Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsWalau Sepele, Ini Alasan Jangan Remehkan Catatan Riwayat Servis

    Walau Sepele, Ini Alasan Jangan Remehkan Catatan Riwayat Servis

    Servis di tempat resmi atau tidak pada dasarnya memang sama saja, namun diakui memiliki plus dan minus. Namun begitu, yang perlu dicatat dan tak boleh diacuhkan adalah, OLXer harus tau soal catatan riwayat servis atau service history.

    Menurut Chief Of Administration Support PT Meka Adipratama (Carfix), Joko Cahyono, ada beberapa hal mengapa service history memang sangat penting.

    “Pertama, karena (service history jadi bukti) bisa dipakai saat Anda menjual mobil, mereka (pembeli) bisa melihat history-nya konsisten atau tidak untuk servis (berkala),” ucap Joko saat ditemui usai membuka bengkel resmi Carfix terbaru di kawasan Karawaci, Tangerang, Rabu (31/1/2019).

    Menurut dia, jika service history dilakukan dengan baik, bukan tak mungkin ketika mobil dijual maka akan mempengaruhi harga. Tentunya jika sang pemilik melakukan perawatan mobil berkala dan mempunyai service history, maka tak dapat dipungkiri harga mobil bekasnya lebih baik.  

    Tak hanya itu, history service juga akan sangat berguna untuk pengingat, bahwa mobil sudah perlu dilakukan service rutin, termasuk mengetahui bagian komponen mana saja yang diganti atau belum.

    “Contohnya, ketika hendak servis, maka di periode berikutnya, pemilik akan tau menggunakan oli dengan spek seperti apa, mengganti part seperti apa, sehingga tidak putus,” katanya. 

    Manfaat lain dari mengetahui catatan riwayat servis ini yaitu lebih transparan.  Apalagi kata Joko, saat ini termasuk di bengkel Carfix, konsumen bisa melihat riwayat servis mobilnya dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi Cars World. Aplikasi ini bisa juga untuk melakukan kemudahan layanan booking servis mobil secara online.

    “Jadi pada saat servis booking online di Cars World itu bisa langsung mengetahui habis biaya berapa, lalu harga tune up, ganti oli, ganti ban, biayanya berapa sebelum melakukan servis itu tercatat di history center kami,” ujarnya.

    “Apabila Anda masuk ke salah satu bengkel Carfix kami, dan history car itu tercatat, jadi history servis itu tidak tercatat hanya di satu bengkel, tapi terpusat . Jadi bisa masuk ke servis manapun,” sambungnya. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here