Rabu, Januari 26, 2022
More
    BeritaWow! New Fortuner Bisa Tarik Bulldozer 12 Ton

    Wow! New Fortuner Bisa Tarik Bulldozer 12 Ton

    PT Toyota Astra Motor memberikan kejutan awal tahun 2022 dengan merilis dua model baru, New Fortuner dan Land Cruiser 300. Khusus untuk New Fortuner, mobil ini dibekali mesin berkapasitas 2.800 cc.

    Mesin baru yang ditanam pada Toyota New Fortuner berkapasitas lebih besar dibanding kompetitornya, yakni Mitsubishi Pajero Sport.

    Berkode 1GD-FTV, mesin 2.800 cc ini sanggup menghasilkan tenaga yang cukup besar, maksimal hingga 204 PS di putaran mesin 3.400 rpm, dan torsi 500 Nm di 1.600-2.800 rpm. 

    Tenaga besar dari Fortuner baru ini memang bukan sekadar sebuah klaim. Demi membuktikannya, PT Toyota Astra Motor (TAM) kemudian melakukan sebuah show demo, membuktikan kekuatan mobil high SUV ini dalam menarik beban cukup ekstrim.

    Dalam demo tersebut, Toyota New Fortuner menarik sebuah Bulldozer seberat 12 ton hingga jarak beberapa meter dengan sangat mudah.

    Ade Muhammad Arbi, Instruktur Defensive Driving yang duduk dibelakang kemudi Fortuner menyebut, kalau aksi ini memang tidak bisa dilakukan asal-asalan, punya teknik tersendiri.

    “Tekniknya adalah dengan tidak memaksa mobil menarik beban dengan putaran tinggi di awal. Ini untuk menghindari terjadinya hentakan. Sebisa mungkin harus dilakukan dengan cara yang smooth, tenaganya diurut,” ujarnya di Edutown Arena, BSD, Tangerang, Jumat (14/1/2022). 

    “Dari keadaan diam paling tinggi pedal gas saya injak hanya sampai 2.000-3.000 rpm diurut, dan tadi saya matikan fitur traksi kontrolnya,” lanjut Arbi. 

    Fortuner Baru Nyaris Disundul Bulldozer

    Namun aksi ini sendiri sempat bikin sejumlah awak media yang hadir sampai menahan nafas. Bulldozer yang ditarik dalam kondisi mesin dimatikan membuat fungsi pengeremannya tidak berfungsi maksimal.

    Akibatnya saat Fortuner sampai di titik berhenti, Bulldozer yang ditarik tetap bergulir hingga nyaris menghantam bagian belakang dari mobil.

    Video demo New Fortuner tarik Bulldozer 12 ton (Instagram @djie_n)

    Beruntung Arbi yang kemudian sadar bahaya, dalam waktu sangat tipis dari titik benturan terjadi langsung bergerak maju, sehingga benturan bisa terhindarkan, nyaris!

    Namun diluar kejadian tersebut, Arbi angkat jempol untuk tenaga mesin yang ditawarkan oleh Fortuner baru.

    Segini Harga New Fortuner 2022

    Toyota New Fortuner resmi dijual di Indonesia dengan menawarkan tiga varian berbeda. 

    Varian pertama adalah 2.8 VRZ 4×2 AT, kemudian varian kedua ada 2.8 VRZ 4×2 AT GR Sport, serta varian ketiga sekaligus jadi varian tertinggi adalah 2.8 VRZ 4×4 AT GR Sport.

    Untuk varian tertinggi, 2.8 VRZ 4×4 AT GR Sport, pengaturan sistem penggeraknya menggunakan tombol putar. Kemudian didukung fitur Downhill Assist Control yang berfungsi mengatur otomatis traksi di kecepatan rendah, mencegah terjadinya selip di medan esktrim. 

    Fitur lain yang tersedia ada Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Trailer Sway Control, Emergency Brake Signal, dan Toyota Intouch untuk menghubungkan mobil dengan smartphone.

    Baca juga  OLX Autos Umumkan Pemenang Program #KejutanAkhirTahun
    Varian Toyota New FortunerHarga
    2.8 VRZ 4×2 ATRp580,9 Juta
    2.8 VRZ 4×2 AT GR SportRp597,9 Juta
    2.8 VRZ 4×4 AT GR SportRp684,5 Juta
    • Harga On the Road DKI Jakarta 

    Menggunakan New Fortuner bisa jadi merupakan impian banyak orang. Jika bajet kalian belum sampai untuk mendapatkan Toyota Fortuner keluaran baru, setidaknya Fortuner bekas bisa jadi opsi lain.

    Apalagi di OLX Autos juga banyak menawarkan mobil Toyota Fortuner bekas dengan harga lebih affordable dengan kondisi sangat memuaskan. Kalau penasaran, klik disini.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here