Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruWajah Baru Hyundai Santa Fe Facelift, Seberapa Menarik?

    Wajah Baru Hyundai Santa Fe Facelift, Seberapa Menarik?

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku distributor mobil Hyundai di Tanah Air secara resmi meluncurkan Santa Fe Facelift dengan beragam ubahan pada bagian eksterior maupun interior.

    Menurut President Director PT HMID, SungJong Ha, penyegaran New Santa Fe yang merupakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) disertai dengan pembaharuan  dan penambahan fitur-fitur kelas atas serta sisi tampilan estetika untuk menjawab kebutuhan dari pelanggan.

    “Dengan diluncurkannya produk terbaru Hyundai ini, kembali lagi kami ingin menegaskan bahwa Hyundai selalu mendengarkan masukan dari para pelanggannya agar dapat memberikan pilihan terbaik yang dapat mereka miliki yang tersedia di pasar otomotif,” ungkap SongJon saat peluncurannya melalui video conference.

    SungJon juga mengatakan, dengan penyegaran yang dilakukan pada New Santa Fe hal ini tak lain untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

    Nah, OLXer mau tahu apa saja penyegaran pada New Santa Fe? Berikut ulasannya:

    Eksterior New Hyundai Santa Fe

    Hyundai Santa Fe
    Bagian depan Hyundai Santa Fe. (Hyundai)

    Pada bagian wajah, Hyundai Santa Fe Facelift ini hadir dengan desain grille lebar dan menyatu dengan lampu depan yang khas Hyundai. Ya tampilan grille dari Santa Fe memperlihatkan pola geometris, termasuk lampu depan terintegrasi.

    Mobil ini juga sudah dilengkapi sistem pencahayaan dengan menerapkan lampu LED Daytime Running Lights (DRL), di mana posisi DRL ini terletak memanjang dari bagian atas grille ke arah bagian bawah berbentuk seperti huruf T ketika dinyalakan.

    Pada bagian luarnya, terdapat juga kesan garis yang menghubungkan antara DRL hingga ke lampu belakang mobil.

    Pada bagian samping, New Hyundai Santa Fe ini mengusung konsep proporsional yang sangat dinamis yang menunjukkan keseimbangan kendaraan yang sempurna. Belum lagi, kaki-kaki yang jenjang namun terlihat sangar dan kokoh berkat ukuran lingkar roda yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu menggunakan velg berukuran 18 inci.

    Interior New Hyundai Santa Fe

    Dari sisi interior, Santa Fe model baru ini diklaim memberikan kenyamanan, berkat penggunaan material yang digunakan. Apalagi pada bagian jok sudah material yang dipasang diklaim terasa halus dan lembut.

    Selain itu, pada konsol tengah mobil ini mengusung konsep bridge-type high console, disempurnakan dengan tombol transmisi shift-by-wire sehingga terlihat stylish dan mewah.

    Tidak hanya itu, interior mobil ini memiliki sistem pencahayaan yang dapat diatur hingga 64 warna pilihan atau 64-color adjustable ambient mood sehingga dapat memberikan nuansa dalam kabin yang berbeda-beda. Khusus Santa Fe tipe Signature, digital instrument clusternya berukuran 12.3 inci, sehingga terbesar di kelasnya.

    Belum sampai disitu, pengaturan konfigurasi tempat duduk yang dapat diubah sesuai kebutuhan dari penggunanya. Oia, Panoramic Sunroof juga dibuat lebar, sehingga memberikan kesan ruang kabin lebih lega dan premium.

    New Santa Fe juga memiliki fitur One-touch walk-in yang memberikan kemudahan akses untuk masuk dan keluar dari baris ketiga hanya dengan satu sentuhan tombol. Kemudian fitur One touch fold, memberikan kemudahan melipat bangku baris kedua untuk mendapatkan ruang tambahan menyimpan barang bawaan.

    Terdapat pula fitur Smart Power Tailgate, di mana pintu bagasi secara otomatis dapat terbuka ketika ingin memasukan atau mengambil barang tanpa menggunakan remote atau menyentuh tombol apapun. Serta fitur Remote Engine Start yang memungkinan pelanggan untuk menyalakan mobil dari jarak 10 meter dan juga menyalakan Air Conditioner secara otomatis.

    Fitur Keamanan dan Keselamatan New Hyundai Santa Fe

    Hyundai Santa Fe terbaru ini memiliki berbagai sistem dan sensor yang terdiri dari teknologi keamanan yang dapat memberikan peringatan kepada penggunanya serta membantu mengambil langkah pencegahan dalam kemungkinan situasi benturan atau tabrakan.

    Teknologi keamanan aktif membantu perjalanan yang lebih aman dan juga mendukung pengemudi untuk mengidentifikasi potensi bahaya serta membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Selain itu, beberapa teknologi juga membantu pengemudi menghindari tabrakan dan juga mengurangi kemungkinan tabrakan atau benturan yang parah apabila dihadapkan dengan situasi yang tidak dapat dihindari lagi.

    Nah, beberapa teknologi yang ada pada Santa Fe Facelift ini antara lain Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sebuah sistem yang secara otomatis memberikan peringatan akan adanya potensi risiko tabrakan dari arah depan, dan jika diperlukan, akan secara otomatis mengaktifkan rem apabila sistem tersebut menilai benturan akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki yang ada di area depan mobil.

    Untuk tipe Signature atau yang tertinggi, sudah dilengkapi fitur lebih lengkap seperti Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA), Electric Child Lock (ECL)dan Safe Exit Assist (SEA), High Beam Assist, Surround View Monitor (SVM), dan 6 SRS Airbags.

    Adapun, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist atau BCA dapat mendeteksi serta memantau kendaraan yang datang dari arah belakang serta membantu menghindari potensi benturan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga kini mencakup situasi ketika sedang melakukan proses parkir secara paralel.

    Untuk Blind-Spot View Monitor atau BVM mampu menampilkan area blind spot di bagian belakang mobil, tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil yaitu pada saat pengemudi mengaktifkan lampu sein, apabila dalam situasi pengemudi hendak berganti jalur ketika berkendara.

    Terdapat juga Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist atau RCCA yang mendeteksi kendaraan yang mendekat dari bagian belakang sebelah kanan maupun kiri. Sebuah tanda peringatan akan muncul yang memberitahukan ada kendaraan yang datang dari arah belakang, di mana sistem ini juga akan secara otomatis mengaktifkan rem jika diperlukan.

    Adapun fitur Lane Keeping Assist atau LKA membantu mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Di mana apabila kendaraan mulai keluar dari jalur marka jalan yang dilalui, sistem akan memberikan peringatan secara visual dan juga audio, dan apabila diperlukan akan memberikan intervensi terhadap kemudi agar mobil tetap berada di jalur marka jalan.

    Sedangkan Lane Following Assist atau LFA merupakan sistem yang dapat membantu mengendalikan kemudi Santa Fe secara otomatis agar tetap berada di jalur marka jalan yang dilalui.

    Untuk Electric Child Lock dan Safe Exit Assist dapat membantu menghindari terjadinya benturan ataupun kecelakaan apabila penumpang di baris kedua akan keluar dari mobil, jika ada kendaraan yang datang dari arah belakang.

    Selain itu terdapat juga Rear Occupant Alert (ROA) yang memberikan peringatan bagi pengemudi untuk memeriksa apakah masih ada penumpang di bagian belakang ketika sedang keluar dari mobil yang digunakan. 

    Fitur High Beam Assist sendiri merupakan inovasi yang dapat mendeteksi lampu depan dari kendaraan yang datang dari arah berlawanan, kemudian mengatur posisi penggunaan lampu dekat dan lampu jauh secara bergantian ketika sedang berkendara di malam hari atau di area dengan jarak pandang yang terbatas.

    Sedangkan Surround View Monitor atau SVM merupakan fitur yang menghadirkan tampilan seluruh kendaraan dengan sudut pandang 360-degree sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan terutama di area yang cukup sempit. Selain itu, Santa Fe juga dilengkapi dengan 6 SRS Airbags.

    Performa New Hyundai Santa Fe

    New Santa Fe memiliki dua pilihan mesin yaitu 2.5L MPi bensin dan 2.2L CRDi turbo diesel. Untuk mesin bensin 2.500 cc MPi dengan transmisi otomatis 6 percepatan menghasilkan tenaga 180 PS atau setara 177,5 TK dan torsi 232 Nm.

    Sedangkan mesin Diesel plus turbo berkapasitas 2.200 cc CRDi dengan transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 8 percepatan, mampu menyemburkan daya 199,2 TK dan torsi 440 Nm.

    Warna dan Harga New Hyundai Santa Fe

    New Hyundai Santa Fe tersedia dengan pilihan warna  Typhoon Silver Metallic, Glacier White Metallic, Magnetic Gray Metallic, Phantom Black Pearl, dan Lagoon Blue Pearl. Sedangkan untuk warna interior tersedia dengan pilihan Obsidian Black One-Tone dan Camel Two-Tone. 

    Nah, berikut ini beberapa daftar harga Santa Fe terbaru dengan status on the road Jakarta:

    – New Santa Fe G 2.5 6AT Style: Rp 569 juta

    – New Santa Fe G 2.5 6AT Prime: Rp 599 juta

    – New Santa Fe G 2.5 6AT Signature: Rp 678 juta

    – New Santa Fe D 2.2 8DCT Style: Rp 629 juta

    – New Santa Fe D 2.2 8DCT Prime: Rp 659 juta

    – New Santa Fe D 2.2 8DCT Signature: Rp 729 juta.  

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here