Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewWajib Tahu Sebelum Beli, Ini Beda Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

    Wajib Tahu Sebelum Beli, Ini Beda Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

    Daihatsu Rocky dan Toyota Raize jadi produk kembar yang baru meluncur di Indonesia. Hal ini karena Toyota-Daihatsu memang berkolaborasi seperti halnya Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan juga Calya-Sigra.

    Ya, meski sekilas bentuk dan desainnya sama, namun Daihatsu-Toyota sejatinya menyematkan beberapa perbedaan sebagai ciri khas dari masing-masing. Hal ini pun diungkapkan Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso selaku

    “Secara keseluruhan (keduanya) sama. Bedanya lebih pada tampilan grille Rocky ke atas tersenyum lebar dan Raize ke bawah,” ungkap Hendrayadi saat peluncurannya beberapa waktu lalu.

    Eksterior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

    Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky sedang dilakukan diuji coba. (Daihatsu)

    Ya, desain eksterior Daihatsu Rocky pada bagian grill besar membentuk trapesium sedangkan Toyota Raize pada grille dibuat terbalik berbentuk trapezoidal melebar ke bawah hingga menyatu area fog lamp.

    Jika melihat secara seksama, sebenarnya Daihatsu Rocky lebih bermain dengan penggunaan aksen krom sehingga memberikan kesan mewah yang menempel pada bagian grill, bemper depan dan belakang, side body moulding, side guard, dan side skirt, garnish pintu dan emblem.

    Toyota Raize
    Toyota Raize diuji coba. (Toyota)

    Adapun untuk Toyota Raize justru lebih sederhana karena justru terlihat lebih sporty hitam dan grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu area lampu kabut. Untuk versi Raize termahal atau GR Sport ala Gazoo Racing, Toyota menambahkan body kit dan aero kit, serta velgnya juga dibuat full hitam sehingga aura sporty lebih menonjol.

    Interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

    Masuk ke dalam kabin juga sekilas tak ada perbedaan antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Bahkan system hiburan yang biasanya dibikin beda, tapi untuk kedua mobil yang satu ini justru sama, yaitu mengusung layar 9 inch yang sudah terkoneksi ke smartphone.

    Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky interior

    Hanya saja, untuk Daihatsu Rocky khususnya tipe paling atas sudah dioptimalkan dengan tambahan audio berupa active subwoofer 8 inch, sehingga dapat menghasilkan dentuman suara bass lebih mantap.

    Adapun untuk Toyota Raize, pada varian tertinggi GR Sport material untuk kursinya sudah dilapisi perpaduan fabric dan kulit sehingga akan merasa nyaman. Belum lagi adanya fitur paddle shift sehingga memberikan kesan sporty lebih kuat.

    Daihatsu Rocky punya Advance Safety Assist (A.S.A), sedangkan untuk Toyota Raize punya Toyota Safety Sense (TSS). Keduanya juga hanya ada pada varian tertinggi.

    Ya, Daihatsu Rocky A.S.A memiliki enam fitur keselamatan penting yang terdiri dari Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, terakhir Lane Departure Prevention.

    Toyota Raize
    Toyota Raize interior.

    Sedangkan Toyota Raize GR Sport yang ada di Toyota Safety Sense (TSS) lebih lengkap lagi fitur keselamatannya, karena memiliki enam airbag, Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control.

    Sebagai tambahan kedua mobil juga sudah dilengkapi fitur keamanan seperti Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution(EBD), Vehicle Stability Control (VSC), serta Hill Start Assist (HSA).

    Untuk jantung pacunya, kedua mobil yang digarap PT Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat ini secara dimensi keduanya sama, seperti panjang 4.030mm, lebar 1.710mm, tinggi 1.635mm. Untuk  jarak sumbu roda 2.525 mm dengan ground clearance 200 mm.

    Demikian juga untuk jantung pacu Daihatsu Rocky dan Toyota Raize telah dibenamkan mesin 1KR-VET 3-silinder, berkapasitas 1.0-liter plus turbo yang menghasilkan daya 96 Tk dan torsi 140 Nm. Semuanya sudah dilengkapi pilihan transmisi manual maupun CVT.

    Lantas apa bedanya dengan yang dipasarkan di Jepang?

    Untuk Daihatsu Rocky, perbedaan terlihat pada bagian tampilan wajah dengan bumper lebih tebal sehingga terasa akan lebih panjang. Demikian juga dengan foglamp, dimana di Jepang sudah menggunakan LED sedangkan di Indonesia masih bohlam.

    Demikian juga dengan kaki-kaki, dimana Daihatsu Rocky sudah menggunakan ban berukuran 205 dengan ring 16 inch, sehingga jadi terasa lebar dan tinggi.

    Selain itu, Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky untuk pasar Indonesia saat ini masih menggunakan satu pilihan mesin yaitu 1.0 Liter turbo, sedangkan di Jepang sudah dilengkapi dengan pilihan mesin bensin 1.2 liter. Hal ini pula yang mempengaruhi perbedaan emisi antara Toyota Raize dan Daihatsu di Indonesia, dengan di Jepang dan Malaysia.

    Selain itu, pilihan warna Raize untuk pasar Indonesia yang juga berbeda dengan Jepang.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here