Senin, Agustus 8, 2022
More
    BeritaWow, 60 Persen Orang Kaya Pakai BBM Bersubsidi

    Wow, 60 Persen Orang Kaya Pakai BBM Bersubsidi

    PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga mengumumkan, mulai 1 Juli 2022, dilakukan uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar dengan cara mendaftar terlebih dahulu melalui sistem MyPertamina.

    Uji coba ini tidak serentak dilakukan secara nasional, karena implementasinya baru sebagian kota-kota.

    Adapun wilayah akan dilakukan uji coba yaitu Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, dan Kota Sukabumi.

    Uji coba cara pembelian Pertalite dan Solar melalui sistem MyPertamina ini nyatanya cukup banyak masyarakat merasa bingung dan menyulitkan. Terlebih komentar miring netizen di media sosial. 

    Namun begitu, menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan, pada dasarnya Pertalite dan Solar yang dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) merupakan produk yang disubsidi.

    Subsidi, kata dia, pada dasarnya ditujukan bagi masyarakat menengah ke bawah untuk meringankan beban hidup mereka. Tapi faktanya berbeda dengan subsidi BBM.

    “60 persen masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan kaya ini mengonsumsi hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi,” ungkap Irto dalam keterangannya

    “Sedangkan 40 persen masyarakat rentan dan miskin hanya mengonsumsi 20 persen dari total subsidi energi tersebut,” sambung Irto.

    Pertalite dan Solar Subsidi Penting

    Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial and Trading Pertamina beranggapan saat ini penggunaan BBM bersubsidi tidak tepat sasaran.

    Nah, dengan cara  penggunaan sistem MyPertamina, hal ini mendorong mengupayakan mekanisme yang dapat memastikan subsidi tetap sasaran.

    Pasalnya, Irto mengatakan, subsidi yang tepat sasaran ini penting, mengingat pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp 520 triliun untuk subsidi energi pada tahun 2022.

    Kata dia, upaya menciptakan mekanisme penyaluran BBM subsidi merupakan pelaksanaan dari Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

    Menurutnya, regulasi yang ada secara jelas menetapkan segmentasi pengguna, kuota dan lain-lain mengenai penyaluran BBM Subsidi. Namun di lapangan masih tidak tepat sasaran.

    “Oleh karena itu, Pertamina Patra Niaga sebagai pelaksana penugasan berinisiatif mengembangkan mekanisme baru untuk memastikan penyaluran di lapangan tepat sasaran,” imbuh Irto.

    Mekanisme baru tersebut, lanjut Irto sedang diuji coba dan dimulai dengan pendaftaran di Website MyPertamina.

    “Pendaftaran ini dimaksudkan untuk pencocokan data berbasis sistem atau digital,” tambahnya.

    Cara daftar membeli BBM Pertalite dan Solar

    Aplikasi MyPertamina bisa digunakan untuk mendaftar pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. (Shutterstock)

    Irto menyatakan Pertamina mulai 1 Juli 2022 akan membuka pendaftaran melalui Website : subsiditepat.mypertamina.id.

    “Pada masa pendaftaran ini, masyarakat masih bisa membeli Pertalite dan Solar Subsidi, namun masyarakat diharapkan segera mendaftarkan kendaraan roda empat  dan identitasnya untuk mendapat QR Code.

    “Tujuan pendataan ini tidak lain untuk melindungi masyarakat rentan dan memastikan subsidi energi tepat sasaran,” tutup Irto.

    Nah,  OLXers mau tahu cara mendaftarnya lihat tahapannya di bawah ini.

    Masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

    Jika ingin menggunakan smartphone, OLXers bisa mengunduh aplikasi MyPertamina lewat Google PlayStore atau AppStore.

    Tahapan Pendaftaran Pengguna Baru

    • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
    • Buka website subsiditepat.mypertamina.id
    • Centang informasi memahami persyaratan
    • Klik daftar sekarang
    • Ikuti instruksi dalam website tersebut
    • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
    • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, yuk cek di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here