Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaWow! Indonesia Negara dengan Variasi BBM Terbanyak

    Wow! Indonesia Negara dengan Variasi BBM Terbanyak

    PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu BUMN di Indonesia ternyata menjadi produsen migas (minyak dan gas) yang paling banyak menjual jenis bahan bakar (BBM) dari sisi Research Octane Number atau RON. 

    Fakta ini terungkap saat diskusi PT Pertamina (Persero) MOR III wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia di acara Ngobrol Virtual Dulu (NGOVID), Jumat, 11 September 2020.

    “Saat ini Indonesia menjual berbagai jenis bahan bakar yang cukup banyak, lebih banyak dari varian untuk industri sejenis. Pertamina menjual sampai enam varian, mulai dari yang paling rendah untuk jenis BBM gasoline yakni Premium, lalu ada Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, dan untuk yang balap ada Pertamax Racing,” ungkap Probo Prasiddhahayu, Pertamina Sales Area Manager Retail Banten yang hadir sebagai narasumber acara.

    Itu untuk jenis BBM gasoline, belum termasuk untuk jenis gasoil atau BBM mesin diesel, dimana Pertamina menawarkan Solar, Dex Light dan Pertamina Dex.

    “Cukup banyak varian BBM yang kita tawarkan. Sementara kita tahu di negara lain paling hanya jual dua varian, empat varian paling maksimal,” lanjut Probo Prasiddhahayu.

    Tujuan banyaknya varian BBM yang ditawarkan ini agar bisa memenuhi berbagai ekspektasi masyarakat Indonesia yang beragam. “Pertamina mikirin semuanya, mulai dari konsumen pemilik mobil paling canggih sampai dengan mobil yang sederhana.” 

    Namun banyaknya varian BBM yang dijual oleh PT Pertamina (Persero) akhirnya menjadi masalah tersendiri bagi BUMN ini. “Kita akhirnya pusing sendiri, karena dengan produk yang beragam itu cost operational dan storage kita jadi banyak,” sebut Probo Prasiddhahayu. 

    Ia lantas menyampaikan harapannya agar produk BBM yang tidak ramah lingkungan dan tidak mendukung performa kendaraan serta lingkungan itu bisa segera hilang, dan berharap masyarakat mendukung situasi ini, tentunya lewat kebijakan Pemerintah.  

    Seperti yang kita tahu, hingga saat ini Pertamina masih menyediakan Premium, BBM dengan RON88. Sudah tak banyak negara yang masih menggunakan BBM jenis ini.

    “Di dunia tinggal tujuh negara yang masih menggunakan BBM RON88 atau Premium. Dan kita juga tahu bahwa Premium ini kualitasnya jauh dengan ekspektasi masyarakat di dunia,” sambungnya.   

    Beberapa negara yang masih menggunakan BBM RON88 diantaranya adalah Kolombia, Mongolia, Mesir, Bangladesh, termasuk Indonesia. Semetara negara tetangga terdekat kita seperti Malaysia, Singapura, Kamboja sudah berhenti menggunakan BBM varian ini. 

    “Garisnya antara RON88 sampai dengan RON100, yang jual RON88 itu hanya Indonesia. Sementara negara terdekat kita seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan India tidak jual. RON89 itu hanya China dan Indonesia saja yang menjual, sementara RON90 hanya di Indonesia. Untuk RON91 cukup banyak, RON92 lumayan, RON95 banyak, RON97, 98 dan terakhir RON100 Filipina juga jual,” beber Probo. 

    Padahal dalam Perjanjian Paris di konferensi PBB ke-21, Indonesia ikut berkomitmen untuk menurunkan emisi hingga 29 persen. Berbanding terbalik dengan kenyataan bahwa kita masih banyak yang menggunakan varian BBM dengan kandungan timbal yang cukup tinggi, sehingga sangat berpotensi dalam mencemari kualitas udara kita. 

    Namun menurutnya tidak ada jalan lain. Sebagai identitas bisnis, Pertamina tidak hanya dituntut dalam keuntungan bisnis, tetapi juga harus melakukan public service. Performa bisnis dan disisi lain melayani masyarakat harus balanced.

    “Disini kami tidak hanya semata mencari keuntungan, tetapi juga untuk melayani kebutuhan masyarakat,” ringkas Probo mengakhiri alasan banyaknya varian BBM yang ditawarkan oleh PT Pertamina (Persero).

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here