keunggulannya.

    Jika kalian mencari mobil VW bekas dengan harga terjangkau serta kondisi yang terbaik, klik DISINI!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here