Rabu, April 24, 2024
Lainnya
    InformasiWow, Ban Mobil Ini Bahan Bakunya Pakai Minyak Kedelai

    Wow, Ban Mobil Ini Bahan Bakunya Pakai Minyak Kedelai

    Berbagai inovasi diciptakan di dunia otomotif, tak terkecuali untuk memproduksi sebuah ban yang dianggap cukup penting dalam sebuah kendaraan.

    Nah, inovasi yang cukup menarik ini pun dilakukan perusahaan ban asal Amerika Serikat, yaitu Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear).

    Ya, Goodyear mengumumkan komitmen jangka panjang berkelanjutan melalui penggunaan minyak kedelai dalam produksi ban.

    Penggunaan minyak kedelai sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk ban ini memang cukup menarik. Siapa sangka, minyak kedelai kini manfaatnya semakin banyak.

    Berdasarkan keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021),  Hal ini sejalan dengan ambisi Goodyear untuk menghentikan penggunaan minyak turunan minyak bumi dalam produksi ban pada tahun 2040.

    Adapun diketahui, penggunaan minyak kedelai dalam produksi ban Goodyear pasalnya sudah dikomersialisasikan semenjak tahun 2017 melalui produk Assurance Weather.

    Kemudian, produk dengan inkorporasi minyak kedelai terus berkembang tiap tahunnya hingga tahun 2020 melalui seri tipe Comfort Drive.  

     “Memiliki banyak kualitas yang baik, minyak kedelai sangat cocok dicampurkan sebagai bahan pembuat ban, meningkatkan proses produksi dan performa,” kata Bob Woloszynek, Kepala Teknisi Pengembangan Bahan Baku Global di Goodyear Tire & Rubber Company.

    Manfaat minyak kedelai

    Disebutkan, ban dengan material minyak kedelai ini merupakan hasil riset Goodyear dan United Soybean Board (USB), dimana penggunaan minyak kedelai dalam kompon ban bisa meningkatkan kelenturan sekaligus daya cengkram ban pada permukaan jalan.

    Minyak kedelai sendiri merupakan bahan baku yang diketahui sangat melimpah dan terbarukan, terutama di Amerika Serikat.

    Karena inipula minyak kedelai merupakan salah satu dari sejumlah bahan baku berkelanjutan yang digunakan Goodyear pada beberapa komponen lainnya seperti, abu silika sekam padi dan karet dandelion.

    “Penggunaan bahan baku ramah lingkungan dan berkelanjutan menciptakan nilai tambah terhadap produk Goodyear. Meskipun pandemi global mengurangi penggunaan ban konsumen sepanjang tahun 2020, Goodyear masih menjual 126 juta ban secara global yang menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk menggunakan produk yang lebih berkelanjutan,” tutur Woloszynek.

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait