Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewWajah Baru BMW Seri 5 Rakitan Indonesia, Ini Ubahannya

    Wajah Baru BMW Seri 5 Rakitan Indonesia, Ini Ubahannya

    BMW Indonesia kembali menghadirkan model terbaru dari sedan mewahnya yaitu BMW Seri 5BM. Mobil yang sudah dirakit di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta, diklaim mengalami ubahan terutama pada bagian eksterior maupun interior. 

    Menurut President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, BMW Seri 5 ini merupakan jenis sedan yang kerap dipakai pebisnis dan para pemimpin masa depan, karena mobilnya canggih dan terdepan, menawarkan inovasi mutakhir, desain mempesona, serta peningkatan fitur teknis secara menyeluruh.

    “Dunia terus berkembang, bisnis berubah, kepemimpinan berubah. Saat ini, ada generasi baru dari para pemimpin dengan kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Para pemimpin ini membutuhkan mitra yang kuat di dunia yang terus berubah. Hal inilah yang juga menjadi inti dari BMW Seri 5 terbaru,” ungkap Ramesh saat peluncurannya melalui video conference.

    Nah, asal OLXer tahu, kalau BMW Seri 5 terbaru ini hadir dalam dua varian, yaitu New BMW 520i M Sport dan New BMW 530i Opulence. Untuk New BMW 520i M Sport, mobil ini diklaim sangat kental dengan nilai sporty. Sementara New BMW 530i Opulence, masih mempertahankan kesan sedan eksekutif dengan desain eksterior mewah dan nuansa premium di bagian interior.

    Eksterior 

    BMW 520i M Sport
    New BMW 520i M Sport. (BMW)

    Secara keseluruhan, desain eksterior BMW Seri 5 menonjolkan sisi elegan, sports dan garis tegas. Kedua tipe BMW Seri 5 yang ditawarkan hadir dengan lampu depan Adaptive LED dengan BMW Laserlight dengan jangkauan hingga 530 meter sebagai fitur standar. 

    Bagian depan dan belakang mobil ini dilengkapi kidney grille yang berbentuk baru segi delapan. Interpretasi modern dari ikon BMW ini tambahkan lebar dan tinggi ekstra, turun lebih jauh ke apron depan, dan dibingkai oleh single-piece surround.

    Yang menjadi pembeda yaitu, BMW Seri 5 rakitan lokal kini ditawarkan dengan trim BMW M Sport sebagai standar atau untuk model reguler, bukan edisi terbatas atau khusus. 

    Trim BMW M Sport hadir secara lengkap, meliputi eksterior maupun interior, termasuk BMW M spoiler belakang dan BMW Individual Exterieur Line Aluminium satinated di samping. New BMW 520i M Sport adalah cat BMW M Carbon Black dan tambahan dua cat baru yaitu Bernina Grey Amber effect dan Phytonic Blue.

    Untuk kaki-kaki, BMW 520i M Sport hadir dengan velg alloy berukuran 19 inci M Y-spoke style 845 M Bicolour Jet Black – velg dibalut dengan ban yang lebih lebar di bagian belakang.

    BMW 530i i Opulence
    BMW 530i Opulence. (BMW)

    Sedangkan untuk BMW 530i Opulence hadir dengan velg alloy berukuran 19 inci W-spoke style 663 Bicolour dengan ban campuran yang tampil sempurna dengan Luxury Line, serta mendapat sentuhan desain Bicolour Ferric Grey dan finishing yang mengkilap.

    Pada bagi belakang, finisher knalpot trapesium sekarang menjadi standar pada semua model BMW Seri 5, yang terintegrasi di sisi kiri dan kanan pada inlay apron belakang. 

    Bagian atas inlay yang berwarna abu-abu tersebut memiliki pinggiran trim hitam sebagai standar. Namun untuk BMW 530i Opulence terdapat chrome bars yang membuatnya semakin mewah.

    Interior

    BMW 520i M Sport
    Kabin BMW 520i M Sport. (BMW)

    Masuk ke dalam kabin, BMW Seri 5 sejatinya semua varian sudah dilengkapi Control Display berukuran 12,3 inci, ditambah berbagai kontrol baru yang dirancang di konsol tengah, dan setir leather sport standar dengan tombol multifungsi. 

    Selain itu sebagai spesifikasi tipe standar, mobil ini dilengkapi dengan BMW Operating System 7, dimana fitur ini dapat terkoneksi  lebih seamless seperti wireless Apple CarPlay dan Android Auto.

    Layar lebar pada mobil ini memungkinkan untuk mengontrol kendaraan, serta fungsi infotainment, komunikasi, dan navigasi didasarkan pada pendekatan yang memungkinkan pelanggan untuk memilih antara layar sentuh Control Display, iDrive Touch Controller, tombol kontrol di roda kemudi, kontrol suara menggunakan BMW Intelligent Personal Assistant “Hey BMW!” atau BMW gesture control, tergantung pada situasinya. 

    Interaksi yang intuitif, multimodal, dan dapat menyesuaikan tampilan nya sesuai kebutuhan membuat kustomisasi semakin luas pada BMW Seri 5 terbaru. Kedua varian BMW Seri 5 memiliki tatanan interior yang fleksibel dengan sistem split 40:20:40, through-loading, sangat berguna jika membawa muatan cukup banyak.

    Hanya saja, pada New BMW 520i M Sport dilengkapi pelapis jok baru dengan Sensatec berlubang, dalam Canberra Beige, Cognac, dan Black. Selain itu, ada juga pelapis trim Aluminium Rhombicle Smoke Grey, highlights trim finisher Pearl Chrome dan sentuhan-sentuhan elegan dengan hiasan Galvanic untuk semua alat kontrol. 

    BMW 530i Opulence kabin
    BMW 530i Opulence kabin. (BMW)

    Sedangkan untuk BMW 530i Opulence dilengkapi interior mewah berbalut Leather 'Dakota' dengan jahitan eksklusif, panel instrumen dalam Sensatec dan trim interior baru dari trim Pinewood, dan ash trunkwood open-pored dengan highlight trim finisher Pearl Chrome. 

    Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan Comfort Seats yang dapat diatur secara elektrik sebagai standar, dimana fitur ini sebelumnya hanya tersedia pada BMW Seri 7. 

    Pada bagian kursi belakang, BMW selalu memberikan kesan penumpang bak raja, karena memang bagian kursi belakang dibuat sangat nyaman, AC otomatis 4 zona termasuk ventilasi ekstra pada pilar B, penyesuaian suhu terpisah untuk pengemudi, penumpang depan, penumpang belakang kanan dan kiri serta paket udara Ambient dengan pilihan aroma sesuai. 

    Mobil ini juga dilengkapi Roller sunblind di jendela samping belakang memberikan privasi tambahan. 

    Fitur 

    Sejumlah fitur pada mobil BMW Seri 5 ini memang inovatif, seperti halnya Park Assistant untuk 520i M Sport dan Park Assistant Plus untuk 530i Opulence menyederhanakan beberapa aktivitas pengemudi.

    Bahkan menemukan tempat parkir dan melakukan manuver selama parkir paralel menjadi lebih mudah dengan menggunakan fitur Park Assist. Fitur mutakhir ini juga mencakup Reversing Assistant, sistem yang mengingat gerakan kemudi yang dilakukan saat melaju ke depan setiap saat, asalkan kecepatan mengemudi tidak melebihi 36 km/jam. 

    Dengan sistem ini, gerakan kemudi selama 50 meter terakhir akan disimpan secara otomatis, sehingga kendaraan dapat dikemudikan kembali dengan cara yang sama persis. Hal ini meringankan tugas pengemudi sehingga mereka dapat fokus sepenuhnya pada pemantauan lingkungan sekitar kendaraan, sebuah fitur yang sangat berguna di Indonesia. 

    Bantuan mengemudi ditingkatkan dengan Parking Assistant Plus yang mendukung Anda dengan Surround-View (camera 360˚) serta Top View, Panorama View, 3D View, dan bahkan aktivasi dimungkinkan untuk dilakukan secara otomatis melalui penyimpanan lokasi pribadi (hanya dengan navigasi). 

    Khusus BMW 530i Opulence memiliki Driving Assistant (Lane Departure Warning, Lane Change Warning dan peringatan tabrakan depan dengan intervensi rem, peringatan lalu lintas lintas belakang, dan pencegahan tabrakan belakang).

    Performa Mesin

    BMW 530i Opulence
    BMW 530i Opulence. (BMW)

    Untuk jantung pacu, New BMW 520i M Sport dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo 4-cylinder double VANOS, High Precision Injection, dan teknologi BMW EfficientDynamics, yang menghasilkan output 184 hp dengan torsi puncak 290 Nm. 

    Di atas kertas, New BMW 520i M Sport mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam hanya 7.8 detik. Kendaraan ini memiliki efisiensi tinggi dengan konsumsi bahan bakar 14.7 km per liter dan emisi CO2 156g/km.

    Sedangkan untuk New BMW 530i Opulence dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo 4-cylinder double VANOS, High Precision Injection, and teknologi BMW EfficientDynamics, yang mampu memuntahkan daya 252 hp dengan torsi puncak 350 Nm. 

    BMW 530i Opulence diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 6.1 detik. Kendaraan ini memiliki efisiensi tinggi dengan konsumsi bahan bakar 14.9 km per liter dan emisi CO2 154g/km.

    Harga

    BMW 520i M Sport
    BMW 520i M Sport. (BMW)

    Semua BMW Seri 5 baru akan tersedia di dealer resmi BMW mulai 10 April 2021. Namun begitu, untuk soal harga sudah disebutkan, yaitu:

    BMW Harga
    New BMW 520i M SportRp 1,109 miliar
    New BMW 530i OpulenceRp 1,279 miliar

    Perlu dicatat, setiap membeli BMW Seri 5 ini, konsumen akan mendapat BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama lima tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. 

    Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama tiga tahun, yang mencakup 100 persen biaya penggantian hingga empat ban per tahun.

    Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here