Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsWalau Tambah Canggih, Fitur Ini Tak Cocok Dipakai Saat Hujan

    Walau Tambah Canggih, Fitur Ini Tak Cocok Dipakai Saat Hujan

    Berbagai fitur dengan teknologi canggih diterapkan pada sebuah mobil baru. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pabrikan otomotif banyak menambahkan fitur yang dianggap mampu memanjakan pengemudi, yaitu Cruise Control.

    OLXer sendiri tau nggak apa itu Cruise Control?

    Nah, kalau memang belum tau, Cruise Control merupakan fitur yang dapat mengatur kecepatan secara konstan sehingga mobil bergerak stabil tanpa perlu lagi kaki Anda menginjakkan pedal gas. Dengan fitur ini, tentu saja membuat pengemudi lebih praktis dan nyaman.

    Penggunaan Cruise Control sendiri sangat mudah, karena pengemudi cukup menekan sebuah tombol hanya dengan satu jari di sekitar lingkar kemudi. Untuk menonaktifkannya cukup menginjak pedal rem, maka kecepatan langsung berkurang dan laju mobil bisa kembali dikendalikan dengan menginjak pedal gas.

    Cruise Control Ilustrasi - shutterstock.com
    Ilustrasi Cruise Control –  Shutterstock

    Namun begitu, penggunaan fitur Cruise Control faktanya tak bisa dipakai di sembarang tempat, apalagi ketika hujan turun. Pasalnya, mengemudi yang menggunakan Cruise Control di jalanan basah lebih berbahaya.

    Salah satunya adalah karena sensor sistemnya dapat terpengaruh oleh kelembaban jalan yang berarti fiturnya tidak lagi dapat diandalkan, berbeda halnya ketika digunakan di permukaan jalan kering.

    Selain itu, traksi mobil juga akan berkurang ketimbang saat Cruise Control posisinya nonaktif.

    Sebagai contoh, ketika kaki diangkat dari pedal gas untuk menginjak rem, normalnya bobot mobil akan bergeser ke roda depan dan memberikan traksi ekstra.

    Saat Cruise Control aktif, keuntungan weight transfer tersebut dapat lenyap dan mobil tidak mendapat traksi ekstra secepat yang dibutuhkan saat mengerem di jalanan basah.

    Selain itu, alasan lain jika mengemudi mobil saat hujan dan menggunakan fitur Cruise Control bisa mengakibatkan hydroplaning. Adapun korelasinya adalah ketika mobil melaju dengan kecepatan yang sama, memungkinkan mobil tidak terkendali apalagi ketika melewati genangan air yang tak kasat mata.

    Penggunaan Cruise Control sendiri tidak dianjurkan oleh sejumlah pengamat otomotif atau instruktur safety driving. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here